Ini Alasan Mengapa Cuci Tangan Menggunakan Sabun 

Mencuci tangan adalah hal yang sangat sederhana tetapi memiliki segudang manfaat, salah satunya dapat melindungi kamu dari berbagai penyakit karena bakteri dan kuman yang menempel di tangan mu. Tetapi, praktik kebersihan ini ada baiknya tidak kamu lakukan secara sembarangan. Tetapi, harus tepat dengan memakai sabun cuci tangan. 

Mengapa cuci tangan menggunakan sabun harus dilakukan? Sebab jika hanya memakai air saja dan tidak memakai sabun merupakan cara yang salah. Kamu harus tahu jika air saja tidak sanggup menghilangkan bakteri dan kuman yang ada di tangan mu. 

Mencuci tangan dengan benar tentunya bisa sangat efektif untuk menghindari terjadinya penyakit dalam tubuhmu. Oleh sebab itu, mari cari tahu alasan pentingnya mencuci tangan memakai sabun seperti berikut ini. 

Baca Juga: Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun, Gak Cuma Usir Kuman

Berikut Pentingnya Mencuci Tangan Memakai Sabun 

Apakah kamu tahu jika kotoran atau feses dari hewan maupun manusia adalah sumber kuman, seperti norovirus, E.coli, dan Salmonella yang bisa mengakibatkan kamu terserang penyakit diare. Bahkan, feses tersebut pun dapat menyebarkan berbagai infeksi saluran pernapasan, misalnya adenovirus dan penyakit pada mulut, kaki dan tangan. 

Kebiasaan mencuci tangan memakai sabun menjadi hal yang sangat penting pada rantai pertahanan kesehatan, khususnya pada masa pandemi seperti sekarang ini. Walaupun terlihat sederhana, kebiasaan mencuci tangan memakai air mengalir dan sabun adalah sebuah investasi kesehatan untuk waktu yang lama sebab bisa menekan penularan penyakit. 

The Global Handwashing Partnership mengungkapkan manfaat yang dapat diperoleh lewat mencuci tangan memakai sabun, yaitu: 

  • Menekan risiko terjadinya infeksi saluran pernafasan kronis sekitar 16-23% 
  • Menurunkan risiko terkena pneumonia sebanyak 50% 
  • Menekan substansial terhadap infeksi neonatal 
  • Menurunkan risiko terkena diare endemik sampai 48% 

Mencuci tangan memakai sabun juga sudah terbukti bisa menurunkan angka kematian bayi akibat infeksi sebanyak 27%. Mencuci tangan memakai sabun pun bisa menghindari terserang penyakit lainnya seperti SARS, Ebola dan infeksi yang banyak ditemukan di rumah sakit. 

Tetapi sayangnya, kesadaran terhadap mencuci tangan memakai sabun ini sangat rendah. Hanya ada 19% orang di seluruh belahan dunia yang mencuci tangan memakai sabun sesudah BAB dan 35% fasilitas kesehatan tak mempunyai sabun dan air untuk mencuci tangan. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk merubah kebiasan tersebut dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan menggunakan sabun khususnya sebelum dan sesudah makan, menyiapkan makan, setelah ke toilet dan setelah bersin. Kebiasaan ini perlu disadari guna pola hidup yang lebih sehat. 

Baca Juga: Astro Goods Hand Wash, Produk Sabun Cuci Tangan Terbaru dari Astro Goods yang Lembut dan Melembabkan

Mencuci Tangan Memakai Sabun Biasa juga Bisa 

Masih banyak orang yang menganggap jika mencuci tangan perlu memakai sabun antibakteri. Nyatanya, kamu dapat memakai sabun biasa saat mencuci tangan. Terkecuali untuk mereka pada ahli medis yang disarankan untuk memakai sabun antibakteri. 

Yang berarti, kamu tetap dapat memakai sabun biasa. Tetapi, saat mencuci tangan, wajib untuk kamu menggosokan kedua tangan memakai sabun. Pastikan pula untuk memakaikan sabun ke seluruh bagian tangan seperti punggung, bawah kuku dan sela-sela jari. 

Menggosokan tangan bisa membuat gesekan yang bisa mengangkat kotoran, mikroba dan minyak dari kulit. Mikroba ada di seluruh bagian tangan dan kerap kali pada konsentrasi tinggi pada bawah kuku. Sehingga, seluruh tangan wajib kamu gosok. 

Setidaknya, gosoklah tangan sekitar 20 detik dengan memakai sabun guna memperoleh kebersihan yang maksimal. Sebetulnya durasi menggosok tangan ini tergantung dari banyaknya dan jenis aktivitasmu. 

Untuk beberapa orang yang selalu terpapar kuman, seperti ahli medis, dianjurkan guna menggosok tangan dengan lebih lama. Walaupun demikian, sejauh ini para profesional medis menganggap menggosok tangan selama 15-30 detik menggunakan sabun bisa menghilangkan banyak kuman pada tangan dibandingkan waktu yang sebentar. 

Akibat dari Tidak Mencuci Tangan Memakai Sabun 

Kamu harus tahu jika jenis kuman seperti norovirus, E. coli dan Salmonella dapat menempel pada tanganmu sesudah kamu memakai toilet maupun menggantikan popok si Kecil, namun bisa pula dengan cara lain yang tidak kamu sadari, seperti sesudah memegang daging yang masih mentah yang mempunyai feses hewan dalam jumlah yang tak nampak. 

Saat kuman menempel di tangan mu, kuman tersebut dapat masuk ke dalam tubuh saat kamu menyentuh wajah, khususnya bagian mulut, hidung dan mata jika kamu tidak benar ketika mencuci tangan. Tidak hanya itu, jika kamu memegang benda-benda menggunakan tangan yang telah terkontaminasi pun dapat menyebarkan kuman pada orang lain. 

Sesudah membaca ulasan di atas, sekarang kamu menjadi tahu alasan mengapa cuci tangan menggunakan sabun sangat penting untuk kamu lakukan. Kamu bisa membiasakan diri untuk rajin mencuci tangan mulai sekarang. 

Saat ini kamu bisa memperoleh produk kebersihan tangan, salah satunya sabun cuci tangan maupun produk perawatan kesehatan lainnya melalui aplikasi Astro! Produk cuci tangan dari Astro seperti Calm Lavender Bergamot Hand Wash, Balance Cedarwood Geranium Hand Wash dan Energize Spearmint Orange Hand Wash yang tentunya lembut di kulit, melembabkan, dan cocok untuk penggunaan kulit sensitif. 

Tidak hanya itu, produk cuci tangan ini pun menggunakan 100% essential oil, oat protein sebagai pelembabnya, berfomulasi antibakteri yang efektif membunuh 99.9% bakteri E.coli & S.aureus, tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya seperti SLS dan paraben, dan sudah terdaftar di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengetahui Kulit Sensitif atau Tidak

Langsung saja dapatkan produk cuci tangan dari Astro sekarang juga melalui aplikasi Astro yang tersedia di App Store dan Play Store. Belanja di Astro tidak perlu menunggu lama karena belanjaanmu akan diantar dalam hitungan menit saja!

Arie Wahyu
Arie Wahyu