7 Rekomendasi Mainan untuk Bantu Tumbuh Kembang Anak

Rekomendasi Mainan untuk Bantu Tumbuh Kembang Anak

Hampir sebagian besar waktu anak dihabiskan untuk bermain. Ini bukanlah hal yang buruk bagi anak, karena dari berbagai kegiatan bermain tersebut anak-anak justru mendapatkan banyak hal positif yang membantu perkembangannya. Berdasarkan jurnal ilmiah dari The American Academy Of Pediatrics yang berjudul “The Importance of Play in Promoting Healthy Child Development and Maintaining Strong Parent-Child Bonds, proses bermain dapat mengembangkan imajinasi, ketangkasan, kekuatan fisik, hingga membantu perkembangan otak anak.

Nah, sebagai orang tua, kamu juga harus ambil peran dalam memilih mainan yang tepat. Salah satunya adalah mainan edukasi. Mainan edukasi dapat mengedukasi anak dengan cara yang lebih menyenangkan dan bisa jadi salah satu kegiatan bonding bersama dengan anak. Sebelum masuk ke rekomendasi mainan anak, Yuk! Cari tahu manfaat mainan untuk tumbuh kembang anak.

Manfaat Mainan untuk Pertumbuhan dan Pembelajaran Anak

Menurut situs educational playcare, ada beberapa peran dan manfaat penting dari mainan dalam proses pembelajaran dan tumbuh kembang anak, diantaranya:

  1. Mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
  2. Pengembangan motorik halus dan kasar.
  3. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.
  4. Mendapatkan kemandirian dan harga diri positif.

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Pertumbuhan Anak

Berikut rekomendasi mainan edukasi anak yang Astro rangkum dari berbagai sumber:

1. Lego

Lego merupakan mainan edukasi yang cukup umum dan mudah untuk dimainkan anak-anak. Mainan ini bisa mengasah kreativitas anak untuk membuat sebuah objek seperti bangunan dan kendaraan. Berbagai warna lego juga cocok untuk proses pengenalan warna pada anak.

2. Puzzle

Mainan puzzle sangat cocok untuk meningkatkan logika anak. Ketika bermain puzzle, anak akan dituntut untuk mencocokan kepingan puzzle agar membentuk sebuah gambar. Mainan ini cocok untuk anak usia 2 tahun keatas.

3. Mainan Mencocokan Bentuk

Mainan mencocokan bentuk punya peran penting untuk pemecahan masalah anak. Mainan ini mendorong anak untuk mencocokan variasi bentuk mulai dari lingkaran, segitiga, persegi hingga bentuk bintang kedalam lubang-lubang sesuai dengan bentuknya. Proses ini juga bisa melatih koordinasi tangan dan mata anak.

4. Buku Gambar

Buku gambar dapat mendorong kreativitas anak dengan maksimal. Dengan mainan ini, anak-anak bisa bebas berkreasi mewarnai pola gambar sesuai dengan imajinasi mereka. Pada awalnya mungkin akan terlihat berantakan, namun jika dibimbing dengan baik, buku gambar bisa menghasilkan bakat menggambar anak yang berguna untuk masa depan mereka.

5. Mainan Peran

Mainan peran seperti masak-masakan atau peralatan dokter bisa jadi metode yang baik untuk memperkenalkan berbagai profesi di dunia nyata. Ajak anak bermain bersama dan saling berperan, misalnya sebagai dokter dan pasien. Mainan peran ini juga baik untuk ilmu komunikasi dan sosialisasi anak ketika memainkan perannya.

6. Mainan Prakarya

Permainan prakarya bisa jadi pilihan yang pas untuk melatih motorik kasar anak. Dengan mainan prakarya, anak-anak akan menggunakan banyak peralatan untuk menghasilkan sebuah karya yang penting untuk meningkatkan motorik mereka.

7. Flashcard

Mainan edukasi Flashcard sangat cocok untuk memperkenalkan dan mempelajari hal-hal baru. Seperti belajar aneka hewan, alfabet, buah-buahan, alat transportasi hingga anatomi tubuh. Mainan flashcard sangat cocok untuk anak-anak usia TK hingga sekolah dasar.

Itulah beberapa manfaat serta rekomendasi mainan terbaik untuk tumbuh kembang anak. Yuk, sediakan waktu dan mainan yang tepat untuk anak, karena kegiatan bermain sangat penting bagi mereka.  Oiya, Sekarang Astro juga menyediakan produk mainan kreasi anak lho, khususnya mainan prakarya, yaitu Astro Art & Craft. Astro Art & Craft bisa membantu meningkatkan motorik anak-anak dengan kreasi prakarya yang lucu dan menggemaskan. Mulai dari fishing game, popsicle craft dan princess accessories kit. Yuk, pesan melalui aplikasi Astro sekarang!

Referensi:

The Benefits of Educational Toys and Play

The Importance of Play in Promoting Healthy Child Development and Maintaining Strong Parent-Child Bonds

15 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak yang Bermanfaat

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu