Jangan Lewatkan Ini Manfaat Buah Alpukat Untuk Wajah

Alpukat merupakan buah yang populer karena lemak baiknya. Mempunyai tekstur yang lembut dan rasanya cukup manis menjadikan buah ini banyak disenangi oleh banyak orang. Bukan hanya tinggi akan lemak baiknya, alpukat pun diperkaya dengan potasium, mineral, antioksidan dan vitamin. 

Ternyata, buah yang satu ini tidak hanya bermanfaat ketika dikonsumsi saja. Ada manfaat buah alpukat untuk wajah. Hal tersebut karena di dalam alpukat ada kandungan mineral dan vitamin yang bisa memberikan banyak manfaat untuk menyehatkan kulit. Nah, jika kamu berminat untuk mencobanya, kamu perlu mengetahui apa saja manfaat dari alpukat untuk kulit wajah mu! 

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

Berbagai Manfaat Alpukat untuk Kulit Wajah 

Perawatan wajah tidak selalu perlu memakai skincare mahal yang menghabiskan banyak uang. Apabila kamu lebih senang menggunakan bahan alami karena hasilnya lebih maksimal, mungkin kamu harus mencoba masker alpukat yang kaya akan manfaat seperti berikut ini. 

1. Mengobati jerawat 

Alpukat kaya akan asam laurat yang berguna menjadi agen anti inflamasi dan anti mikroba. Seperti yang kamu ketahui bahwa penyebab utama dari timbulnya jerawat yaitu peradangan yang diakibatkan dari bakteri karena kotoran yang tersumbat. Untuk itu, sifat dari anti inflamasi dan antimikroba dari alpukat ini yang bisa mengatasi keadaan tersebut. 

2. Melembabkan wajah 

Kandungan dari vitamin A, D dan E serta lemak pada alpukat sudah terbukti sanggup menghidrasi kulit sehingga menjadikan kulit wajah sangat lembab. Tidak hanya itu, memakai alpukat pada wajah pun bisa menghindari pengrusakan karena paparan sinar uv, mempercepat penyembuhan luka pada kulit dan menenangkan kulit yang sedang meradang. 

Asam oleat dan linoleat di dalam alpukat pun bisa menyembuhkan dan memperbaiki kulit. Untuk kamu yang senang memakai bahan alami, maka kamu bisa memakai alpukat untuk membantu melembabkan kulit wajah yang kering. 

3. Mencegah penuaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika alpukat mempunyai kandungan asam oleat dan anti inflamasi yang bisa melawan peradangan, mengurangi iritasi pada kulit dan mencegah keriput. Tidak hanya itu, vitamin C dan vitamin E pada alpukat sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

Alpukat juga kata akan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang bisa menangkal radikal bebas. Seperti yang diketahui jika radikal bebas merupakan faktor utama dari penuaan dini. 

4. Memperbaiki wajah yang terpapar sinar UV 

Paparan sinar matahari secara berlebihan bisa merusak kulit dan mengakibatkan kulit terbakar. Mengoleskan masker alpukat ke wajah yang terbakar sinar matahari bisa mengurangi peradangan dan kemerahan serta memberikan rasa nyaman di wajah. 

Sifat penyembuhan kulit yang terbakar menggunakan alpukat sebagian besar terjadi karena adanya vitamin D, vitamin E, beta karoten, lesitin dan protein pada buah alpukat. Tidak hanya itu, alpukat juga bisa menghidrasi kulit dari dalam dan juga mempercepat penyembuhan kulit. 

5. Membuat kulit halus dan kenyal

Bukan hanya kandungan vitamin dan antioksidan, alpukat juga tinggi akan berbagai asam lemak esensial. Nutrisi ini diketahui bisa membantu menjaga kulit wajah tetap lembut dan kenyal. 

Hal tersebut sudah dibuktikan dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 yang dilakukan kepada 700 perempuan. Penelitian tersebut mengamati hubungan keadaan kulit dan asupan antioksidan mikro dan lemak. 

6. Meringankan gejala masalah kulit 

Manfaat buah alpukat untuk wajah yang lainnya adalah bisa meringankan masalah penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim. Kandungan alpukat berbentuk lemak, kalium, lecithin, dan vitamin E yang bisa mempercepat penyembuhan kulit dan meringankan masalah penyakit kulit kronis. 

Bahkan, kandungan tersebut pun bisa memperbaiki kulit yang mengelupas dan bisa meratakan warna kulit wajah. 

Baca Juga: Macam Buah yang Bagus Untuk Masker Wajah Sesuai dengan Tipe Kulit

Cara Membuat Masker Alpukat 

Sesudah mengetahui semua manfaat dari buah alpukat untuk kulit wajah di atas, mungkin kamu menjadi berminat untuk membuat masker alpukat di rumah. Cara untuk membuat masker wajah ini sangat mudah. Bahkan, kamu dapat mencampurkan buah alpukat dengan bahan alami yang lainnya supaya memaksimalkan manfaat dari buah alpukat untuk wajah yang diperoleh. 

Tetapi, pastikan kamu memakai buah alpukat yang telah matang sebab lebih mudah untuk dihaluskan dan dapat menempel dengan sempurna di atas kulit wajah. Di bawah ini merupakan cara untuk membuat masker alpukat yang sesuai dengan masalah dan tipe kulit yang ingin ditangani. 

1. Masker alpukat untuk tipe kulit kering 

Bahan-bahan: 

Cara membuat: 

  • Kukus wortel hingga melunak dan haluskan
  • Tumbuh alpukat dan wortel sampai teksturnya seperti pasta 
  • Aduk sampai tercampur rata 
  • Tambahkan minyak zaitun, telur, dan madu, aduk sampai semuanya tercampur rata 

2. Masker alpukat untuk tipe kulit berminyak 

Bahan-bahan: 

Cara membuat: 

  • Haluskan alpukat sampai berbentuk seperti pasta  
  • Masukan ke dalam mangkuk yang sudah berisi putih telur 
  • Aduk sampai rata 
  • Sesudah jadi, bisa kamu oleskan ke wajah

3. Masker alpukat untuk tipe kulit kombinasi 

Bahan-bahan: 

Cara membuat: 

  • Haluskan daging alpukat hingga bertekstur seperti pasta 
  • Tambahkan minyak kelapa pada pasta alpukat  
  • Aduk hingga tercampur sempurna 
  • Setelah siap, kamu bisa oleskan pada wajah dan lakukan secara rutin 

Baca Juga: Ingin Kulit Lebih Cerah? Coba Konsumsi Buah- Buahan Ini Setiap Hari

Nah, itu dia semua manfaat buah alpukat untuk wajah dan cara membuat masker alpukat yang sesuai dengan tipe kulit. Dengan membaca ulasan di atas, semoga kamu tidak bingung lagi untuk merawat kulit wajah dengan bahan alami. Untuk dapatkan alpukat berkualitas terbaik, kamu bisa memperolehnya di Astro! Belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu