Ketahui Cara Mengetahui Kulit Sensitif atau Tidak

Ketahui Cara Mengetahui Kulit Sensitif atau Tidak

Memiliki karakter kulit tubuh dan kulit wajah yang sensitif adalah hal yang tidak membuat nyaman. Sebab, bisa dibilang bahwa jika seseorang memiliki kulit yang sensitif maka tidak bisa sembarangan dan membutuhkan produk perawatan yang sangat khusus. Sangat berbeda apabila dibandingkan dengan orang yang memiliki karakteristik kulit yang normal atau biasa saja.

Pada umumnya orang yang memiliki kulit sensitif akan mudah mengalami gatal-gatal, ruam, bahkan jika berada di bawah paparan sinar UV atau matahari saja bisa jadi masalah pada kulit. Tentu saja jika kamu mendapati ciri-ciri seperti yang sudah disebutkan tersebut, bisa saja kamu memiliki kulit yang sensitif. 

Maka dari itu, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu apakah kulit kamu sifatnya sensitif atau malah sebaliknya. Hal ini juga sangat penting dilakukan karena akan berhubungan dengan bagaimana nantinya kamu harus melindungi kulit kamu.

Jika diperhatikan kembali, kulit yang sangat sensitif tentu tidak akan mudah menyerap produk tertentu. Serta masih banyak faktor lainnya yang menyebabkan kulit sensitif.

Baca Juga: Kenali Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dengan Kapas

Ciri dari Kulit Sensitif atau Tidak

Demi kebaikan dan kesehatan kamu sendiri tentunya tidak ingin sampai terjadi hal yang tidak diinginkan. Terutama jika sudah menyangkut masalah dalam kesehatan kulit. Ada seseorang yang memang memiliki karakter kulit yang sensitif ada juga orang yang tidak memiliki karakter kulit yang sensitif atau biasa saja.

Langkah terbaik adalah mengetahui terlebih dahulu apakah kulit kamu sensitif atau tidak supaya bisa mencegahnya dengan berbagai macam produk pelindung kulit dan sejenisnya. Berikut ini adalah ciri-ciri kulit sensitif atau tidak yang wajib diketahui. Intip yuk!

  1. Pertama, kulit akan mudah mendapatkan reaksi apabila ada produk yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Misalnya sabun, parfum, deterjen pembersih pakaian dan sejenisnya;
  2. Mulai gatal saat dalam kondisi udara dan suhu yang terlalu kering dan juga dingin;
  3. Kulit akan terasa kering bahkan karena terlalu kering jadi mudah terkelupas;
  4. Kulit akan mudah timbul jerawat;
  5. Kulit akan mudah merasakan sensitif terhadap paparan sinar UV atau matahari.

Solusi Mengatasi Kulit Tubuh yang Sensitif

Apabila kamu memiliki ciri-ciri dari adanya tanda bahwa kulit kamu sensitif, sebaiknya segera cari solusinya agar masalah kulit kamu yang sensitif tersebut tidak semakin parah berkelanjutan. Maka dari itu, berikut ini adalah cara untuk mengatasi kulit yang sensitif, kamu bisa coba sendiri.

1. Menggunakan Pelembab

Kulit yang sensitif tentu saja bisa membuat kamu tidak nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Apalagi jika kamu memang harus bekerja di lapangan yang penuh dengan rintangan. 

Kamu bisa mencegah kulit iritasi dengan menggunakan pelembab. Pelembab atau secara umum dikenal dengan lotion. Gunakan Lotion hypoallergenic yang bisa membantu dan mengurangi jika kulit kering.

Kulit yang terlalu kering maka akan mudah iritasi karena sensitif. Tidak hanya menggunakan lotion saja tetapi kamu juga bisa menggunakan beberapa jenis minyak khusus seperti minyak kelapa, shea butter, dan minyak sejenisnya.

2. Menggunakan Tabir Surya

Jika demi kesehatan kulit semua upaya harus dilakukan. Salah satu solusi terbaiknya adalah menggunakan tabir surya. Pada umumnya dalam tabir surya memiliki spektrum yang sangat luas.

Terdapat beberapa faktor perlindungan yang beragam, terdapat SPF 30 dan SPF 50. Berapapun SPF yang kamu gunakan tetap memiliki fungsi yang sama. Tentu saja sama-sama akan melindungi kondisi kulit kamu yang sensitif dari paparan sinar matahari (UV).

3. Menggunakan Oatmeal Koloid

Cara untuk mengatasi kulit yang sensitif juga bisa mencobanya dengan oatmeal koloid. Perlu kamu ketahui bahwa kandungan yang ada dalam oatmeal koloid bisa membantu dalam perlindungan kulit sensitif yang kamu miliki.

Jika kamu mengalami tanda-tanda kemunculan kulit yang sensitif, maka bisa lakukan pencegahan. Lindungi dengan oatmeal koloid, jika sudah bekerja dengan baik maka kandungan pada oatmeal koloid tersebut bisa membuat gejala sensitif mereda.

Cara Lain yang Bisa Dilakukan

Tidak hanya beberapa solusi diatas, kamu juga bisa mencegah kulit sensitif dengan beberapa langkah dan cara di bawah ini, simak yuk!

  1. Mandi kurang dari 10 menit saja;
  2. Mandi dan cuci tangan tidak memakai air panas;
  3. Tidak menggunakan parfum dengan aroma tajam
  4. Tidak menggunakan deterjen dan bahan kimia lainnya/hindari menyentuh kulit secara langsung.

Baca Juga: Fakta Menggunakan Sabun Bayi Untuk Kulit Wajah

Demikian langkah yang bisa kamu lakukan mengenai cara mengetahui kulit sensitif atau tidak dengan mudah. Jika kamu membutuhkan segala produk perawatan kulit bisa lakukan pemesanan di Astro. Astro punya layanan 24 jam non stop dan pesanan kamu akan datang cepat kilat. Download aplikasi Astro di Google Play Store atau App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu