Penjelasan Apakah Susu Kedelai Bagus Untuk Diet

Penjelasan Apakah Susu Kedelai Bagus Untuk Diet

Apakah susu kedelai bagus untuk diet? Ketika kamu sedang menjalani program diet, pastinya asupan makanan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan. Susu kedelai sendiri dapat kamu manfaatkan menjadi alternatif dari susu sapi. Jenis susu ini dibuat dari kedelai yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat. 

Susu kedelai terkenal akan kandungan protein yang sangat melimpah. Tidak hanya itu, susu kedelai yang berasal dari tumbuhan mempunyai sifat bebas kolesterol dan rendah lemak Tentunya sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang tidak bisa mengkonsumsi susu sapi. Lalu, apakah benar susu kedelai bisa membantu turunkan berat badan? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: 5 Jenis Oat Untuk Diet Yang Mudah, Murah, dan Sehat!

Turunkan Berat Badan dengan Susu Kedelai 

Berdasarkan penjelasan Science Daily, penelitian menunjukkan jika saat mengkonsumsi kedelai meningkat, justru berat badan bisa menurun. Sebagian kandungan kedelai adalah protein namun juga mengandung lemak dan karbohidrat dalam jumlah yang seimbang. Di bawah ini fakta nutrisi untuk 100 gram kedelai rebus: 

  • 4,47 gram omega-6 
  • 0,6 gram omega-3
  • 5,06 gram lemak tak jenuh 
  • 1,98 gram lemak tunggal 
  • 1,3 gram lemak jenuh 
  • 9 gram lemak 
  • 6 gram serat 
  • 3 gram gula 
  • 9,9 gram karbohidrat 
  • 16,6 gram protein 
  • 63% air 
  • 173 kalori 

Kedelai merupakan salah satu pasokan protein nabati terbaik. Kandungan protein kedelai yakni 36-56% dari berat. Dalam 172 gram atau satu gelas kedelai rebus mengandung 29 gram protein. Nilai gizi protein dalam kedelai juga tergolong sangat bagus, walaupun kualitasnya tidak banyak protein hewani. 

Jenis protein utama pada kedelai yaitu conglycinin dan glycinin yang menyusun sebanyak 80% dari jumlah kandungan protein. Protein ini bisa memicu reaksi alergi untuk sebagian orang. Konsumsi protein kedelai sudah dihubungkan dengan sedikit penurunan kadar kolesterol. 

Lalu, kedelai juga diklasifikasikan menjadi biji minyak dan dipakai guna membuat minyak kedelai. Kandungan lemaknya sekitar 28% dari berat kering khususnya asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, dengan lemak jenuh yang sedikit. Jenis lemak yang paling dominan pada kedelai merupakan asam linoleat yang bisa mencapai 50% dari jumlah kandungan lemak. 

Manfaat Susu Kedelai 

Ada beberapa manfaat susu kedelai selain bisa menurunkan berat badan, diantara yaitu: 

1. Rendah kalori 

Daripada susu sapi, susu kedelai memiliki kalori yang rendah. Manfaat susu kedelai sangat cocok untuk kamu yang ingin mengurangi berat badan. Minum susu kedelai setiap hari bisa mencegah obesitas yang dihubungkan dengan berbagai penyakit kronis. 

2. Mencegah diabetes 

Kandungan isoflavon pada kedelai diteliti bisa mengurangi resiko diabetes. Isoflavon kedelai bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan adanya kandungan ini, sel-sela bisa merespon lebih banyak akan insulin dan menyerap glukosa  lebih banyak juga. 

Dalam diabetes tipe 2, sel tubuh akan menyerap lebih sedikit gula yang ada di aliran sarah. Ini menjadikannya beredar dan mengakibatkan kerusakan. Insulin merupakan hormon yang mengelola glukosa atau gula darah yang masuk ke dalam sel guna diubah menjadi energi. 

3. Membantu turunkan kolesterol 

Manfaat dari susu kedelai selanjutnya yakni membantu menurunkan kadar kolesterol. Protein kedelai bisa membantu turunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Kedelai membantu menyeimbangkan LDL tanpa mempengaruhi kolesterol baik. Manfaat susu kedelai juga rendah lemak sehingga bisa menurunkan resiko kolesterol tinggi. 

Baca Juga: Mengenal Cara Diet Debm yang Baik dan Benar

4. Mencegah resiko penyakit jantung 

Protein kedelai bisa membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan pada jangka panjang bisa menurunkan kemungkinan resiko penyakit jantung. 

Pasokan isoflavon yang cukup tinggi dihubungkan dengan pengurangan moderat pada resiko penyakit jantung. Manfaat dari susu kedelai juga bisa membantu melawan peradangan yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung. 

5. Mengurangi resiko kanker payudara 

Manfaat susu kedelai juga bisa menurunkan resiko terjadinya kanker payudara, Manfaat ini dapat kamu peroleh berhubungan dengan kandungan protein yang sangat tinggi pada susu kedelai. Tidak perlu cemas, susu masuk golongan aman untuk dikonsumsi, bahkan untuk seorang pernah mengalami penyakit kanker. 

6. Menyehatkan tulang 

Manfaat susu kedelai pun sangat penting guna membantu meningkatkan asupan kalsium. Tubuh akan mengandalkan kalsium yang ada pada makanan guna mempertahankan jaringan tulang yang kuat dan padat. Dalam secangkir susu kedelai bebas gula mengandung 301 miligram kalsium. Ini menyumbang sekitar 30% asupan kalsium harian yang dianjurkan. 

7. Membantu fungsi dalam pembuluh darah 

Lalu, zat besi yang ada pada susu kedelai bisa membantu pembuluh darah berfungsi dengan normal. Hal tersebut membantu memastikan jika semua jaringan pada seluruh tubuh memperoleh oksigen yang mereka perlukan. 

8. Menyehatkan kulit 

Manfaat susu kedelai lainnya yaitu memperlihatkan dampak anti inflamasi, perlindungan UV pada kulit, pencerah kulit, antioksidan dan merangsang kolagen. Kacang kedelai memiliki kandungan bahan bioaktif seperti proanthocyanidins, trypsin, inhibitor, isoflavonoid dan tanin. Seluruh senyawa tersebut membuat manfaat susu kedelai sangat bagus untuk kesehatan kulit. 

9. Mengurangi resiko menopause 

Manfaat susu kedelai pun bagus untuk mengatasi resiko gejala menopause karena memiliki kandungan isoflabonnya. Isoflavon merupakan kelas fitoestrogen yang berfungsi seperti estrogen dalam tubuh. 

Tingkat estrogen mengurang selama menopause, mengakibatkan gejala salah satunya yaitu hot flashes. Sebab kedelai bertindak menjadi estrogen alami, kedelai bisa membantu mengurangi gejala tersebut. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks untuk Diet Sehat

Nah, jadi ulasan di atas merupakan jawaban dari apakah susu kedelai bagus untuk diet. Saat ini kamu sudah tidak penasaran lagi tentang penggunaan susu kedelai dalam program diet. Semoga informasi diatas bermanfaat dan berguna untuk kamu, ya!

Oiya, buat kamu yang mau coba susu kedelai sebagai asupan sehat untuk diet, pastikan kamu belanja di Astro. Astro merupakan platform quick commerce yang punya ribuan produk berkualitas. Produk di Astro siap dipesan selama 24 jam penuh dengan pengantaran cepat sampai hanya dalam hitungan menit. Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang untuk dapatkan pengalaman belanja kebutuhan yang cepat!

Arie Wahyu
Arie Wahyu