Beberapa Tips Memilih Deterjen yang Aman Untuk Kulit Sensitif 

Tips memilih deterjen yang aman untuk kulit sensitif harus kamu perhatikan sebab bisa berpengaruh pada kesehatan. Deterjen biasanya mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya dapat membuat tanganmu terasa gatal, kering, iritasi sampai menimbulkan alergi. 

Khususnya bila kamu mempunyai kulit sensitif, dibutuhkan tips memilih deterjen yang tepat supaya kelembaban kulit terjaga. Tidak hanya itu, pemakaian deterjen atau sabun cuci pakaian dengan bahan yang tidak aman bukan hanya bisa berbahaya untuk kulit saja, namun juga dapat berdampak pada lingkungan. 

Di bawah ini cara memilih deterjen yang aman untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif. 

Pilih Deterjen Ini untuk Kulit Sensitif. 

Untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif, pastinya kamu harus cerdas untuk memilih deterjen agar kulit mu tidak merasa gatal saat memakai deterjen untuk mencuci baju. Kamu bisa memilih deterjen untuk kulit sensitif seperti berikut: 

1. Hindari sabun dengan wangi menyengat 

Sabun dengan kandungan wewangian, sulfat dan alkohol perlu kamu hindari jika mempunyai kulit sensitif. Karena seluruh bahan tersebut bisa menjadikan kulit mu semakin kering dan menimbulkan iritasi. 

Oleh karena itu, ada baiknya kamu terlebih dahulu mencium wangi sabun tersebut sebelum membelinya. Apabila sabun mempunyai wangi yang sangat kuat, ada baiknya jangan membeli sabun tersebut sebab mengandung wewangian buatan dan bahan kimia yang kurang aman untuk kulit sensitif. 

2. Hindari sabun dengan kandungan SLS 

Sodium lauryl sulfate atau biasa dikenal dengan SLS merupakan surfaktan yaitu senyawa yang ada di beberapa sabun cuci untuk membersihkan kotoran dan menghilangkan lemak. Biasanya bahan ini ada di sampo, sabun mandi dan sabun pencuci wajah. 

Surfaktan memang menjadi pembersih yang sangat efektif dan sebagian orang tidak bermasalah ketika memakainya. Tetapi, surfaktan mempunyai dampak mengeringkan kulit. Oleh karena itu, sabun dengan kandungan SLS bisa mengakibatkan pengeringan yang cukup lama pada orang yang mempunyai kulit sangat kering. 

3. Hindari pemutih dengan klorin 

Sabun cuci pakaian biasanya mempunyai kandungan pemutih, namun sayangnya pemutih tersebut beracun dan sebenarnya tidak bagus untuk kesehatan. Pemutih dengan kandungan klorin ini bisa mengakibatkan gagal nafas, edema paru dan luka bakar dan keadaan kesehatan yang lainnya. 

4. Jangan pilih deterjen dengan pewarna buatan 

Warna sabun didapatkan dari bahan kimia dan biasanya mempunyai dampak buruk untuk kulit, khususnya untuk kulit sensitif. Pewarna sintetis di dalam deterjen bisa menimbulkan iritasi untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif. Tidak hanya itu, pewarna sintetis pun bisa menjadikan kulit mu lebih kering. 

5. Pilih sabun cair 

Deterjen yang berbentuk cair bisa meminimalisir terjadinya iritasi sehingga sangat aman dipakai untuk kulit yang sensitif. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memilih sabun cuci pakaian dengan bentuk cair dibandingkan bubuk. 

Tidak sama seperti deterjen bubuk yang bisa meninggalkan endapan sehingga menyebabkan iritasi di kulit mu, deterjen cair mudah larut dan tidak akan meninggalkan residu. 

Tetapi, walaupun dianjurkan, kamu tetap bisa memakai deterjen bubuk sebab tidak semuanya menyebabkan reaksi alergi. Demi memastikan hal tersebut, kamu bisa melihat kandungan bahan yang ada di produk tersebut. 

Berikut Tanda Kulit Alergi Deterjen 

Biasanya iritasi atau reaksi alergi langsung muncul ketika kulit bersentuhan dengan deterjen. Tetapi, ada juga individu yang baru merasakan gatal maupun gejala lainnya sesudah beberapa jam kemudian.

Tanda-tanda kulit alergi deterjen yang harus kamu ketahui, seperti: 

  • Kulit tampak bengkak 
  • Bersisik dan kulit kering 
  • Kulit terasa terbakar 
  • Gatal di kulit dari ringan sampai parah 
  • Ruam kemerahan 

Umumnya gejala dermatitis kontak timbul di bagian kulit yang bersentuhan langsung dengan zat yang dapat mengakibatkan iritasi. Apabila penyebabnya deterjen, mungkin kamu mengalami gejala di area tubuh yang lain sebab semua tubuhmu bersentuhan dengan pakaian tersebut. 

Rasa gatal dan ruam kemerahan mungkin terasa sangat parah di area tubuh yang menghasilkan banyak keringat, seperti ketiak dan selangkangan. Walaupun begitu, bisa juga kamu mengalami gejala yang parah di bagian tubuh lainnya. 

Cara Atasi Iritasi dan Alergi terhadap Deterjen 

Tidak sedikit orang yang terserang alergi deterjen ini sebenarnya mengalami dermatitis kontak. Lapisan paling atas kulit mereka akan mengalami iritasi sesudah bersentuhan dengan zat tertentu yang ada di dalam deterjen. 

Berikut ini sejumlah cara yang dapat kamu lakukan guna meredakan gejalanya. 

  • Kompres kulit dengan kain yang sudah direndam air dingin. Kompresan ini bisa meredakan nyeri dan peradangan pada kulit yang sedang iritasi. 
  • Berendam dengan oatmeal untuk mandi dan dicampur air dingin. Oatmeal mempunyai kandungan anti radang yang bagus untuk kulit. 
  • Minum obat antihistamin yang merupakan obat alergi yang berfungsi menghambat terbentuknya zat kimia histamin. 
  • Mengoleskan krim dengan kandungan steroid. Krim ini bisa mengatasi gatal dan peradangan, namun pakai obat ini sesuai dengan resep dokter saja. 
  • Oleskan lotion calamine yang merupakan lotion pereda gatal.

Deterjen adalah produk yang tidak dapat kamu lepas dari rutinitas sehari-hari. Untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif, penggunaan deterjen dapat menjadi hal yang sangat menyulitkan sebab kamu akan terus mengalami gatal dan ruam. 

Apabila kulit mu sensitif akan deterjen maupun produk kebersihan yang lainnya, kamu bisa memakai produk bebas pewangi dan pewarna.  Karena kedua bahan tersebut yang sangat sering mengakibatkan peradangan dan gatal. 
Demikianlah, tips memilih deterjen yang aman untuk kulit sensitif dan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi iritasi terhadap deterjen. Untuk itu, kamu bisa mengandalkan produk terbaru dari Astro Goods yaitu Gentle Laundry Liquid Detergent yang merupakan deterjen cair yang cocok untuk penggunaan kulit sensitif. Deterjen cair dari Astro Goods ini diformulasikan dengan bahan plant based ; tanpa bahan kimia berbahaya SLS dan paraben yang bisa mengiritasi kulit. Tak hanya itu, Astro Goods juga punya beberapa produk pembersih lainnya seperti pembersih serbaguna Gentle Multi-purpose Cleaner. & sabun cuci piring Gentle Dishwashing Liquid. Untuk kamu yang mau belanja produknya, bisa langsung cek aplikasi Astro atau klik banner di bawah ini.

Referensi:

Simak, Cara Memilih Deterjen yang Aman untuk Kulit Sensitif

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *