Ini Penyebab Muka Berminyak Saat Bangun Tidur

Wajah berminyak ketika bangun tidur kerap kali terjadi sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan. Harus diketahui, masing-masing orang mempunyai sebum atau minyak alami pada wajahnya. Sebum berfungsi untuk menjaga kulit supaya tetap sehat dan terhidrasi, 

Tetapi, sebum yang berlebihan pada wajah dapat mengakibatkan keadaan kulit berminyak pada waktu tertentu seperti ketika bangun tidur. Untuk mengetahui penyebab muka berminyak saat bangun tidur dan cara mengatasinya, mari simak ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

Penyebab Wajah Berminyak ketika Bangun Tidur 

Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan muka mu berminyak ketika bangun tidur, seperti faktor dari dalam tubuh sampai penggunaan produk skincare tertentu. Walaupun begitu, hanya sebagian orang yang mengalami ini. Ada sejumlah orang yang memang mempunyai produksi minyak atau sebum yang biasa saja dan tidak banyak pada malam hari. 

Nah, bila kamu mempunyai wajah berminyak ketika bangun tidur, mungkin berikut ini beberapa penyebabnya: 

1. Keadaan hormon 

Apabila wajah tampak mengkilap saat kamu bangun tidur, kemungkinan besar disebabkan oleh kadar hormon yang melonjak ketika malam hari. Sehingga, hormon memicu kelenjar minyak pada kulit untuk memperbanyak jumlah minyak. 

Secara alami minyak akan dibuat setiap saat agar kulit tidak kering dan menghindari infeksi bakteri. Ketika tidur, adanya perubahan hormon yang menjadikan produksi minyak secara berlebihan. 

Tidak hanya jenis kulit yang berminyak, ada sejumlah faktor yang dapat pula mempengaruhi keluarnya minyak ini pada malam hari seperti siklus menstruasi, stres dan cuaca yang lembab. 

Joshua Zeichner MD sebagai Dermatologist mengungkapkan jika cuaca yang lebih lembab dan hangat dapat menjadikan produksi minyak meningkat. Begitu juga ketika menstruasi yang mendorong produksi kelenjar minyak membuat wajah bisa lebih berminyak termasuk ketika malam hari. 

2. Kulit sangat kering 

Wajah berminyak ketika bangun tidur pun dapat diakibatkan dari keadaan kulit yang kering. Sehingga, saat kulitmu terlalu kering di malam hari, maka minyak akan diproduksi agar kulit tidak semakin mengering. 

Kulit kering dapat disebabkan dari berbagai faktor, seperti cuaca, makanan dan make up. Saat kulit terlalu kering, otomatis kelenjar akan membuat lebih banyak minyak guna menggantikan air yang telah hilang. Oleh karena itu, pastikan bila kulit mu tidak kering sebelum tidur agar wajah tidak berminyak ketika bangun. 

3. Membersihkan muka berlebihan 

Terlalu banyak mencuci muka nyatanya dapat menyebabkan wajah menjadi sering berminyak. Tujuan dari membersihkan wajah adalah untuk menghilangkan minyak. Saat kamu terlalu banyak membersihkan wajah, maka kamu akan banyak membuang minyak di pada kulit. 

Nah, saat hal tersebut terjadi, kelenjar minyak bisa mengetahui jika kulit kekurangan minyak, sehingga minyak bisa lebih banyak diproduksi. Ada baiknya sebelum kamu tidur jangan mencuci wajah terlalu berlebihan, cukup mencuci muka sekali saja sesaat sebelum tidur. 

Baca Juga: Arti Jerawat di Jidat, Mungkin Kamu Sedang Mengalami Masalah Ini

Atasi Wajah Berminyak ketika Bangun Tidur dengan Cara Ini 

Wajah berminyak ketika bangun tidur bisa dihindari dengan melakukan beberapa perawatan kulit yang tepat. Sejumlah cara yang dapat dilakukan guna mengatasi wajah berminyak saat bangun tidur yaitu: 

Gunakan sabun muka yang tepat 

Wajah berminyak dapat kamu kurangi dengan rajin membersihkan wajah memakai produk yang sesuai dengan kulit mu. Sejumlah produk pembersih muka yang memiliki kandungan asam umumnya bisa mengatasi kulit yang berminyak. 

Kandungan asam disini maksudnya seperti benzoil peroksida, asam beta-hidroksi, asam glikolat dan asam salisilat. Cuci muka menggunakan air hangat dan sabun, serta jangan menggunakan sabun yang memiliki wangi menyengat, bahan-bahan kimia keras dan tambahan pelembab. 

Pakai masker wajah 

Masker bisa jadi berfungsi untuk merawat kulit mu yang sedang berminyak. Umumnya, ada bahan-bahan pada masker wajah yang dapat membantu untuk mengurangi minyak pada kulit, seperti: 

Sebuah studi pada tahun 2011 melaporkan jika madu mentah alami mempunyai kualitas antiseptik dan antibakteri yang bisa mengurangi kulit berminyak dan jerawat. 

Masker yang memiliki kandungan oatmeal koloid bisa membantu untuk membersihkan kulit. Oat mengandung senyawa anti inflamasi, antioksidan dan saponin pembersih yang bisa meredakan iritasi pada kulit. 

Gunakan pelembab yang sesuai 

Walaupun banyak orang yang memiliki jenis kulit berminyak menghindari pemakaian pelembab, tetapi penggunaan produk yang tepat dapat berguna untuk jenis kulit ini. Untuk orang yang memiliki minyak berlebih pada wajah, pelembab bebas minyak dapat menjaga melindungi dan menjaga kelembaban kulit. 

Salah satu studi pada tahun 2014 menunjukkan jika lidah buaya bisa menjadi pelembab yang bagus guna mengobati jerawat dan kulit berminyak. Senyawa tertentu pada lidah buaya bisa memberikan efek penenang pada kulit secara alami. 

Baca Juga: Berikut Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat 

Nah, sekarang kamu menjadi tahu semua penyebab muka berminyak saat bangun tidur dan cara mengatasinya. Semoga kamu sudah tidak penasaran lagi dan bisa menangani minyak berlebihan saat bangun tidur. Selamat mencoba! 

Dapatkan berbagai produk kecantikan berkualitas dan produk kebutuhan harian lainnya hanya di Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dan rasakan pengalaman belanja kebutuhan harian dengan cepat sampai hanya dalam hitungan menit!

Arie Wahyu
Arie Wahyu