Ini Keunggulan Susu Kedelai Dibanding Susu Sapi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Ini Keunggulan Susu Kedelai Dibanding Susu Sapi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Pada umumnya, orang akan lebih mengenal susu adalah susu sapi. Namun, bagi sebagian orang lainnya tentu sudah tidak asing dengan susu kedelai. Bahkan ada yang mengungkapkan bahwa ada keunggulan susu kedelai dibanding susu sapi.

Mungkin, ungkapan tersebut masih asing untuk masyarakat. Karena, memang dari dulu sudah terlalu akrab dengan susu sapi dibanding susu yang lain. Jika dibayangkan tentu saja bingung bagaimana bisa kedelai diolah menjadi susu.

Perlu kamu ingat dengan baik, bahwa susu kedelai juga punya kandungan yang baik untuk tulang berupa kalsium. Kalsium yang ada di dalam susu kedelai tersebut juga sedikit menyerupai kandungan kalsium yang ada di dalam susu sapi itu sendiri. 

Namun, susu kedelai kurang memberikan manfaat yang lengkap untuk kesehatan tubuh. Kendati demikian, nutrisi yang ada di dalam susu kedelai cukup mudah dalam penyerapan dalam tubuh, itu sama saja dengan proses penyerapan susu sapi.

Baca Juga: Penjelasan Apakah Susu Kedelai Bagus Untuk Diet

Perbandingan Antara Susu Kedelai dengan Susu Sapi Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

Berikut ini adalah ulasan tentang perbedaan yang ada dalam kandungan susu kedelai dengan susu sapi bagi kesehatan tubuh yang wajib kamu ketahui. Penasaran apa saja, perhatikan yuk!

1. Energi 

Pertama, dalam kandungan energinya, susu memang diperkaya dengan sumber energi yang bagus untuk tubuh. Energi yang dihasilkan dalam susu kedelai serta dari susu sapi sama saja dari protein, karbohidrat dan juga lemak. Namun, susu kedelai cenderung memiliki kandungan lemak yang minim.

Bahkan, jika kamu sedang diet juga bisa mengkonsumsi susu kedelai yang memiliki kandungan kalori yang sedikit. Maka sangat bagus untuk kamu yang sedang dalam proses menurunkan berat badan tanpa takut kehilangan energi karena diet. Sehingga, tubuh kamu tidak akan terasa lemas.

2. Karbohidrat

Susu kedelai memiliki kandungan karbohidrat yang dinilai sangat sedikit dibanding dengan kandungan karbohidrat dalam susu sapi. Karena, susu kedelai tidak ada kandungan laktosa di dalamnya.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Susu Kedelai di ASTRO!

Ini Keunggulan Susu Kedelai Dibanding Susu Sapi yang Tidak Banyak Orang Tahu

3. Protein

Nutrisi berupa kandungan protein yang ada dalam susu kedelai lebih sedikit dari susu sapi yakni hanya 7 gram saja. Sedangkan protein dalam susu sapi adalah 8,2 gram atau 7,9 gram.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena tubuh juga memerlukan protein dari nabati yang bagus untuk kesehatan. Dengan begitu kamu sudah berupaya untuk melindungi jantung, dan juga peredaran pada darah agar tetap sehat.

Baca Juga: Kenali Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

4. Lemak Susu dan Kolesterol

Selanjutnya adalah kandungan lemak yang terkandung di dalam satu gelas susu sapi saja adalah 7,9 gram. Sedangkan dalam satu gelas susu kedelai hanya 4 gram saja, atau bisa dikatakan bahwa kandungan lemak dalam susu kedelai cukup sedikit dibanding susu sapi.

Dengan minum susu kedelai yang kandungan lemaknya cukup rendah itu juga bagus untuk mencegah adanya kolesterol dalam tubuh. Karena selain itu, susu kedelai hanya memiliki kandungan lemak jenuh yang sedikit.

5. Mineral

Mineral dan juga vitamin yang ada dalam susu sapi memang cukup banyak. Ada kandungan vitamin B2, vitamin B12 dan kalsium, serta fosfor. Lalu pada susu sapi sendiri ada kandungan vitamin D yang dinilai sangat tinggi di dalam susu sapi daripada kandungan lain.

Sedangkan pada susu kedelai adalah vitamin B kompleks, fosfor dan juga kandungan kalsium yang cenderung lebih minim. Oleh sebab itulah, susu kedelai harus diperkaya berupa vitamin dan juga mineral dengan alami yang ada dalam susu sapi.

Keunggulan Susu Kedelai dari Susu Sapi

memang banyak yang menjadikan susu kedelai sebagai susu alternatif pengganti susu sapi atau alternatif susu sapi saja. Alasannya karena susu kedelai dianggap sama dengan susu sapi dan setara saja. Berikut ini adalah keunggulan susu kedelai yang wajib kamu ketahui. Simak yuk!

  1. Sumber kalium yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan kaya akan vitamin B kompleks, vitamin D dan vitamin A serta kalsium;
  2. Ada kandungan protein di dalamnya yang sama dengan kandungan protein pada susu sapi;
  3. Ada kandungan kalori yang lebih murni yakni sama dengan 1% sampai 2%  susu sapi;
  4. Kandungan lemak jenuh di dalamnya sangatlah sedikit dibanding dengan susu sapi pada umumnya. Maka dari itu susu kedelai bagus untuk menurunkan berat badan atau diet.

Baca Juga: Ini Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil yang Harus Dipahami

Demikian ulasan singkat tentang keunggulan susu kedelai dibanding susu sapi yang tidak banyak orang tahu. Jika kamu membutuhkan segala keperluan makanan dan minuman atau susu kedelai bisa belanja di Astro yang menyediakan pilihan susu kedelai berkualitas dengan pelayanan selama 24 jam penuh serta pengantaran cepat hanya hitungan menit. Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu