Apa Manfaat Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil Untuk Tubuh

Apa Manfaat Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil Untuk Tubuh

Apa manfaat minyak zaitun extra virgin olive oil? Tentu saja ada banyak manfaat minyak zaitun yang tidak perlu kamu ragukan lagi. Minyak alami ini bukan hanya bagus untuk menjaga berat badan, namun juga bisa menurunkan tekanan darah. Tak heran jika minyak zaitun kerap dipakai untuk mengolah berbagai jenis makanan atau menjadi campuran bahan makanan. 

Lalu, minyak zaitun merupakan minyak alami yang telah diekstraksi dari buah zaitun. Berdasarkan tahapan ekstraksi yang dilewati dan jumlah kandungan dari asam oleat yang ada di dalamnya, ternyata minyak zaitun memiliki tiga varian, yakni refined (light), virgin dan extra virgin. 

Di bawah ini ada beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam minyak zaitun. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: Ini Alternatif Untuk Pengganti Minyak Goreng yang Menyehatkan

Kandungan Nutrisi Dalam Minyak Zaitun 

Dalam 1 sendok makan atau sekitar 15 ml minyak zaitun, ada sebanyak 120 kalori dan berbagai nutrisi diantaranya: 

  • Vitamin K 8 mikrogram 
  • Vitamin E 1,9 miligram 
  • Natrium 0,3 miligram 
  • Kalium 0,1 miligram 
  • Lemak 13,5-14 gram 

Walaupun banyak mengandung lemak, namun lemak yang ada dalam minyak zaitun adalah jenis lemak sehat seperti omega 6, omega 3, asam oleat, lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Minyak zaitun pun mengandung antioksidan dan kolin seperti polifenol dan flavonoid. 

Beragam Manfaat Minyak Zaitun 

Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak yang bagus untuk kesehatan. Karena berbagai kandungan antioksidan dan nutrisi, terdapat banyak manfaat dari minyak zaitun yang dapat kamu peroleh, seperti: 

1. Mengontrol tekanan darah 

Manfaat dari minyak zaitun yang pertama yaitu bisa mengontrol tekanan darh. Sebuah penelitian mengungkapkan jika orang yang rajin mengkonsumsi minyak zaitun asli sebanyak 50-60 ml atau sekitar 4 sendok makan setiap harinya, tampak mempunyai tekanan darah yang lebih bisa terkontrol. 

Hal tersebut diduga karena adanya kandungan asam lemak sehat dan antioksidan pada minyak zaitun yang bisa menjadikan pembuluh darah lebih rilek dan pembuluh darah bisa menurun. 

2. Menurunkan resiko terserang penyakit jantung 

Kandungan antioksidan yang ada dalam minyak zaitun juga berfungsi guna menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Hal tersebut sebab minyak zaitun tidak memiliki kandungan kolesterol atau biasa dikenal dengan lemak jenuh, sehingga tidak bisa menumpuk pada pembuluh darah. 

Minyak sehat ini bisa berdampak baik saat kamu konsumsi guna mencegah menumpuknya kolesterol yang bisa mengakibatkan penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung. 

Baca Juga: Tidak Hanya Ada Satu, Ini Jenis Olive Oil

3. Mengurangi kadar kolesterol 

Mengganti pasokan lemak jenuh maupun lemak dari hewan menggunakan minyak zaitun, bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat pada penderita kolesterol tinggi. Tidak hanya itu, minyak zaitun pun dapat meningkatkan tingkat kolesterol baik sehingga bagus untuk kesehatan jantung. 

Selain minyak zaitun dan beberapa minyak lain seperti minyak kelapa murni dan minyak kanola ini ternyata mempunyai manfaat yang sama. 

4. Mencegah tumbuhnya sel kanker 

Pola makan yang sehat dengan memakai minyak zaitun dalam proses pengolahan makanan bisa meningkatkan kadar antioksidan di tubuh mu. Antioksidan sendiri adalah zat yang bisa memperbaiki dan mencegah kerusakan sel karena paparan radikal bebas. Antioksidan juga ternyata bisa mencegah dan menghambat tumbuhnya sel kanker. 

5. Menjaga fungsi otak 

Ada salah satu manfaat dari minyak zaitun yang sangat penting yaitu bisa memelihara kesehatan dan fungsi otak. Sebuah penelitian mengungkapkan jika kandungan zat anti radang dan antioksidan dalam minyak zaitun bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit di dalam otak, seperti demensia dan stroke. 

6. Mengatasi sembelit 

Pada umumnya sembelit terjadi sebab pola makan yang tidak sehat, seperti jarang mengkonsumsi makanan berserat dan kurangnya minum air putih. Supaya kotoran mudah dikeluarkan dna lebih padat, kamu dapat mengkonsumsi serat dan sayuran dan buah-buahan. 

Tidak hanya itu, minyak zaitun juga dapat kamu konsumsi guna mengatasi sembelit sebab dapat membuat kotoran lebih lunak sehingga akan mudah untuk dikeluarkan dari tubuh. 

7. Mengatur kadar gula darah 

Sebuah penelitian memperlihatkan jika orang yang melakukan pola makan sehat dengan rutin, termasuk dengan banyak mengkonsumsi minyak zaitun, mempunyai kadar gula darah yang lebih bisa dikontrol. Hal tersebut menjadikan minyak zaitun berguna untuk mengurangi resiko terjadinya diabetes. 

8. Melembabkan kulit yang kering 

Minyak zaitun bisa mengunci kelembaban kulit, sehingga bisa kamu gunakan secara rutin untuk merawat kulit kering dengan cara mengoleskan minyak zaitun di kaki, tangan dan kulit wajah yang kering. 

9. Menjaga berat badan 

Minyak zaitun juga bagus dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet atau ingin menjaga berat badan agar tetap ideal. Minyak alami ini bagus dikonsumsi untuk mencegah terjadinya obesitas. 

Tetapi, untuk memperoleh manfaat minyak zaitun ini tentunya harus kamu barengi dengan olahraga yang rajin, menjalani pola makan yang sehat dan membatasi asupan kalori. 

10. Merawat kesehatan mulut 

Minyak zaitun memiliki kandungan antibakteri, antioksidan dan anti radang. Efek tersebut membuat minyak zaitun berguna untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi. Tidak hanya itu, berkumur menggunakan minyak zaitun setiap hari juga bisa mengatasi dan mencegah bau mulut.

Walaupun termasuk banyak manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan ternyata masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Tidak hanya itu, sebab mengandung antioksidan dan nutrisi yang tinggi, maka bagus dikonsumsi untuk ibu menyusui, ibu hamil dan anak-anak. 

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik Minyak Canola vs Minyak Zaitun 

Nah, itulah beberapa jawaban dari pertanyaan apa manfaat minyak zaitun extra virgin olive oil. Semoga dengan ulasan di atas ini bisa menjadi ilmu baru untuk kamu tentang manfaat dari minyak zaitun ini, ya!

Temukan berbagai jenis minyak zaitun berkualitas hanya di Astro! Belanja produk minyak zaitun di Astro sekarang. Pilihan lengkap, harga terjangkau, pengiriman cepat, dan siap dipesan selama 24 jam penuh. Cek aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu