Manfaat Membersihkan Mainan Anak yang Kerap Diabaikan

Mainan adalah barang penting untuk anak, mulai dari mainan biasa maupun mainan edukasi. Ada hal yang sangat penting yang harus kamu lakukan sebagai orang tua yaitu membersihkan mainan anak secara berkala. Ada berbagai manfaat membersihkan mainan anak yang perlu kamu ketahui. 

Semakin sering mainan tersebut dimainkan, maka semakin sering pula kamu harus membersihkan mainan tersebut. Terlebih bila si Kecil masih suka memasukan semua benda ke dalam mulutnya, sangat wajib untuk membersihkan mainannya. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mainan untuk Bantu Tumbuh Kembang Anak

Berbagai Manfaat Membersihkan Mainan Anak 

Mempunyai anak kecil pastinya banyak tugas yang harus kamu kerjakan seperti membersihkan mainan. Namun, ada banyak manfaat di balik kamu membersihkan mainan anak seperti: 

1. Menjaga mainan dari kotoran dan debu 

Setiap benda tentu saja dihinggapi kotoran dan debu, termasuk mainan. Apabila lantai rumah saja kamu sapu dan pel setiap hari, lalu bagaimana dengan mainan anak? 

Ada baiknya bila kamu membersihkan mainannya secara rutin. Terlebih bila cara menyimpan mainannya kamu letakkan di dalam kontainer atau box. Coba kamu buka box nya dan lihat ada sebanyak apa kotoran dan debu yang ada di dasar box. Bayangkan bila itu hinggap di semua mainan anak mu. 

Dengan kamu membersihkannya secara rutin, kamu bisa mengurangi anak terpapar kotoran dan debu yang dapat menjadi awal mula mereka terserang penyakit. 

2. Mencegah anak terkena kuman 

Anak sedang senang untuk membawa satu mainan kemanapun ia pergi. Ia akan membawanya dan memegangnya kapanpun dan dimanapun. Seakan mereka tidak dapat melepas mainan tersebut, bahkan tidur dan keluar rumah pun mereka tetap membawa mainan tersebut. 

Lalu ketika bosan, mainan tersebut akan diletakkan kembali pada tumpukkan mainannya. Kamu bisa bayangkan sebanyak apa kuman yang telah menempel pada mainan tersebut dan bagaimana kuman tersebar ke seluruh mainan yang lainnya. 

Supaya tidak terpapar dengan kuman, ada baiknya kamu membersihkan mainan tersebut sebelum meletakkannya lagi ke box mainan anak mu. 

3. Menurunkan risiko terserang penyakit 

Terkadang teman-teman anak mu datang dan main dengan mainan tersebut seharian. Tetapi, tidak semuanya dari mereka datang dengan keadaan yang sehat. Kadang mereka datang ketika sedang pilek atau batuk. 

Kemungkinannya sangat besar untuk mereka bersin dan batuk ke arah mainan anak mu. Tentunya kamu sudah terbayang, bukan? Banyaknya virus dan kuman yang telah bersarang di mainan tersebut. 

Dibandingkan buah hati mu tertular penyakit, ada baiknya kamu langsung mencuci mainan tersebut sampai bersih bila sudah dimainkan oleh anak yang sedang sakit. Pastinya kamu tahu jika mencegah lebih baik daripada mengobati, kan? 

4. Menghindari mainan rusak 

Mainan yang selalu dipakai tanpa kamu bersihkan bisa lebih mudah rusak daripada yang rajin dibersihkan. Mengapa? Sebab partikel kecil dan debu lainnya memungkinkan untuk masuk ke sela-sela mainan dan akan merusak fungsi dari mainan itu sendiri. 

Pastinya kamu tidak ingin kan jika harus membeli terus mainan sebab mudah rusak? Ada baiknya kamu ajak sang buah hati untuk membersihkannya bersama mu agar mainan lebih awet. 

5. Menghindari mainan berjamur 

Biasa mainan yang dibuat dari kain dan sulit kering bisa lebih mudah berjamur bila tidak kamu bersihkan secara rutin. Teether, kain dan sejenisnya pasti akan cukup lama untuk keringnya bila telah terkena basah. 

Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan lagi keadaan mainan supaya tidak mudah berjemur. Apabila mainan kamu letakkan lagi ke dalam box dalam kondisi basah, sudah pasti akan tumbuh jamur, yang mana itu bisa menjadi penyebab penyakit. 

Baca Juga: 4 Manfaat Bermain Slime Bagi Perkembangan Anak

Tips Membersihkan Mainan Anak 

Sebelum terlambat, kamu bisa membersihkan mainan anak sesuai dengan jenis bahan dari mainan tersebut. 

1. Mainan dari plastik 

Untuk membersihkan mainan jenis ini, kamu bisa membersihkannya dengan memasukan ke dalam wadah dan bersihkan dengan air hangat dan berikan sabun. Kamu bisa menggosok sampai ke sela-sela mainan agar semua bagiannya bersih. 

Lalu, kamu bisa membilas di dalam larutan segelas cuka sampai 10 gelas air guna mendisinfeksi secara alami pada mainan. Sesudah dibersihkan, kamu bisa keringkan mainan sampai benar-benar kering. 

2. Mainan kamar mandi 

Coba kamu perhatikan sebanyak apa mainan plastik yang ada di kamar mandi. Bukan hanya untuk membuat anak-anak tenang ketika mandi, kamu juga harus memperhatikan kebersihan mainan tersebut sebab mainan ketika mandi ini biasanya membawa jamur, bakteri E. coli, buih sabun dan lendir. 

Untuk membersihkannya, kamu bisa mencampurkan cairan desinfektan yang terbuat dar 20 gelas air, 5 tetes cuka, 1 tetes tea tree oil dan bisa kamu rendam mainan selama 1 jam. Gosok dan bilas mainan dengan cairan tersebut sampai bersih. Lalu, keringkan di bawah sinar matahari. 

3. Mainan karet dengan baterai 

Apapun mainan yang memakai baterai tidak bisa kamu rendam di dalam air, sehingga kamu hanya bisa memakai kain khusus yang telah dibasahi dengan air. Keluarkan baterai bila memungkinkan dan masukkan kain ke air panas dan beri sedikit sabun. 

Peras kain dan bersihkan seluruh bagian mainan dan hindari bagian sekitar kompartemen baterai. Akhiri dengan mengelap yang telah diberikan cuka yang sudah dilarutkan menggunakan air. Pakai handuk kering guna mengeringkan mainannya. 

Nah, itulah beberapa manfaat membersihkan mainan anak dan cara untuk membersihkannya. Dengan membaca ulasan di atas semoga kamu lebih rajin lagi untuk membersihkan mainan anak agar terhindar dari berbagai bakteri dan virus yang bisa menyebabkan penyakit. 

Untuk membersihkan mainan anak agar terbebas dari kuman dan bakteri dengan praktis, kamu bisa menggunakan produk terbaru dari Astro Goods Gentle Multi-purpose Cleaner. Produk ini adalah sebuah pembersih serbaguna yang bisa digunakan untuk membersihkan berbagai perabot rumah tangga, dapur, dan juga mainan anak-anak agar bersih dan terhindar dari bakteri.

Baca Juga: Astro Goods Home Care, Solusi Bersih-Bersih yang Baik & Aman Untukmu

Kandungan Gentle Multi-purpose Cleaner juga terbebas dari bahan kimia berbahaya seperti SLS dan paraben, sehingga aman untuk kesehatan anak-anak. Tak hanya itu, Astro Goods juga punya beberapa produk pembersih lainnya seperti deterjen Gentle Laundry Liquid Detergent & sabun cuci piring Gentle Dishwashing Liquid. Untuk kamu yang mau belanja produknya, bisa langsung cek aplikasi Astro atau klik banner di bawah ini.

Arie Wahyu
Arie Wahyu