Ini Alternatif Untuk Pengganti Minyak Goreng yang Menyehatkan

Ini Alternatif Untuk Pengganti Minyak Goreng yang Menyehatkan

Alternatif minyak pengganti minyak goreng mulai diminati oleh banyak orang saat ini. Karena dengan terjadinya kelangkaan dan harga minyak goreng sawit yang melonjak, salah satu solusi untuk masyarakat mungkin dengan memakai alternatif minyak lain untuk memasak. 

Tidak hanya minyak goreng sawit, mungkin kamu dapat memakai jenis minyak goreng yang lainnya. Terlebih, ada sejumlah jenis minyak goreng yang mempunyai kualitas lebih bagus dibandingkan minyak goreng sawit, bahkan bagus pula untuk kesehatan. 

Bahan untuk mengganti minyak goreng sawit seperti minyak goreng sawit seperti minyak goreng yang dibuat dari berbagai bahan alami lainnya. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi melihat minyak kelapa dan minyak zaitun menjadi alternatif untuk mengganti minyak goreng. 

Di bawah ini ada beberapa alternatif minyak goreng pengganti yang bisa kamu coba dan sangat menyehatkan. 

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik Minyak Canola vs Minyak Zaitun 

Jenis Minyak Pengganti Minyak Goreng Sawit 

Minyak goreng paling banyak dipakai memasak merupakan minyak kelapa sawit. Sebenarnya ada sejumlah alternatif minyak goreng yang terbuat dari bahan selain minyak kelapa sawit, bahkan lebih menyehatkan. Berikut minyak pengganti minyak kelapa sawit yang bisa kamu coba. 

1. Minyak rapeseed

Minyak rapeseed merupakan alternatif minyak goreng yang sangat bagus untuk mengganti minyak goreng sawit. Minyak ini mempunyai kandungan lemak tak jenuh tunggal, yang bagus untuk kesehatanmu dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

Bukan hanya cocok dipakai untuk menggoreng saja, minyak ini pun bisa kamu pakai untuk memanggang. Minyak rapeseed memiliki kandungan senyawa pada minyak yang bisa membantu melindungi kamu dari berbagai jenis kanker tertentu.  

2. Minyak bunga matahari 

Minyak bunga matahari merupakan alternatif lain untuk mengganti minyak goreng sawit. Minyak yang satu ini tinggi akan vitamin E yang bagus untuk tubuh. Tidak hanya itu saja, minyak bunga matahari pun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal. 

Asam lemak tersebut jenis lemak baik yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Mirip seperti minyak rapeseed, minyak ini dapat dipakai untuk salad dan memanggang. 

Minyak bunga matahari merupakan pilihan minyak yang bagus untuk menggoreng makanan dengan api yang besar sebab tidak mudah gosong. Minyak ini pun mempunyai rasa yang sangat ringan, menjadikannya mudah untuk dimasukan ke berbagai hidangan karena tidak merubah rasa. 

Harus kamu ketahui jika minyak bunga matahari ini sangat tidak cocok untuk menggoreng ikan sebab titik asapnya sangat rendah. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti minyak dan bahan masak lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Margarin nabati 

Margarin nabati merupakan pengganti minyak kelapa sawit yang juga sangat populer. Olesan mentega ini umumnya dibuat dari berbagai campuran minyak, seperti yang ditemukan pada rapeseed, canola, bunga matahari dan kedelai. 

Tidak hanya itu, margarin ini sangat tinggi terhadap asam lemak omega-3 yang bagus untuk kesehatan jantung mu. Apabila kamu ingin memakai margarin nabati ini menjadi pengganti minyak kelapa sawit, maka kamu harus memperhatikan sejumlah hal. 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ia mempunyai titik leleh yang sangat rendah dibandingkan mentega, yang berarti jika resep tertentu bisa jadi tidak berhasil dengan sempurna. 

Selain itu, kamu juga harus ingat jika minyak ini mempunyai rasa yang sangat kuat, sehingga mungkin kamu harus mengurangi porsi margarin nabati yang diperlukan untuk resep mu.

4. Minyak kelapa 

Minyak kelapa merupakan pilihan populer lainnya yang menjadi pengganti minyak goreng sawit. Jenis minyak yang satu ini sudah terbukti bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung.  

Tidak hanya itu, minyak kelapa pun sangat stabil pada suhu yang tinggi, yang menjadikannya sempurna untuk seluruh jenis cara memasak seperti memanggang atau menggoreng. 

Minyak ini pun mempunyai rasa mentega yang sangat lezat, sangat ideal untuk beberapa hidangan seperti roti cepat saji, muffin dan kue. 

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Jenis Minyak yang Bagus Untuk Diet

5. Minyak canola 

Alternatif minyak goreng sawit selanjutnya adalah minyak canola. Minyak yang satu ini merupakan pilihan yang sangat bagus sebab mempunyai kadar lemak jenuh yang cukup rendah dan bisa juga membantu mencegah terjadinya berbagai masalah pada jantung. 

Tidak hanya itu, asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat tinggi juga menjadi lemak yang bagus untuk menjaga kesehatanmu. Selain minyak canola yang mempunyai rasa yang ringan, minyak ini juga lebih bagus dibandingkan minyak goreng sawit. 

Saat memakai minyak ini untuk memasak, kamu bisa memakai api sedang-tinggi. Rasa dari minyak canola juga sangat netral dan tidak menjadikan makanan mu berubah rasa. 

6. Minyak mustard

Bisa digunakan untuk menumis sampai menggoreng, minyak mustard merupakan bahan pengganti minyak goreng sawit yang bisa kamu gunakan untuk memasak seluruh jenis masakan. Minyak ini tinggi akan antioksidan dan mempunyai kandungan murni dari biji mustard yang sangat menyehatkan. 

Bukan hanya bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, minyak mustard pun mempunyai sifat antibakteri yang bisa membantu melindungi kulit dan menjauhkan kamu dari semua infeksi virus. 

7. Minyak kacang tanah 

Minyak pengganti minyak goreng sawit yang terakhir adalah minyak kacang tanah. Minyak ini merupakan minyak goreng serbaguna yang mempunyai kandungan lemak tak jenuh cukup tinggi dan memiliki lemak tak jenuh ganda yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Tidak hanya itu, minyak kacang tanah pun menjadi pengganti yang bagus untuk kebutuhan perawatan kulit sebab tinggi akan sifat antioksidan dan vitamin E. Kamu bisa menggunakannya untuk memasak atau merawat kulit mu. 

Baca Juga: Apa Manfaat Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil Untuk Tubuh

Nah, itu dia berbagai alternatif minyak pengganti minyak goreng yang lebih bagus dari minyak goreng kelapa sawit dan sangat menyehatkan. Kamu bisa mengganti minyak kelapa sawit mu dengan salah satu minyak di atas. 

Untuk dapatkan pilihan alternatif minyak sawit seperti di atas dengan kualitas terbaik, kamu bisa menemukannya di Astro. Astro menyediakan pilihan minyak untuk menggoreng dan kebutuhan dapur lainnya yang bisa kamu pesan secara online dengan aplikasi Astro. Yuk belanja di Astro sekarang!

Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu