Terbongkar! Ini Manfaat Susu Almond Untuk Ibu Hamil

Ada banyak manfaat susu almond yang dapat ibu hamil coba jika bosan minum susu yang biasa dikonsumsi. Tidak hanya rasanya yang lezat saja, tetapi kamu juga dapat memperoleh berbagai manfaat dari susu almond ini. Bahkan, untuk ibu hamil yang memiliki alergi susu sapi, maka susu almond dapat menjadi solusi yang tepat untuk kamu. 

Lalu, manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan jika minum susu almond? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: Ini Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil yang Harus Dipahami

Berbagai Manfaat Susu Almond 

Biasanya susu almond menjadi minuman untuk mereka yang sedang melakukan program diet demi mendapatkan berat badan ideal. Tetapi, faktanya adalah susu almond juga memberikan berbagai manfaat untuk kehamilan seperti: 

1. Menjaga Berat Badan ketika Hamil 

Seperti pada ulasan di atas jika susu almond bisa bermanfaat untuk mencegah kenaikan berat badan. Hal tersebut juga berlaku ketika hamil. Dengan kandungan kalori yang sangat rendah sehingga bisa mencegah berat badan melonjak berlebihan ketika hamil sebab naiknya berat badan selama masa kehamilan ini tidak bisa kamu hindari. 

Walaupun sedang menjalani diet, nutrisi wajib terpenuhi supaya kamu dan sang jabang bayi tetap sehat. Apabila kamu sedang diet, susu almond dapat menjadi solusi untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan. Selain itu, susu almond tidak memiliki kandungan produk olahan hewani sehingga bagus dikonsumsi untuk diet selama masa kehamilan. 

2. Mencegah Diabetes Gestasional 

Manfaat selanjutnya dari susu almond jika dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu menjadi minuman yang rendah akan gula. Apabila kamu menderita diabetes tipe ini, maka kamu perlu mengkonsumsi susu almond. Gula yang terdapat di susu ini tidak memiliki dampak negatif untuk tubuh dan bisa membantu kamu untuk mengelola penyakit diabetes dengan baik.

Itulah mengapa, susu almond sangat cocok untuk menghindari diabetes ketika masa kehamilan. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Susu Almond kamu di ASTRO!

3. Jantung Ibu dan Bayi Terjaga 

Susu almond yang rendah kolesterol ini bisa membantu menjaga jantung ibu dan bayi agar tetap sehat serta memperlancar peredaran tubuh. Selain bagus untuk kesehatan jantung, susu almond juga memiliki manfaat yaitu bagus untuk kesehatan tulang. 

Selama masa kehamilan, tentunya tulang memerlukan nutrisi tambahan supaya kamu tidak mudah pegal-pegal. Itulah sebabnya kamu memerlukan makanan yang kaya akan kalsium saat hamil. Susu almond sendiri merupakan sumber kalsium dan bisa membantu menjaga tulang kamu tetap kuat dan sehat. 

4. Melancarkan ASI 

Saat kamu memasuki masa kehamilan trimester ketiga, maka kamu harus mempersiapkan diri untuk masa menyusui. Untuk itu, susu almond bisa membantu kamu untuk melancarkan ASI sebab minuman ini memiliki kandungan lemak baik atau HDL. 

Selain itu, susu almond merupakan sumber mineral dan vitamin seperti Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B12 dan Kalsium. Pastinya semua kandungan tersebut bagus untuk masa kehamilan kamu. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

5. Membantu Perkembangan Saraf Bayi 

Manfaat susu almond untuk ibu hamil selanjutnya yaitu menjadi sumber omega-3 yang memiliki peran penting guna mencerdaskan otak bayi dan menghindari cacat pada saraf. Dikutip dari sebuah studi University of Maryland School of Medicine, susu yang satu ini memiliki kandungan omega-3 yang bagus untuk perkembangan saraf janin. 

Lalu, susu ini juga memiliki peran penting untuk menentukan berapa lama kehamilan serta mencegah terjadinya depresi perinatal. Kandungan asam lemak bagus untuk masa kehamilan sebab menjadi tumbuh kembang retina dan otak bayi. 

6. Penangkal Radikal Bebas yang Berbahaya

Selain bisa membantu perkembangan saraf bayi, ternyata susu almond pun mengandung vitamin dan antioksidan. Dengan kandungan tersebut maka dapat membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan janin dan ibu. 

7. Membantu Memenuhi Asupan Magnesium 

Tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh, mineral lainnya yang sangat penting untuk ibu hamil yaitu magnesium. Dikutip dari Nutrition Reviews, magnesium sendiri bisa mencegah bayi terlahir prematur, intrauterine growth restriction (IUGR) dan preeklampsia. 

Selain itu, ada juga kandungan Vitamin B9 dan folat yang sangat penting untuk membantu membentuk sistem saraf pusat dan otak bayi yang sehat. Folat bisa melindungi bayi agar terhindar dari kecacatan tabung saraf saat proses pertumbuhan prenatal. 

8. Mengurangi Stres dan Tidur Lebih Nyenyak 

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan dari susu almond ini adalah manfaat magnesium yang ada di susu almond bisa membantu menurunkan hormon kortisol sehingga kamu tidak mudah stres dan lebih rileks serta kualitas tidur saat masa kehamilan lebih baik. Hal tersebut berdasarkan Journal of Natural Medicines.

Nah, itu tadi ulasan mengenai manfaat susu almond untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui. Setelah membaca ulasan di atas tentunya kamu ingin langsung membeli susu almond sekarang juga, bukan? kamu bisa membeli produk susu almond berkualitas hanya di Astro. Pesan sekarang lewat aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store.

Baca Juga: Ini Manfaat Minum Santan Kelapa Untuk Kesehatan

Arie Wahyu
Arie Wahyu