Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit yang Harus Diketahui

Buah zaitun memang sangat dikenal dengan manfaatnya yang cukup banyak untuk kebaikan tubuh. Bagi sebagian orang mungkin sudah sangat akrab dengan minyak zaitun dan memahami apa saja manfaatnya.

Bahkan, minyak zaitun juga cocok untuk dikonsumsi mulai dari untuk mengolah makanan atau kecantikan sekalipun. 

Namun, satu hal yang pasti harus kamu ketahui adalah minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Nutrisi di dalam minyak zaitun itulah yang memberikan banyak manfaat.

Baca Juga: Apa Manfaat Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil Untuk Tubuh

Ini Daftar Manfaat dari Minyak Zaitun Untuk Kulit 

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui sebelumnya, minyak zaitun sangatlah kaya akan manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk dikonsumsi saja, tetapi minyak zaitun juga sangat bagus untuk kesehatan rambut dan bahkan kulit.

Agar kamu bisa lebih jelas memahami apa saja manfaat minyak zaitun untuk kulit. Berikut ini adalah ulasan singkatnya, simak dan perhatikan yuk!

  1. bisa melembabkan kulit
  2. mencegah penuaan dini
  3. mencegah adanya jerawat pada wajah
  4. bantu kulit wajah dari adanya lingkungan yang rusak
  5. bantu eksfoliator

Penjelasan dari Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit

1. Bantu Melembabkan Kulit

Pertama, manfaat yang sudah jelas dari minyak zaitun adalah bisa bantu melembabkan kulit tubuh kamu dengan baik. Karena memang minyak sifatnya bisa melembabkan kulit dan minyak zaitun itu sendiri bagus untuk bantu mengatasi kulit kamu jika memang sangat kering dan sensitif.

Bahkan, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk rambut, wajah dan kulit tubuh yang memang kering. Cara menggunakannya, kamu bisa mengoleskannya dengan pelan dan lembut di area kulit yang kering. Bahkan kamu juga bisa membeli segala macam produk kecantikan dan perawatan kulit yang menggunakan bahan dasar minyak zaitun yang juga bisa bantu melembabkan kulit.

2. Pencegahan Penuaan Dini

Manfaat minyak zaitun untuk kulit selanjutnya adalah bisa bantu mencegah penuaan dini. Tentu ini sangat bagus untuk tetap menjaga penampilan kamu lebih baik dan meningkatkan percaya diri. 

Minyak zaitun memiliki kandungan berupa polifenol yang sangat tinggi. Kandungan tersebut punya karakteristik seperti antioksidan dan juga anti untuk penuaan dini. Kemudian, kandungan itu bisa juga bantu melawan radikal bebas pada kulit.

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, bahwa sinar UV memang tidak baik untuk kulit jika terlalu lama karena bisa menyebabkan adanya kerutan di wajah, bintik hitam. Maka dari itu, kamu bisa mencegahnya juga dengan menggunakan minyak zaitun. Jadi, sudah tidak tidak bisa diragukan kembali tentang manfaatnya yang bisa mencegah adanya penuaan dini. 

3. Bantu Cegah Adanya Jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu aktivitas kamu. Apalagi jika ada jerawat di wajah, tentu membuat kurang percaya diri menjalani aktivitas, terutama bagi kamu yang harus bertemu banyak orang dan interaksi dengan mereka.

Jika saja sudah mulai muncul adanya jerawat, kamu bisa langsung mengoleskan minyak zaitun pada area yang berjerawat. Atau bisa juga menggunakan sabun khusus pembasmi jerawat yang ada kandungan olive oil/minyak zaitun. 

Minyak zaitun juga bisa bantu mencegah adanya jerawat dan bisa bantu basmi kuman dan bakteri yang sering membuat wajah jadi mudah berjerawat.

4. Bantu Melindungi Kulit dari Rusaknya Lingkungan

Lingkungan di masa sekarang memang seringkali membuat tidak bersahabat untuk aktivitas sehari-hari atau liburan sekalipun. Misalnya pada cuaca yang sangat panas terik matahari yang paling parahnya juga bisa berisiko mendatangkan penyakit kanker kulit.

Kamu bisa mencegahnya dengan menggunakan minyak zaitun atau semua kandungan lotion yang ada minyak zaitunnya. Karena minyak zaitun bisa bantu melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari yang sangat terik. 

Sebab, minyak zaitun kaya akan antioksidan dan ada squalene di dalamnya yang bisa bantu kandungan antioksidan jadi lebih kuat.

5. Eksfoliator

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai eksfoliator yang bisa bantu bersihkan kulit kamu dari kotoran, debu dan polusi setelah beraktivitas seharian di luar ruangan. Kulit yang kusam memang biasanya karena kamu kurang membersihkan kulit atau disebut dengan eksfoliasi.

Namun, kulit kusam juga karena kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Maka dari itu, supaya kamu terhindar dari kulit yang kusam, kamu bisa menggunakan scrub yang memiliki kandungan minyak zaitun. 

Eksfoliasi wajah juga bisa dilakukan saat menggunakan masker wajah yang ada kandungan minyak zaitun di dalamnya dan bisa bantu wajah jadi lebih cerah dan bersih. Selain itu, bantu melembabkan dengan lama.Demikian ulasan singkat tentang manfaat minyak zaitun untuk kulit kamu yang harus diketahui.

Baca Juga: Tidak Perlu Mahal, Ini Dia Tips Hilangkan Kerutan di Bawah Mata dengan Mudah

Jika kamu membutuhkan segala keperluan kesehatan wajah dan minyak zaitun bisa belanja di Astro dengan layanan 24 jam non stop. Pesanan kamu akan segera diantar sampai depan rumah dengan cepat hanya dalam hitungan menit. Kamu bisa unduh aplikasinya di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu