Makan Mie Instan Untuk Ibu Hamil, Ini yang Harus Diperhatikan

Makan Mie Instan Untuk Ibu Hamil, Ini yang Harus Diperhatikan

Salah satu makanan yang sampai sekarang jadi favorit orang Indonesia adalah mie instan. Selain penyajiannya yang mudah dan praktis, mie instan juga banyak variasi rasanya yang cukup menggugah selera, lezat dan gurih, apalagi saat sedang musim hujan. Tetapi perlu diingat kembali, dibalik kelezatannya tersebut mie instan tidak masuk dalam kategori makanan yang sehat. Maka harus diperhatikan apabila makan mie instan untuk ibu hamil.

Apabila diperhatikan dari komposisinya, mie instan terbuat dari bahan-bahan berupa tepung, sama halnya dengan bahan dasar mie yang lainnya. Tidak hanya itu saja, bahan lain dalam kemasan mie instan juga ada bumbu pelengkap. 

Kemudian bahan tambahan tersebut sudah melewati tahapan yaitu fortifikasi. Proses tersebut bermanfaat sebagai nutrisi yang memang bisa dibilang dibutuhkan.

Walaupun pihak dari BPOM sudah memberikan klaim bahwa mengkonsumsi mie instan cukup aman. Perlu diperhatikan bahwa jika sampai kamu mengkonsumsi mie instan dalam jumlah porsi yang terlalu banyak, itu tidak baik untuk tubuh kamu.

Sebab dengan mengkonsumsi mie instan dalam jumlah berlebih hanya akan menyebabkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kamu. 

Jika berpatokan studi yang ada pada “Journal of Nutrition”, dikatakan bahwa jika dalam waktu seminggu saja kamu sudah mengkonsumsi mie instan sebanyak 2 kali, maka akan ada kemungkinan bisa memicu risiko sindrom metabolik. 

Risiko sindrom metabolik bisa dikatakan secara sederhana yakni beberapa penyakit. Penyakit tersebut adalah hipertensi, kolesterol, gula darah yang akan tinggi, lemak yang akan berdiam di perut bahkan sampai dengan tingginya kadar trigliserida.

Baca Juga: 6 Jenis Buah-Buahan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil, Ini Alasannya!

Ibu Hamil Boleh Mengkonsumsi Mie Instan

Sama dengan namanya, mie instan adalah makanan yang disajikan dengan cara yang instan dan praktis anti ribet. Khususnya bagi kamu yang sedang dalam saat darurat, dengan makan mie instan bisa jadi solusi terbaik.

Bahkan tidak jarang juga bagi beberapa ibu yang sedang hamil, jika merasa lapar dan ingin makan makanan yang praktis, memilih untuk mengkonsumsi mie instan. Kendati demikian, perlu kamu perhatikan juga mengenai hal tersebut.

Makanan dan minuman apapun yang masuk dan dikonsumsi oleh sang ibu hamil bisa memberikan suatu dampak. Dampak atau efek-efek tersebut bisa juga berupa tumbuh dan kembang janin yang masih dikandung ibu.

Sebagai contohnya, adanya kandungan berupa garam, dan juga adanya kandungan sodium yang terlalu tinggi dan besar pada satu kemasan mie instan, bisa juga memberikan efek terhadap tingginya tekanan darah. Terjadinya hipertensi yang dialami oleh ibu yang sedang mengandung adalah keadaan yang dinilai cukup bahaya. Bahaya juga untuk ibu dan buah hati atau janin yang masih dalam kandungan.  

Jika membahas aturan tentang mie instan yang dikonsumsi oleh ibu hamil, sebenarnya tidak ada secara khusus. Belum ada aturan mengenai berapa jumlah porsi mie instan yang bisa dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung.

Tetapi, sebenarnya juga tidak masalah jika ibu hamil sangat menginginkan mengkonsumsi mie instan. Pastinya harus dalam jumlah porsi atau takaran yang masih wajar, usahakan jangan sampai mengkonsumsinya dengan berlebihan. 

Baca Juga: Kenali Jam Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil Supaya Tetap Sehat

Tips Untuk Ibu Hamil yang Ingin Konsumsi Mie Instan, Agar Nutrisi Tetap Terlengkapi

Berikut ini tips agar kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil bisa tetap terpenuhi dengan mengkonsumsi mie instan. Simak yuk!

1. Mengurangi Bumbu dalam Kemasan Mie Instan

Ibu hamil yang sudah ingin mengkonsumsi mie instan sebaiknya untuk lebih mengurangi bumbu yang ada dalam kemasan mie instan tersebut. Bisa dilakukan hanya dengan menuangkan setengahnya saja dari bumbu yang tersedia dalam kemasan. Bisa juga dengan cara membuat bumbu sendiri, agar rasanya tetap lezat.

2. Menambahkan Sumber Protein

Penuhi kebutuhan nutrisi dengan mencampurkan mie instan dengan daging, telur, ikan atau bisa juga tambahkan makanan laut. Bisa dibentuk variasi berupa potongan daging.

3. Menambahkan Sayur-Sayur

kamu harus menambahkan sayuran dalam mie instan. Tentunya agar kebutuhan nutrisi tetap tercukupi untuk ibu hamil. kamu dapat memberikan potongan wortel, tomat, sawi hijau, potongan brokoli, irisan bayam dan masih banyak yang lainnya.

Usahakan masak hingga benar-benar matang. Selain itu, sebaiknya tidak menambahkan nasi saat mengkonsumsi mie instan. Sebab, akan meningkatkan karbohidrat yang terlalu banyak, hal itu bisa memberikan dampak buruk yaitu adanya risiko diabetes terhadap kehamilan.

Mie instan adalah makanan yang dalam kategori olahan. Maka dari itu, ibu hamil harus memperhatikan jumlah porsi jika memang ingin mengkonsumsi mie instan. Sebaiknya untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih. 

Baca Juga: Daftar Resep Masakan Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Mual & Mudah Dibuat

Demikian adalah beberapa ulasan mengenai makan mie instan untuk ibu hamil. Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, ibu hamil harus menjaga pola makan dan makanan apa saja yang dikonsumsinya agar ibu dan janin tetap sehat. Alangkah lebih baik tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. 

Agar gizi ibu hamil seimbang, terus konsumsi makanan bernutrisi dan sehat. Kamu bisa belanja segala kebutuhan makanan sehat, buah-buahan, sayuran dan lainnya untuk memenuhi gizi saat kehamilan dengan Astro. Cukup pesan dari rumah lewat aplikasi Astro, pesanan kamu akan sampai dalam waktu 15 menit. Yuk, coba pesan di Astro sekarang!

Referensi:

Bolehkah Makan Mi Instan saat Hamil?

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu