Harus Tahu, Ini Jenis Minyak yang Bagus Untuk Diet

Harus Tahu, Ini Jenis Minyak yang Bagus Untuk Diet

Saat sedang diet, pada umumnya orang bertujuan untuk menurunkan berat badan atau menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Tentu saja, kamu harus selalu memperhatikan pola makan, bahan makanan apa saja yang baik saat diet. Serta diimbangi dengan olahraga supaya mendapatkan hasil penurunan berat badan yang maksimal.

Bahkan kamu juga jangan sampai melewatkan minyak yang digunakan untuk mengolah makanan juga harus cocok dan bagus untuk yang sedang diet.

Mungkin minyak bagus untuk diet yang terlintas pertama kali di pikiran kamu adalah minyak zaitun. Maka jika ingin lebih jelas perhatikan dan simak yuk!

Baca Juga: Ini Alternatif Untuk Pengganti Minyak Goreng yang Menyehatkan

Manfaat Minyak Zaitun Bagus Untuk Diet

Minyak zaitun memiliki kandungan yang lebih baik jika dibandingkan dengan minyak kelapa sawit, terutama kamu yang sedang diet menurunkan berat badan. 

Pada umumnya, saat sedang diet banyak yang merekomendasikan untuk menggunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan. Karena, kandungan lemak yang ada pada minyak zaitun bukanlah minyak jahat yang membahayakan kesehatan tubuh.

Tentu saja konsumsilah dalam jumlah yang secukupnya saja, maka kandungan lemak baik pada minyak zaitun bisa mencegah adanya peningkatan jumlah kadar kolesterol dalam tubuh. 

Sebab, sebagaimana yang sudah kamu ketahui bahwa minyak dengan kadar kolesterol yang jahat hanya akan menimbulkan adanya resiko penyakit jantung dan jenis penyakit lainnya.

Sedangkan, jika dibandingkan dengan minyak kelapa pada umumnya bisa menambah adanya kadar kolesterol berupa LDL. Walaupun ada sebuah penelitian yang memberikan informasi bahwa dalam minyak kelapa terdapat kandungan berupa asam lemak jenuh dan asam laurat.

Kandungan tersebut bisa meningkatkan kadar HDL. Namun, minyak kelapa juga ada sifat antioksidan yang sehat, tetapi dengan adanya kandungan lemak jenuh justru lebih banyak jika dibandingkan dengan antioksidannya. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk Diet kamu di ASTRO!

Cara Memilih Minyak Untuk Diet

Saat sedang diet tentu saja ingin mendapatkan hasil terbaik dan memuaskan. Maka, harus dimulai dan dilakukan secara maksimal. Termasuk dalam memilih bahan makanan apa saja yang harus dikonsumsi ketika sedang dalam program diet.

Berdasarkan kutipan dari “Harvard Health Publishing” memberikan informasi bahwa minyak kelapa sawit memiliki kandungan lemak jenuh hingga 90%. Hal itu bisa menyebabkan adanya peningkatan kadar kolesterol tidak baik dalam tubuh.

Apabila tubuh memiliki kadar kolesterol jahat dalam tubuh maka, bisa menyebabkan adanya resiko penyakit jantung. 

Oleh sebab itu, kamu harus lebih cermat dalam memperhatikan jenis minyak apa yang akan kamu gunakan untuk mengolah makanan sehat saat sedang diet. Untuk jenis minyak yang cocok dan bagus untuk diet tentu saja harus memiliki kandungan kolesterol yang lebih rendah.

Jika biasanya kamu menggunakan minyak dari kelapa sawit, kamu bisa juga menggantinya dengan jenis minyak yang lainnya. Pastikan perhatikan pada komposisi dan informasi gizi yang memiliki kandungan lemak lebih rendah.

Kamu harus tahu, bahwa ada berbagai jenis minyak yang memiliki kadar kandungan kalorinya jauh lebih rendah, jika dibandingkan dengan minyak dari kelapa sawit. Berikut ini adalah daftar minyak dengan kandungan kalori yang cukup rendah yang bisa kamu jadikan daftar minyak bagus untuk diet. 

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik Minyak Canola vs Minyak Zaitun 

Minyak yang Bagus Untuk yang Sedang Diet

Minyak juga merupakan sumber lemak yang juga cukup penting pada makanan yang kamu konsumsi. Minyak dibagi jadi dua jenis yang harus kamu ketahui, ada minyak jenuh dan minyak tidak jenuh.

Dari nama dua jenis minyak tersebut juga sudah langsung ketahuan bahwa minyak jenuh memiliki sifat dan kandungan yang tidak bagus untuk tubuh karena juga bisa meningkatkan adanya kolesterol pada tubuh, tidak hanya saat sedang diet saja. Sedangkan pada minyak tidak jenuh, memiliki kandungan yang lebih bagus untuk tubuh dan tidak membuat kolesterol meningkat.

Berikut ini adalah jenis minyak yang bagus untuk diet. Bisa untuk mengolah makanan yang sehat dan bisa juga untuk campuran dengan salad atau sesuai selera kamu. Simak dan perhatikan yuk!

  1. Minyak zaitun atau olive oil
  2. Minyak kanola
  3. Minyak jagung
  4. Minyak kacang
  5. Minyak bunga matahari
  6. Minyak kedelai
  7. Minyak kelapa
  8. Minyak alpukat
  9. Minyak bekatul
  10. Minyak biji anggur

Demikian beberapa jenis minyak yang bagus untuk diet. Selain memperhatikan asupan makan, jenis makanan yang dikonsumsi saat diet, kamu juga jangan lupa untuk memperhatikan minyak apa yang bagus dan cocok untuk kamu yang sedang diet. Karena, tidak semua jenis minyak bagus untuk yang sedang diet. Kandungan yang ada pada setiap jenis minyak berbeda-beda.

Jika kamu sedang mencari segala macam minyak yang bagus untuk diet, bisa langsung saja melakukan pemesanan dan beli segala macam minyak yang bagus untuk diet di Astro. Nggak perlu repot-repot belanja ke luar rumah, cukup pesan lewat aplikasi Astro dan pesanan kamu sampai dalam waktu hitungan menit saja. Yuk, download aplikasinya di smartphone kamu!

Baca Juga: Apa Manfaat Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil Untuk Tubuh

Arie Wahyu
Arie Wahyu