8 Makanan yang Mengandung Vitamin A, Tidak Hanya Untuk Kesehatan Mata

Makanan yang Mengandung Vitamin A, Tidak Hanya Untuk Kesehatan Mata

Vitamin A merupakan nutrisi yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, khususnya pada mata atau penglihatan kamu. Namun, perlu kamu ketahui bahwa tidak hanya untuk kesehatan mata saja, vitamin A memiliki manfaat yang lainnya seperti ulang serta reproduksi.

Vitamin A juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk kulit, gigi, jaringan halus dan jaringan tulang agar tetap dalam kondisi sehat. 

Dalam memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh bisa dengan cara mengkonsumsi makanan yang ada kandungan vitamin A, dan bisa menunjangnya juga dengan mengkonsumsi suplemen tambahan.

Untuk memenuhi vitamin A dalam tubuh seorang pria dewasa, setidaknya kamu harus memenuhi jumlah vitamin harian sebanyak 900 mikrogram. Sedangkan untuk memenuhi jumlah vitamin A harian bagi seorang wanita dewasa, maka kamu harus mengkonsumsi setidaknya 700 mikrogram vitamin A dalam tubuh.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin D3 Tinggi

Jenis Vitamin A

Diketahui, vitamin A memiliki dua jenis, yakni bisa menemukan kandungan retinol atau vitamin A1 yang terdapat pada makanan yang bersumber dari hewani. Kemudian, ada jenis karotenoid atau beta karoten yang bisa kamu jumpai dalam makanan yang bersumber dari nabati.

Sumber Makanan Kandungan Vitamin A

Berikut ini adalah 8 sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin A yang bersumber dari hewani, serta makanan yang bersumber dari nabati atau beta karoten. Simak yuk!

Sumber Hewani  

Vitamin A yang bersumber dari hewani bisa juga disebut dengan retinoid. Berikut ini adalah jenis makanan yang terdapat kandungan vitamin A tinggi bersumber dari hewani. Yuk intip!

  1. Hati sapi;
  2. Keju
  3. Telur rebus;
  4. Hati domba;
  5. Telur ikan atau caviar;
  6. Jenis ikan seperti, ikan salmon, ikan tuna dan juga ikan makarel;
  7. Susu;
  8. Udang.

Hati sapi termasuk memiliki kandungan vitamin A yang bersumber dari hewani tertinggi. Bisa dikatakan pada setiap setidaknya 100 gram hati sapi terdapat 400 mikrogram kandungan retinol vitamin A.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Tinggi Vitamin A kamu di ASTRO!

Makanan yang Mengandung Vitamin A, Tidak Hanya Untuk Kesehatan Mata

Sumber Nabati

Makanan yang memiliki kandungan vitamin A bisa juga disebut dengan Karotenoid atau Beta karoten. Berikut ini adalah makanan yang bersumber dari nabati dengan kandungan vitamin A yang tinggi :

  1. Wortel;
  2. Ubi jalar;
  3. Sayur kangkung;
  4. Sayur brokoli;
  5. Sayur Bayam;
  6. Kale;
  7. Buah semangka;
  8. Buah kesemek;
  9. Buah mangga;
  10. Pepaya;
  11. Jambu;
  12. Blewah;
  13. dan ada juga aprikot.

Manfaat Vitamin A

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A, tidak hanya untuk menjaga kesehatan mata atau penglihatan saja tetapi vitamin A juga memiliki banyak manfaat lainnya. Apa saja, simak yuk!

1. Mencegah Penyakit Kanker

Khusus pada wanita, dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat dan juga mengandung vitamin A maka dapat membantu pencegahan penyakit kanker payudara. Selain itu juga mampu memulihkan adanya infeksi pada vagina.

Manfaat lainnya adalah vitamin A cocok untuk mengobati penyakit kanker paru-paru dan juga kanker usus.

2. Imun Tubuh Meningkat

Sama halnya dengan vitamin lainnya, vitamin A juga memiliki peran dalam membantu meningkatkan imunitas tubuh atau kekebalan supaya tidak mudah terserang penyakit. Jikalau anak sampai mengalami kekurangan asupan vitamin A maka akan mudah terserang diare, mudah terserang infeksi dan akan mengalami masalah di bagian kulit.

Baca Juga: 6 Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Beserta Manfaatnya

3. Reproduksi 

Khususnya bagi pria, mengkonsumsi vitamin A bisa membantu dalam peningkatan jumlah yang dihasilkan dari sperma. 

Efek samping dari kebanyakan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A maka kamu akan mengalami pusing, mual, sakit di kepala, koma, dan bisa juga meninggal dunia. Bahkan ibu hamil yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A maka akan menimbulkan cacat pada bayi.

Demikian ulasan apa saja seputar vitamin A dan apa saja makanan yang memiliki kandungan vitamin A. Sebagai pribadi yang menginginkan kesehatan, kamu harus memenuhi kebutuhan vitamin harian dengan cara mengkonsumsi makan-makanan yang seimbang. Tidak hanya makanan yang sehat saja tetapi kamu juga harus pandai dalam urusan mengolah makanan yang sehat agar nutrisi di dalamnya tidak menghilang.

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi, kaya akan nutrisi dan dilengkapi dengan olahraga dan takaran konsumsi makanan yang seimbang, maka akan sangat baik dalam memelihara kesehatan tubuh. Maka dari itu, kamu tidak bisa sembarangan, apalagi mengenai kesehatan kamu. Makanan yang kamu konsumsi harus selalu dalam keadaan yang segar dan masih berkualitas tinggi.

Bagi kamu yang sedang membutuhkan bahan makanan sehat dan masih segar demi memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin A kamu, seperti sayur mayur serta buah-buahan, bisa langsung belanja di Astro. Astro siap mengantarkan pesanan kamu selama 24 jam penuh. Yuk, download aplikasi Astro sekarang!

Referensi:

Vitamin A

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu