Tidak Hanya Ada Satu, Ini Jenis Olive Oil

Tidak Hanya Ada Satu, Ini Jenis Olive Oil

Olive oil atau biasa dikenal dengan minyak zaitun ini merupakan jenis olive oil yang mempunyai banyak manfaat. Minyak zaitun merupakan minyak yang sudah diekstraksi dari buah zaitun. Tahap produksinya sangat sederhana, untuk memperoleh minyak zaitun, maka buah zaitun harus melewati tahap penekanan guna mengeluarkan minyaknya. 

Minyak zaitun banyak dipakai untuk perawatan kulit, sabun, obat, kosmetik dan memasak. Banyak riset sudah membuktikan manfaat kesehatan dari minyak yang satu ini. Minyak zaitun memiliki banyak kandungan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan pada sel yang diakibatkan dari radikal bebas. 

Ternyata minyak zaitun mempunyai beberapa jenis berbeda. Jenis tersebut diklasifikasikan menurut proses pembuatannya. Memilih jenis minyak zaitun tentu saja sangat penting untuk kamu. Dua jenis minyak zaitun yaitu banyak digunakan yaitu minyak zaitun murni dan olahan. 

Jenis minyak zaitun ini pun bisa menentukan kualitas yang dimilikinya. Beberapa jenis minyak ini pun mempunyai keunggulannya tersendiri. Nah, berikut jenis minyak zaitun dan manfaat yang dimilikinya. 

Baca Juga: Apa Manfaat Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil Untuk Tubuh

Jenis-Jenis Minyak Zaitun 

1. Extra virgin olive oil 

Extra virgin olive oil diyakini menjadi jenis minyak zaitun yang sangat sehat. Minyak ini dibuat dengan metode cold-pres. Tahapan membuat minyak zaitun ini tidak mengubah sifat kimiawi dari minyak zaitun maupun minyak yang dikeluarkan. Jenis minyak ini diekstraksi memakai metode alami dan distandarisasi guna kemurnian dan kualitas tertentu misalnya bau dan rasa. 

Minyak ini aman untuk dikonsumsi langsung dan memberikan beberapa manfaat. Minyak zaitun yang asli ekstra virgin mempunyai rasa yang tidak sama dan mengandung banyak antioksidan fenolik. Sejumlah senyawa fenolik ini sudah terbukti mempunyai efek antioksidan pada tubuh manusia, terutama menurunkan risiko kanker dan aterosklerosis serta memberikan manfaat antimikroba dan anti inflamasi. 

Selanjutnya, minyak zaitun extra virgin umumnya digunakan menjadi dressing salad atau untuk dipakai perawatan tubuh, seperti rambut dan kulit. Minyak zaitun yang satu ini tidak bisa dipakai untuk memasak dengan suhu yang tinggi sebab bisa merusak nutrisi yang ada di dalamnya. 

2. Virgin olive oil 

Mirip dengan Extra Virgin Olive oil, jenis minyak zaitun yang satu ini juga tidak masuk dalam tahap pemurnian. Minyak ini pun tidak melewati proses pemanasan atau memakai bahan kimia. Dilihat dari kualitasnya, virgin olive oil berada setelah Extra Virgin Olive Oil. 

Minyak zaitun jenis yang satu ini pun tahan dengan suhu. Daripada jenis minyak zaitun sebelumnya, virgin olive oil ini mempunyai rasa yang jauh lebih ringan dan cocok untuk kebutuhan memasak menggunakan api kecil. Sama seperti minyak jenis sebelumnya, virgin olive oil juga bisa kamu jadikan untuk perawatan kulit. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua jenis Olive Oil terbaik untuk masakan kamu di ASTRO!

3. Refined olive oil 

Jenis minyak zaitun yang satu ini di ekstrak dari buah zaitun yang sudah matang atau yang warna nya sudah kehitaman. Di antara jenis minyak yang lainnya, minyak ini mempunyai jumlah yang sangat sedikit kandungan minyak zaitun murni sebab sudah melewati berbagai tahap penyulingan. 

Apabila minyak zaitun tidak dapat memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai Extra Virgin Olive Oil atau Virgin Olive Oil yang ditentukan dari kadar keasaman dan beberapa faktor lainnya, maka minyak itu dimurnikan guna menghilangkan rasa dan bau yang tidak diinginkan. 

Hasilnya yaitu minyak sangat hambar dan hampir tidak memiliki warna. Minyak ini lebih cocok kamu gunakan untuk memasak seperti memanggang atau menggoreng. 

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit yang Harus Diketahui

4. Pure olive Oil 

Ternyata, jenis minyak yang satu ini bukanlah minyak zaitun asli atau murni. Minyak zaitun dengan label “Pure Olive Oil” maupun hanya berlabel “minyak zaitun” saja umumnya merupakan minyak zaitun olahan. Minyak yang satu ini biasanya merupakan minyak zaitun olahan yang sudah dicampur dengan minyak zaitun virgin atau extra virgin. 

Minyak pure olive oil mempunyai rasa yang sangat ringan dengan warna yang cenderung lebih terang. Cara pengolahan ini sering dipakai saat kualitas ekstrak tidak terlalu bagus seperti yang diharapkan. Demi meningkatkan kualitas, minyak sulingan perlu dicampur dengan bahan yang lebih berkualitas seperti dua jenis minyak sebelumnya. 

Minyak yang ditambahkan ini bisa memberikan kadar vitamin E yang cukup tinggi dengan rasa yang lebih baik. Lalu, untuk minyak ini dapat kamu pakai untuk memasak dengan suhu yang cukup tinggi. 

5. Light olive oil 

Light olive oil sendiri bukanlah minyak zaitun yang rendah akan kalori. Sebaliknya, ini merupakan istilah pemasaran yang biasa dipakai guna menggambarkan rasa minyak yang ringan. Jenis minyak ini diolah dengan panas yang tinggi dan pelarut guna menghilangkan bau yang tidak sedap. 

Jenis minyak yang satu ini merupakan refined olive oil yang mempunyai rasa netral dan titik asap yang cukup tinggi. Minyak ini bisa kamu pakai untuk menggoreng, menumis dan memanggang. 

6. Pomace olive oil 

Jenis pomace merupakan minyak zaitun dengan kualitas paling rendah. Minyak yang satu ini diekstraksi dari minyak yang tersisa sesudah buah ditekan. Setelah buah tersebut diproses, maka mereka akan meninggalkan resiko yang mengandung air dan minyak. Sesudah minyak dan air dihilangkan, residu masih memiliki kandungan minyak dan bisa diekstraksi lagi. 

Sebab tahapan tersebut, pomace olive oil merupakan jenis minyak zaitun paling murah yang ada dipasaran dan sangat cocok kamu gunakan untuk memasak dalam suhu tinggi.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik Minyak Canola vs Minyak Zaitun 

 Nah, itulah beberapa jenis olive oil yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya. Pastikan teliti terlebih dahulu sebelum kamu membeli minyak zaitun yang diinginkan. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu dalam memilih minyak zaitun, ya!

Buat kamu yang mau belanja berbagai jenis minyak zaitun dengan praktis dan nggak ribet, Astro jawabannya! Pesan berbagai minyak zaitun dan kebutuhan harian lainnya di Astro, cukup pakai smartphone, pesanan sampai dalam hitungan menit aja. Yuk, langsung download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store. Selamat belanja!

Referensi:

Minyak Zaitun Tidak Semuanya Sama

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu