Kenali Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

Kenali Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

Susu kedelai merupakan asupan sehat dan penuh nutrisi yang memberikan banyak manfaat bagi orang yang mengonsumsinya, namun apakah kamu tahu apa manfaat susu kedelai bagi seorang ibu yang sedang menyusui? Simak tulisan ini untuk kamu pahami manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui.

Susu kedelai merupakan alternatif sumber protein dan asam omega 3 yang tepat dan baik untuk dikonsumsi oleh seorang ibu yang sedang menyusui. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan, kamu harus pastikan bahwa susu kedelai yang diminum adalah susu kedelai organik yang bebas pestisida.

Karena susu kedelai organik bebas pestisida akan meminimalisir kemungkinan alergi bagi seorang ibu yang menyusui ketika meminumnya. Lalu apa saja manfaat susu kedelai apabila rutin dikonsumsi oleh ibu menyusui? Berikut ini penjelasan manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui.

Baca Juga: Ini Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil yang Harus Dipahami

Manfaat Minum Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

Dilansir dari Halodoc.com, di saat seorang wanita menjalani masa menyusui sang buah hati, biasanya ia akan sering merasa lapar. Jangan biarkan rasa lapar itu, karena nutrisi yang harus dipenuhi bukan hanya untuk sang ibu, melainkan juga untuk sang bayi yang sedang disusuinya.

Susu kedelai memang salah satu jenis minuman yang tepat dan sehat untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, hal tersebut dikarenakan susu kedelai mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi. Lalu apa saja manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui? Berikut ini penjelasan tentang manfaat susu kedelai bagi ibu menyusui.

1. Mendukung perkembangan bayi

Kedelai merupakan minuman yang mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat baik. Salah satu nutrisi yang terdapat pada kedelai adalah asam folat. Asam folat merupakan nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh bayi yang masih diberi ASI.

Bukan hanya mengandung asam folat, susu kedelai juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin A, protein, dan lemak yang dibutuhkan untuk memberikan asupan nutrisi kepada sang buah hati melalui ASI. Tentu saja manfaat dari susu kedelai itu dibutuhkan oleh setiap ibu menyusui.

2. Memberikan serat yang baik

Ibu menyusui tidak jarang juga mengalami masalah pencernaan, gangguan itu banyak dirasakan oleh ibu menyusui. Salah satu manfaat dari susu kedelai untuk ibu menyusui adalah melancarkan pencernaan, hal tersebut dikarenakan dalam susu kedelai terdapat banyak serat.

Bukan hanya untuk melancarkan pencernaan, serat yang terdapat dari susu kedelai juga dapat meminimalisir kadar kolesterol sampai 10 persen, serta mengurangi resiko komplikasi pada ibu menyusui. Karena, seringkali ibu menyusui mengalami komplikasi, maka susu kedelai adalah solusi pencegahan.

3. Mengurangi kolesterol jahat

Seorang ibu yang sedang menyusui kerap mengalami kondisi susah makan, ia biasanya menginginkan makanan-makanan yang kurang sehat namun lezat dan banyak sekali mengandung kolesterol jahat. Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai membantu ibu menyusui dalam mengurangi tumpukan kolesterol jahat.

Ibu menyusui yang mengonsumsi susu kedelai dengan rutin akan dibantu dalam menjaga berat badan, karena kolesterol jahat yang masuk ke tubuhnya akan diminimalisir oleh susu kedelai, selain itu juga akan membantu tubuh menyimpan cadangan lemak baik.

Baca Juga: Ini Penjelasan Kapan Ibu Hamil Perlu Minum Susu

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Susu kedelai mengandung zinc, kandungan itu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas bagi ibu menyusui yang mengonsumsi susu kedelai secara rutin setiap hari. Daya tahan tubuh ibu menyusui akan terjaga dengan baik jika mengonsumsi susu kedelai setiap hari.

Dengan begitu ibu menyusui yang mengonsumsi susu kedelai setiap hari akan terus terjaga kesehatannya, karena sistem kekebalan tubuhnya juga diperkuat oleh nutrisi dan vitamin serta serat dari susu kedelai.

5. Dapat mencegah anemia

Ibu menyusui juga ternyata rentan mengalami penyakit anemia, hal tersebut biasanya terjadi dikarenakan ibu menyusui kekurangan vitamin B12. Susu kedelai ternyata mengandung banyak vitamin B12, sehingga mampu membantu ibu menyusui dalam memenuhi kebutuhan vitamin B12.

Dengan begitu ibu menyusui dapat terhindar dari penyakit anemia. Penyakit anemia tidak bisa disepelekan bagi ibu menyusui, karena penyakit anemia bisa menyebabkan komplikasi bagi ibu menyusui yang menderitanya.

6. Mengontrol gula darah

Mengonsumsi susu kedelai juga membantu ibu menyusui mengontrol gula darah, seorang ibu menyusui yang mengonsumsi susu kedelai gula darahnya akan semakin terkontrol dan sehat.

Terutama susu kedelai yang tidak diberi tambahan gula, susu semacam itu lebih bisa membantu pengontrolan gula darah bagi ibu menyusui dalam masa menyusui sang buah hati. Kesehatan sang buah hati sangatlah penting bukan? Sebaiknya jangan sia-siakan manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui.

Baca Juga: Makan Mie Instan Untuk Ibu Hamil, Ini yang Harus Diperhatikan

Demikian penjelasan tentang manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, untuk kamu yang ingin membeli susu kedelai tanpa pestisida dengan kualitas terbaik, kamu bisa membelinya di Astro. Astro bisa bantu penuhi kebutuhan kamu dengan cara yang praktis, cukup pesan dari aplikasi Astro, pesanan kamu akan datang dalam hitungan menit saja. Langsung aja download aplikasi Astro di smartphone kamu! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store.

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu