6 Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Beserta Manfaatnya

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Beserta Manfaatnya

Vitamin B12 dikenal dengan manfaatnya dalam proses membentuk sel darah merah atau bisa disebut dengan hemoglobin dan juga membantu sistem saraf jadi semakin sehat, membantu juga dalam meningkatkan metabolisme sel, produksi DNA dan molekul sel genetik.

Untuk takaran jumlah asupan vitamin B12 setiap harinya sangat disarankan 2,4 mikrogram vitamin B12 terutama untuk satu orang dewasa. Sedangkan untuk anak dengan umur 1 tahun sampai dengan 8 tahun maka dibutuhkan kandungan vitamin B12 kurang lebih 0,9 sampai dengan 1,2 mikrogram untuk setiap hari.

Lalu pada usia yang masih remaja dan juga usia sudah dewasa maka dibutuhkan vitamin B12 kurang lebih 2,4 mikrogram untuk setiap hari juga. Kemudian yang penting untuk kebutuhan ibu hamil dibutuhkan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B12 jumlah takarannya kurang lebih 2,8 mikrogram setiap hari.

Baca Juga: Baik Untuk Tulang, Ini Makanan yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D

Makanan-Makanan yang Memiliki Kandungan Vitamin B12

Berikut ini merupakan daftar makanan yang memiliki kandungan nutrisi vitamin B12. Bisa menjadi menu pilihan kamu setiap harinya karena cukup banyak macamnya. Ada apa saja, simak yuk!

1. Kerang

Sebagai pecinta makanan laut, tentu saja tidak boleh rugi, selain bisa menikmati makanan yang lezat kamu bisa juga mendapatkan manfaat dan gizi serta nutrisi yang bisa kamu dapat dengan mengkonsumsi kerang. 

Mengkonsumsi kerang yang sudah diolah dengan berat 85 gram, diketahui terdapat kandungan vitamin B12 sebesar 84 mikrogram. Dengan memilih kerang sebagai menu makanan dengan kriteria tersebut, maka sama saja kamu sudah berhasil memenuhi kebutuhan vitamin B12 atau kalium harian sebesar 15%. 

Cara mengolahnya bisa juga dengan cara dikukus dan direbus sampai saatnya terlihat kulitnya terbuka. Maka, setelah itu bisa kamu masak dalam berbagai masakan dengan bahan kerang yang lezat.

2. Kepiting

Jika kamu mengkonsumsi kepiting dalam berat 85 gram, artinya kamu mendapatkan vitamin B12 sebesar 10 mikrogram. Perlu kamu tahu juga bahwa daging yang ada pada kepiting memiliki kandungan vitamin A, vitamin B serta kandungan vitamin C & juga magnesium. Jadi, daging kepiting tidak hanya mengandung vitamin B12 saja.

3. Ikan Sarden

Kandungan vitamin B12 yang terdapat pada setidaknya 85 gram ikan sarden, memiliki jumlah 7,5 mikrogram. Kandungan yang ada pada ikan sarden tidak hanya vitamin B12 saja melainkan terdapat kalium, vitamin D, dan omega 3. Maka, sangat baik untuk kesehatan tubuh.

4. Daging Sapi

Daging sapi masih menjadi salah satu primadona makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi terbaik di dalamnya. Daging sapi memiliki kandungan vitamin B12 sebesar 1,3 mikrogram dalam setiap 85 gram daging sapi.

Kendati demikian, tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging sapi dalam jumlah yang banyak, sebab daging sapi juga memiliki kolesterol yang akan berisiko pada gangguan jantung. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi secukupnya saja, serta diimbangi dengan sayur mayur dan biji-bijian yang memiliki kandungan serat.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Tinggi Vitamin B12 kamu di ASTRO!

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Beserta Manfaatnya

5. Susu

Susu yang disarankan untuk dikonsumsi adalah susu yang rendah lemak. Setidaknya pada takaran satu gelas susu dengan rendah lemak saja artinya terdapat 1 mikrogram vitamin B12. Bahkan susu lebih dikenal dengan kaya akan kandungan kalsium, vitamin D.

Bagi wanita dewasa, dengan mengkonsumsi satu gelas susu dengan kadar lemak yang cukup banyak bisa membantu mengecilkan adanya kemungkinan masalah ovulasi.

6. Daging Ayam

Diketahui bahwa terdapat 0,3 mikrogram kandungan vitamin B12 yang terdapat pada 85 gram daging ayam. Tidak hanya itu, perlu kamu ketahui bahwa adanya protein dalam daging ayam mampu membantu dalam pembakaran lemak.

Bagi yang vegetarian, kamu juga bisa menemukan sumber makanan sumber nabati yakni tempe, rumput laut, dan juga pada jamur.

Manfaat Vitamin B12

Berikut ini beberapa manfaat vitamin B12 yang harus kamu ketahui demi menjaga kesehatan fisik dan juga mental. Simak yuk!

1. Bantu Membentuk Sel Darah

Adanya proses pembentukan sel darah bertujuan untuk mencegah adanya anemia. Maka kamu harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B12 yang cukup supaya tidak terkena anemia megaloblastik. Gejalanya adalah lemas, lunglai, serta kulit memucat.

2. Bantu Meringankan Gejala Depresi

Dengan adanya Kobalamin maka bisa bantu kamu dalam membentuk suatu serotonin, zat kimia yang ada pada otak. Tugasnya adalah menstabilkan emosi kamu serta mampu bantu dalam memberikan rasa bahagia.

Jika kamu sampai kekurangan kandungan kobalamin, maka kamu akan merasakan perasaan emosi yang tidak stabil. Hal itu yang membuat seseorang bisa jadi kena depresi.

3. Jaga Kesehatan Jantung

Tidak sampai situ saja, kobalamin, bisa juga bantu dalam menjaga kesehatan jantung kamu. Cara kerjanya adalah mengurangi beberapa jumlah yang ada pada homosistein atau asam amino. 

Kendati demikian, justru jika mendapatkannya dalam jumlah yang tinggi maka hanya akan menimbulkan risiko jantung dan juga stroke.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin D3 Tinggi

4. Mengurangi Risiko Demensia

Vitamin B12 bantu mencegah otak jadi menyusut yang diakibatkan oleh adanya sel saraf yang mati. Dengan mengkonsumsi makanan kandungan B12 maka bisa membantu sistem saraf yang bersatu maka fungsi saraf jadi lebih sehat, kuat dan sel saraf tetap terhubung dan tidak akan mudah terkena demensia. 

Demikian 6 daftar makanan apa saja yang mengandung vitamin B12 dan juga manfaat yang terkandung di dalamnya. Menjaga kesehatan dengan memenuhi kebutuhan vitamin B12 setiap hari merupakan kewajiban kamu. 

Jika sampai mengalami kekurangan asupan vitamin B12 maka kamu akan mudah lelah, kesemutan, anemia, depresi, gangguan yang ada pada sistem saraf, demensia serta penglihatan pada mata yang mulai kabur.

Bagi kamu yang sedang membutuhkan bahan makanan sehat dan masih segar demi memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin B12 kamu, seperti daging, ikan, sayur mayur serta buah-buahan, bisa langsung belanja di Astro. Yuk, langsung download aplikasi Astro! Astro akan membantu segala kebutuhan pangan yang masih segar dan terjamin kualitasnya, harganya juga terjangkau. Siap antar pesanan dalam waktu singkat sampai tujuan.

Referensi:

Vitamin B-12

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu