Fakta Mengejutkan! Selai Srikaya Ternyata Tidak Mengandung Buah Srikaya

Fakta Mengejutkan! Selai Srikaya Ternyata Tidak Mengandung Buah Srikaya

Kamu mungkin pernah mendengar tentang selai srikaya, sebuah selai manis dengan warna kekuningan yang biasa disantap sebagai isi roti atau sebagai bahan campuran es krim. Namun, tahukah kamu bahwa tidak semua selai srikaya yang dijual di pasaran mengandung srikaya? Ya, kamu tidak salah dengar. Selai srikaya ternyata tidak mengandung srikaya.

Baca Juga: Cara Membuat Selai Buah Homemade yang Gampang dan Enak

Apa itu Selai Srikaya?

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai fenomena selai srikaya yang ternyata tidak mengandung srikaya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu selai srikaya. Selai srikaya adalah salah satu jenis selai yang telah diolah menjadi tekstur yang halus dan manis. Selai srikaya biasanya memiliki rasa yang khas dan wangi yang harum.

Mengapa Selai Srikaya Tidak Mengandung Srikaya?

Kembali ke topik utama, mengapa selai srikaya tidak mengandung srikaya? Hal ini dikarenakan srikaya bukanlah bahan utama yang digunakan dalam pembuatan selai srikaya yang dijual di pasaran. Sebaliknya, bahan-bahan utama seperti kuning telur dan daun pandan, lebih sering digunakan untuk membuat selai srikaya. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan gula, santan, dan bahan-bahan lainnya untuk menciptakan tekstur yang mirip dengan selai srikaya yang terbuat dari buah srikaya asli. Perlu diketahui juga, dalam Bahasa Inggris sendiri, selai ini disebut sebagai egg jam atau selai telur, mencengangkan yah?.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa selai srikaya yang tidak mengandung srikaya tidak aman untuk dikonsumsi. Selai srikaya yang dijual di pasaran masih aman untuk dikonsumsi asal memenuhi standar keamanan pangan yang telah ditetapkan oleh otoritas terkait.

Proses Pembuatan Selai Srikaya

Berikut ini adalah resep selai karamel dengan bahan dan langkah-langkah pembuatannya:

Bahan-bahan:

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Selai Srikaya kamu di ASTRO!

Fakta Mengejutkan! Selai Srikaya Ternyata Tidak Mengandung Buah Srikaya

Cara Pembuatan:

  1. Siapkan panci, masak gula pasir dan gula merah sambil terus diaduk hingga menjadi karamel. Biarkan hingga dingin.
  2. Di wadah terpisah, campurkan kuning telur dengan santan kelapa. Aduk rata, lalu saring.
  3. Dengan api sedang, masukkan campuran bahan kuning telur dan santan ke dalam panci berisi karamel gula. Masukkan daun pandan.
  4. Masak dan aduk adonan hingga merata dan mengental.
  5. Setelah mengental, tuang selai ke dalam botol selai kaca. Tunggu hingga uap panasnya hilang dan dingin. Tutup, lalu simpan dalam kulkas.

Selai srikaya siap dinikmati dengan roti atau sebagai topping pada kue atau minuman favorit Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga: Selain Enak, Ini Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan dan Diet

Nah itulah tadi fakta menarik tentang selai srikaya yang sebenarnya bukan terbuat dari srikaya asli beserta resepnya, jika kamu ingin membuat resep srikaya sendiri di rumah, kamu perlu pastikan bahan – bahan yang kamu gunakan merupakan bahan yang berkualitas, salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan bahan makanan berkualitas dengan mudah tanpa perlu repot pergi ke pasar atau supermarket adalah dengan memesan melalui aplikasi Astro.

Dengan Astro, Kamu bisa belanja kebutuhan harianmu dengan hanya beberapa klik di ponselmu. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai sekarang kamu bisa belanja kebutuhan harian dengan lebih praktis dan efisien lewat aplikasi Astro.

Hakim Habibie
Hakim Habibie