Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun, Gak Cuma Usir Kuman

Rasanya hanya sebagian orang yang benar-benar peduli dengan kebersihan tangan. Bahkan, ada pula beberapa orang yang tidak mencuci tangannya sesudah memakai toilet umum. Apakah kamu menjadi salah satu diantaranya? Kamu harus ingat, jika tempat tersebut dihuni oleh jutaan kuman dan bakteri yang bisa mendatangkan penyakit. 

Berdasarkan studi pada American Society for Microbiology, hanya ada 83% orang yang mencuci tangannya sesudah memakai toilet umum. Memberikan pemberitahuan seperti papan pengingat “Selalu Cuci Tanganmu” tidak cukup banyak membantu. 

Keadaan ini tidak hanya terjadi di kalangan masyarakat saja. Ada beberapa dokter yang bahkan abai akan kebersihan tangannya. Pada sebuah riset, hanya 88% dokter wanita yang membersihkan tangannya sesudah melakukan kontak langsung dengan pasiennya.  

Sedangkan, pada pria sangat rendah, yakni hanya sekitar 54% saja. Di Swiss, negara yang populer dengan kebersihannya, hanya ada 57% dokter yang menjalani pedoman kebersihan tangan. 

Terlebih dari apapun profesinya, ada banyak manfaat cuci tangan pakai sabun untuk semua orang. Kebiasaan yang satu ini dapat melindungi diri sendiri dan orang disekelilingmu dari serangan berbagai penyakit. Lalu, apa saja manfaat dari mencuci tangan memakai sabun? 

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Cuci Tangan Menggunakan Sabun 

Dapatkan Manfaat Ini dari Mencuci Tangan 

Masyarakat harus sadar akan pentingnya mencuci tangan, hal ini bertujuan guna mencegah masyarakat terkena berbagai penyakit dan menyebarkan virus ke orang lain, serta menurunkan angka kematian karena penyakit menular. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mencuci tangan. 

1. Menghindari berbagai penyakit 

Berdasarkan studi pada US National Library of Medicine National Institute of Health, membersihkan atau mencuci tangan memakai sabun dan air sangat efektif guna menghilangkan bakteri yang berpeluang berasal dari kotoran, daripada mencuci tangan menggunakan air saja. Para pakar pada studi mengungkapkan, mencuci tangan dengan sabun dapat menghindari terjadi penularan penyakit diare. 

Manfaat dari mencuci tangan menggunakan sabun bukan hanya bisa menghindari kamu dari diare saja. Gaya hidup yang sehat ini dapat melindungi dari semua jenis penyakit yang berbahaya, seperti Covid-19, infeksi bakteri E.coli, flu, ISPA, sakit tenggorokan sampai cacingan. 

2. Membunuh berbagai kuman 

Tidak lagi menjadi rahasia jika kuman-kuman penyakit sangat mudah ditularkan lewat tangan. Sehingga, saat kuman masuk ke tubuhmu, maka resiko terkena penyakit sangat tinggi. Kamu harus ingat, walaupun tanganmu tampak bersih jika dilihat secara kasat mata, namun bisa jadi masih terdapat kuman yang singgah di tangan mu. 

Merujuk dari Kemkes, mencuci tangan menggunakan sabun bisa membersihkan berbagai kotoran dan meluruhkan kuman yang ada di tangan. Kuman dan kotoran masih menempel pada tangan jika kamu tidak mencuci tangan memakai sabun dan air bersih. 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh pakar dari Harvard University. Berdasarkan ahli di sana, air dan sabun merupakan cara atau teknik yang efektif guna membunuh berbagai kuman yang ada di tangan. 

3. Lebih efektif dibandingkan hand sanitizer

Sebuah studi dari American Society for Microbiology mengatakan jika mencuci tangan memakai air mengalir dan sabun, lebih efektif dibandingkan dengan mencuci tangan dengan setetes hand sanitizer. 

Mencuci tangan memakai sabun bisa mengeluarkan berbagai sel virus yang ada di tangan mu dan membilasnya menggunakan air mengalir pun dapat sepenuhnya menghilangkan virus dan membuangnya langsung pada saluran pembuangan. 

Tidak hanya itu, daripada menggunakan hand sanitizer, sabun dan air lebih efektif guna membersihkan tangan yang berminyak dan kotor. 

4. Menghindari peluang resistensi antimikroba 

Berdasarkan Badan Kesehatan Dunia atau biasa kita kenal dengan WHO, resistensi antimikroba, terutama resistensi akan antibiotik, selalu berkembang. Di Eropa sendiri, ada sebanyak seribu pasien yang akhirnya meninggal sebab infeksi yang berhubungan dengan perawatan kesehatan dan penyakit akibat dari resistensi kuman akan obat antimikroba. 

Menurut ahli di WHO, publik dan petugas kesehatan mempunyai tanggung jawab guna mengendalikan dan mencegah HAI dan AMR. Tujuannya yaitu mencegah komplikasi, bahkan kematian pada pasien. Lalu, bagaimana cara melakukan hal tersebut? 

Hal ini sebagian besar bisa dicegah dengan selalu mencuci tangan dengan benar. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa cara yang benar dalam mencuci tangan agar bisa menghilangkan seluruh bakteri yang ada di tangan penyebab berbagai penyakit. 

Cara Tepat dalam Mencuci Tangan 

Mencuci tangan menjadi cara efektif guna melindungi diri dan anggota keluargamu dari berbagai penyakit. Berdasarkan salah satu studi, membiasakan diri untuk mencuci tangan memakai air bersih dan sabun dapat menurunkan angka penderita diare sebanyak 23-40% dan berbagai penyakit pernapasan sekitar 16-21%. 

Di bawah ini merupakan cara tepat untuk mencuci tangan yang harus kamu lakukan: 

  • Basuh seluruh bagian tangan dengan air bersih 
  • Pakai sabun pada semua bagian tangan, jangan sampai ada yang terlewatkan 
  • Gosok seluruh bagian tangan sekitar 20 detik 
  • Bilas memakai air bersih yang mengalir dan keringkan dengan tissue 

Setelah mengetahui manfaat cuci tangan pakai sabun dan cara tepat mencuci tangan. Sangat diharapkan untuk kamu mulai memiliki kebiasaan rajin mencuci tangan agar menjaga kesehatanmu dan mencegah berbagai penyakit menyerang tubuhmu. 

Baca Juga: Astro Goods Hand Wash, Produk Sabun Cuci Tangan Terbaru dari Astro Goods yang Lembut dan Melembabkan

Dapatkan sabun cuci tangan yang berkualitas dan aman di tangan hanya di Astro! Sekarang kamu bisa mendapatkan produk sabun cuci tangan berkualitas dari Astro seperti Calm Lavender Bergamot Hand Wash, Balance Cedarwood Geranium Hand Wash dan Energize Spearmint Orange Hand Wash yang tentunya lembut di kulit, melembabkan, dan cocok untuk penggunaan kulit sensitif. 

Untuk mendapatkannya, kamu bisa klik banner di bawah untuk belanja langsung di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu