Jangan Abaikan, Ini Bahaya Paraben Pada Deterjen

Deterjen, sampo, bedak dan lotion sudah menjadi barang kebutuhan untuk si Kecil setiap hari. Tetapi, apakah kamu tahu jika ada bahan berbahaya yang mungkin ada di semua produk perawatan bayi ini, salah satu nya kandungan paraben. 

Kamu harus tahu bahaya paraben pada deterjen bayi, sebab bayi lebih sensitif akan bahan kimia dibandingkan orang dewasa. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan bahan-bahan yang ada di produk yang ingin kamu berikan pada di Kecil. Sebelum mengetahui bahaya paraben, kamu harus ketahui lebih dahulu fungsi paraben seperti berikut. 

Baca Juga: Beberapa Tips Memilih Deterjen yang Aman Untuk Kulit Sensitif 

Fungsi Paraben 

Paraben sendiri telah banyak dipakai menjadi pengawet sebab mampu mencegah tumbuhnya mikroorganisme seperti jamur, lumut dan bakteri yang bisa jadi berkembang pada sebuah produk. Di mana, memang tidak sedikit produk yang memakai bahan ini umumnya disimpan pada kamar mandi yang lembab. 

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak perusahaan kosmetik yang menambahkan kandungan ini pada produk mereka supaya mencegah produk mudah rusak karena lembab. Kamu juga harus tahu jika produk yang memakai paraben umumnya dapat bertahan di atas 2 tahun. 

Namun, dengan semua fungsi yang sudah di bahas di atas sepadan atau tidak dengan bahaya paraben untuk kulit? Mari simak bahaya dari paraben untuk kesehatan kulit di bawah ini. 

Bahaya Paraben untuk Kulit 

Paraben adalah sejenis bahan kimia berbahaya yang dipakai menjadi pengawet pada produk perawatan bayi yang bertekstur cair seperti lotion dan sampo. Paraben merupakan sejenis neurotoksin yang bisa mengakibatkan iritasi kulit bayi, imunotoksisitas, gangguan hormon dan reproduksi. 

Walaupun begitu, Food and Drug Administration (FDA) mengungkapkan jika paraben aman bila dipakai dalam ukuran yang kecil. FDA juga mengungkapkan jika kandungan bahan tersebut pada produk bayi sangat sedikit. Sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika memakai produk tersebut selama menggunakannya dalam jumlah yang tidak berlebihan. 

Tetapi, walaupun tingkat paraben pada sebuah produk sangat sedikit, tetapi pemakaian paraben dalam intensitas yang terlalu sering tetap saja dapat mengakibatkan paraben mengendap dan menumpuk di dalam tubuh. Adapun sejumlah bahaya paraben yang dapat terjadi pada tubuh manusia, seperti: 

1. Iritasi kulit 

Bahaya paraben untuk kulit yaitu dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif jika dipakai terus-menerus. Hasilnya, kulit bisa menjadi lebih mudah mengalami berbagai masalah seperti gatal, iritasi dan kemerahan. Dapat dikatakan ini merupakan salah satu dampak jangka pendek jika memakai produk dengan kandungan paraben.  

2. Gangguan hormon 

Paraben mempunyai sifat yang mirip seperti estrogen dan bisa berubah menjadi hormon bila masuk pada sistem endokrin. Akibatnya, produksi hormon yang dikelola oleh sistem endokrin juga akan terganggu. Hormon dapat menjadi kurang stabil, terlalu sedikit atau terlalu banyak. 

Hal tersebut tentunya bisa mengganggu fungsi beragam kelenjar yang ada di dalam tubuh. Apabila kinerja kelenjar dalam tubuh berkurang, maka metabolisme dalam tubuh pun bisa terganggu. Berbagai penyakit yang menjadi penyebabnya yaitu hormon juga dapat muncul dengan sangat mudah seperti obesitas, diabetes, bahkan kanker. 

Untuk ibu hamil, gangguan hormon ini bukan hanya bisa membahayakan dirinya saja, tetapi juga mengancam janin yang ada di dalam kandungan. Gangguan hormon pada janin dapat mengakibatkan kelainan bawaan seperti lemah jantung, gender bias, sampai lahir dengan kekurangan berat badan.

Baca Juga: Biar Baju Makin Wangi dan Lembut, Ini Dia 10 Rekomendasi Pelembut dan Pewangi Pakaian!

3. Masalah sistem reproduksi dan infertilitas 

Jumlah paraben yang tinggi dan sudah terkontaminasi pada tubuh juga dapat mengakibatkan masalah reproduksi dan kemandulan atau infertilitas. Hal tersebut disebabkan oleh produksi hormon yang memiliki peran pada sistem reproduksi seperti testosteron dan estrogen menjadi kurang seimbang. 

4. Kanker kulit 

Walaupun belum terdapat penelitian yang membuktikan hubungan paraben dengan penyakit kanker, tetapi paraben dapat mengakibatkan kerusakan sel kulit yang dapat menjadi faktor utama terjadinya kanker kulit. 

Apabila berinteraksi dengan kulit, pemakaian paraben untuk jangka panjang justru bisa mengakibatkan penuaan dini. Hal ini bisa terjadi sebab sel-sel kulit sangat mudah rusak sehingga tidak mempunyai perlindungan lagi. 

Rusaknya sel kulit ini bisa mengganggu kinerja sel kulit dan bisa berakhir pada gejala kanker kulit atau melanoma. 

5. Alergi kulit 

Ini merupakan satu-satunya dampak negatif yang dapat dirasakan secara langsung dari pemakaian paraben. Pada sebagian kulit yang sensitif akan paraben, umumnya bisa menimbulkan iritasi atau reaksi alergi yang berkelanjutan. 

Gejala dapat ditunjukkan dengan kulit gatal, ruam, bersisik dan bintik-bintik merah. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi pada kamu atau si Kecil, bukan? Untuk itu, lebih baik jangan gunakan deterjen yang mengandung paraben. 

6. Kanker payudara 

Dikutip dari WebMD, sebuah riset dari Silent Spring Institut sudah membuktikan jika paraben bisa merangsang tumbuhnya tumor payudara karena kesamaannya dengan estrogen. Hal tersebut berpotensi terjadi bila kamu memakai paraben untuk jangka waktu yang lama tanpa melakukan pencegahan apapun. 

Pastinya sel-sel tubuh dan hormon akan rusak sebab terkontaminasi oleh paraben. Untuk menghindari semua hal tersebut terjadi, ada baiknya kamu lebih teliti lagi untuk memilih kandungan dari setiap produk yang akan digunakan untuk mu atau sang buah hati. 

Pilih produk yang tidak memakai bahan paraben atau mempunyai klaim “paraben-free”. Khususnya pada produk deterjen si Kecil atau produk kosmetik mu, ya. Alternatifnya kamu dapat memakai berbagai produk yang natural dan aman. 
Nah, itu dia berbagai bahaya paraben pada deterjen yang harus kamu ketahui. Sesudah mengetahui bahaya paraben ini, kamu bisa memulai mengganti deterjen dan produk apapun yang mengandung paraben dengan memakai bahan alami agar lebih sehat.

Baca Juga: Manfaat Membersihkan Mainan Anak yang Kerap Diabaikan

Jaga keluarga kamu dengan menggunakan produk perawatan rumah yang aman dan baik untuk keluarga dan keberlangsungan lingkungan seperti Astro Goods Home Care. Produk Astro Goods Home Care tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti SLS, paraben, dan formaldehyde sehingga aman untuk seluruh anggota keluarga. Tersedia varian pembersih serbaguna Astro Goods Gentle Multi-purpose Cleaner, deterjen cair Astro Goods Gentle Laundry Liquid Detergent, dan sabun cuci piring Astro Goods Gentle Dishwashing Liquid. Belanja produk Astro Goods Home Care di aplikasi Astro sekarang!

Mau belanja produk Astro Goods Home Care? Klik foto produk di bawah untuk belanja produk Astro Goods Home Care di aplikasi Astro.

Arie Wahyu
Arie Wahyu