Ini Alternatif Susu Untuk Intoleransi Laktosa yang Sama Sehatnya 

Susu sapi adalah minuman dengan nutrisi yang tinggi. Tetapi, sebagian individu tidak bisa mencerna susu sapi sebab mengidap intoleransi laktosa. Alternatif susu untuk intoleransi laktosa merupakan solusi yang tetap dapat memperoleh nutrisi dari susu sapi. Bagaimana susu tanpa laktosa dapat dikonsumsi oleh orang dengan intoleransi laktosa? 

Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi susu alternatif untuk orang yang intoleransi laktosa. Kamu bisa mengkonsumsi susu berikut ini jika tidak bisa meminum susu murni dari sapi. Mari simak ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Ini Keunggulan Susu Kedelai Dibanding Susu Sapi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Rekomendasi Susu Bebas Laktosa yang Menyehatkan 

Apabila kamu mempunyai intoleransi laktosa, alternatif susu yang dapat diminum yaitu susu bebas laktosa atau susu rendah laktosa. Susu UHT tanpa laktosa ini mempunyai kandungan yang lebih sedikit atau tidak ada gula laktosa dari biasanya. Tidak hanya itu, susu tersebut pun diberikan enzim laktase dan dipasteurisasi. 

Enzim laktase dalam susu berguna untuk memecah berbagai kandungan laktosa yang masih ada. Jika prosesnya telah selesai, susu akan disimpan selama 24 jam. Tetapi, susu sapi tidak menjadi satu-satunya susu yang dapat kamu konsumsi. 

Jika kamu mengidap intoleransi laktosa, tidak bisa mengkonsumsi produk hewani dan alergi susu, pengganti susu sapi yang tidak mengandung laktosa berikut dapat dicoba: 

  • Susu oat, mempunyai setengah kandungan protein daripada susu sapi, tetapi tinggi akan serat, termasuk dengan beta glucan. 
  • Susu kelapa, kaya akan lemak jenuh dan rendah protein. 
  • Susu almond, tinggi akan vitamin E dan biasanya menjadi alternatif susu untuk intoleransi laktosa 
  • Susu kedelai, mempunyai kandungan protein dengan jumlah yang hampir mirip seperti susu sapi. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Susu dan Alternatifnya di Aplikasi ASTRO!

Manfaat Susu Tanpa Laktosa untuk Pengidap Intoleransi Laktosa 

Susu bebas laktosa memberikan sejumlah manfaat untuk para individu yang tidak bisa mengkonsumsi laktosa, seperti: 

1. Kaya akan nutrisi 

Seperti susu sapi pada umumnya, susu bebas laktosa pun masih mengantongi berbagai zat gizi penting layaknya protein. Dalam 240 ml, susu bebas laktosa dapat mengandung protein sampai 8 gram. 

Susu tanpa laktosa pun mengandung nutrisi mikro yang berguna untuk kesehatan, seperti vitamin B2, vitamin B12, fosfor dan kalsium. Bahkan, sebagian jenis susu bebas laktosa pun diperkaya vitamin D, yang sumber makanannya biasanya sedikit meskipun berperan vital. 

2. Mudah dicerna untuk penderita intoleransi laktosa 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, produsen susu bebas laktosa mencampurkan enzim laktase guna mencerna laktosa pada susu. Dengan begitu, jika kamu mempunyai intoleransi laktosa, kamu juga tidak harus cemas untuk mengkonsumsi susu bebas laktosa. 

Adanya enzim laktase pada susu tanpa laktosa bisa menjadikan susu lebih mudah dicerna tanpa menyebabkan masalah pencernaan sesudah meminumnya. 

3. Rasanya lebih manis 

Tidak hanya penambahan enzim laktase, perbedaan susu bebas laktosa dari susu biasanya yaitu rasanya. Susu bebas laktosa mempunyai rasa yang lebih manis daripada susu biasanya. 

Laktase, enzim yang ditambahkan ke produk susu tanpa laktosa, membuat memecah laktosa menjadi 2 jenis gula yang sederhana yaitu galaktosa dan glukosa. Indera pengecap mu bisa merasakan gula sederhana yang satu ini lebih manis daripada gula kompleks, sehingga memberikan rasa yang sangat manis daripada susu biasa. 

Perbedaan rasa ini sejatinya tidak akan mengubah jumlah nutrisi dari susu tanpa laktosa. Justru ini pastinya menjadi nilai lebih untuk mereka yang mengidap intoleransi laktosa, ketika mengkonsumsi susu bebas laktosa yang satu ini. 

Baca Juga: Terbongkar! Ini Manfaat Susu Almond Untuk Ibu Hamil

Individu Alergi Susu Tidak Bisa Mengkonsumsi Susu Bebas Laktosa 

Bagi kamu yang alergi susu tidak dapat mengkonsumsi bebas laktosa, sebab alergi susu tidak sama seperti keadaan intoleransi laktosa. Orang dengan alergi susu mempunyai sistem imun yang reaktif kepada produk susu jenis apa saja, termasuk susu yang bebas laktosa. 

Reaksi alergi yang muncul seperti masalah pencernaan, gatal-gatal dan muntah. Sesuai dengan namanya, susu tanpa laktosa adalah produk susu yang tidak memiliki kandungan laktosa. 

Laktosa merupakan jenis gula yang didapati dalam produk susu sapi. Sayangnya, hanya ada beberapa orang yang dapat mencerna laktosa dengan benar. Orang yang alergi dengan laktosa mempunyai keadaan medis yang dikenal dengan intoleransi laktosa. 

Intoleransi ini bisa terjadi sebab tubuhnya mempunyai sangat sedikit laktase, enzim yang mempunyai peran guna mencerna laktosa. Jika mengkonsumsi produk susu biasa, orang yang mengidap intoleransi laktosa bisa mengalami gejala yang cukup mengganggu. 

Gejala tersebut seperti kram perut, muntah, mual, diare sampai perut bergas dan kembung. Sebagai solusinya, para produsen susu akan mencampurkan laktase pada bahan baku susu sapi. Hal tersebut membantu para pengidap intoleransi laktosa tetap dapat merasakan “pengalaman” untuk mengkonsumsi susu sapi, serta memperoleh nutrisinya seperti kebanyak orang.

Baca Juga: Kenali Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

Demikianlah, beberapa rekomendasi alternatif susu untuk intoleransi laktosa yang bisa kamu konsumsi jika tidak bisa minum susu sapi karena mengidap intoleransi laktosa. Semoga dengan membaca ulasan di atas ini kamu bisa menjadi terbantu untuk memilih berbagai jenis susu bebas laktosa

Kamu bisa mendapatkan susu bebas laktosa ini di Astro yang merupakan aplikasi belanja online yang mempunyai lebih dari 100 produk pilihan. Kamu hanya perlu memesan nya melalui aplikasi yang bisa di unduh di App Store maupun Play Store.

Tidak perlu repot keluar rumah, cukup lakukan pemesanan di aplikasi Astro, maka belanjaan mu tiba hanya dalam hitungan menit saja. Supaya kamu dapat menikmati berbagai manfaat dari Astro. Langsung download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang juga!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu