Daftar Makanan yang Mengandung Kafein

Kita kerap kali menemukan kafein di dalam kopi. Kafein adalah senyawa alkaloid xantina yang memiliki cita rasa pahit dan bekerja menjadi obat diuretik ringan dan perangsang psikoaktif. Kafein pun terdapat pada beberapa obat pemicu sistem pusat pada saraf manusia dan bisa mengusir rakan kantuk. Tidak heran ketika mengkonsumsi kopi, kamu kamu sulit tidur. 

Harus kamu tahu jika kafein bukan hanya terkandung pada kopi saja, namun ada pula beberapa makanan yang mengandung kafein. Nah, di bawah ini ada daftar makanan yang mempunyai kandungan kafein di dalamnya yang sudah kami rangkumkan untuk kamu. Langsung saja simak daftarnya di bawah ini. 

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Tersembunyi dari Minum Kopi Sebelum Berolahraga!

Deretan Makanan dengan Kandungan Kafein 

Ada beberapa jenis makanan yang mungkin dapat menjadi alternatif bila kamu bosan mengkonsumsi kopi saja. Bisa pula bila kamu menderita penyakit asam lambung, sehingga kopi tidak dianjurkan untuk terlalu banyak dikonsumsi. 

1. Coklat 

Kafein secara alami didapati pada biji kakao. Sebagian coklat mempunyai kandungan kafein yang sangat tinggi, salah satunya adalah coklat hitam. Oleh karena itu, mungkin coklat hitam bisa menjadi alternatif yang bisa kamu konsumsi selain kopi. 

2. Minuman bersoda 

Minuman bersoda tentunya banyak disukai oleh sebagian orang, ternyata minuman yang satu ini mempunyai kandungan kafein yang cukup tinggi. Kafein yang terkandung sangat bervariasi, mulai dari 23 mg sampai 41 mg per botolnya. Jumlahnya berbeda-beda tergantung dari merek. Selain itu, minuman berenergi pun memiliki kandungan kafein di 6. dalamnya. 

3. Kuaci 

Ada salah satu camilan yang bisa membuat kecanduan sebagian orang ini nyatanya mempunyai kandungan kafein di dalamnya. Tidak heran jika sejumlah minuman berenergi pun menjadikan kuaci sebagai bahan pokok guna memompa energi. 

4. Sereal 

Banyak orang yang melakukan diet dan memilih oatmeal menjadi menu utama untuk pengganti nasi yang tinggi akan serat. Tetapi, kamu perlu waspada sebab sereal yang selama ini kamu makan mempunyai kandungan kafein. Untuk itu, dianjurkan untuk memeriksa label komposisi pada kemasan sebelum kamu membelinya. 

5. Permen karet 

Kerap kali kita menjadikan permen karet sebagai camilan ketika dalam keadaan apapun. Ternyata sejumlah permen karet pun mempunyai kandungan kafein yang sama seperti jumlah pada secangkir kopi. Kamu bisa mengunyah permen karet untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja atau sedang mengerjakan tugas. 

6. Matcha 

Siapa sangka jika matcha mempunyai kandungan kafein yang sangat tinggi. Dalam 100 ml matcha, mempunyai kandungan sebanyak 25 mg kafein di dalamnya. Tak heran bila ketika kamu mengkonsumsi matcha bisa mengusir kantuk yang menyerang. 

Baca Juga: Ragam Jenis Kopi di Indonesia yang Mendunia

Manfaat Mengkonsumsi Kafein 

Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi kafein yang bisa kamu dapatkan: 

1. Menurunkan berat badan 

Terdapat manfaat kafein yang dapat kamu peroleh yaitu menurunkan berat badan. Sebab, kafein akan menekan nafsu makan dan memicu proses termogenesis yang merupakan mekanisme tubuh yang bekerja dengan cara merubah makanan menjadi energi dan panas. 

Namun sayangnya, efek dari kafein untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang belum bisa dibuktikan seutuhnya. Tetapi, banyak pelangsing tubuh yang menggunakan kafein menjadi salah satu bahannya. 

2. Menghindari penurunan fungsi kognitif 

Kamu perlu tahu jika kafein bekerja dengan cara menstimulasi otak supaya kamu lebih waspada dan terjaga. Bahkan, mengkonsumsi kafein pun kerap kali dihubungkan menjadi salah satu cara guna membantu menghindari menurunnya fungsi kognitif otak. 

Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian yang ada pada Advances Nutrition. Para pakar studi tersebut menyimpulkan jika pengguna kafein secara menyeluruh mempunyai lebih sedikit penurunan fungsi otak. Temuan tersebut dibandingkan dengan partisipan yang sama sekali tidak mengkonsumsi kafein. 

3. Membantu menurunkan risiko diabetes

Manfaat kafein lainnya yang sayang jika kamu lewatkan adalah membantu menurunkan risiko diabetes. Terdapat alasan yang dimuat pada European Journal of Nutrition mengungkapkan jika penggemar kopi mempunyai 29% lebih rendah terkena diabetes tipe 2. 

Hal tersebut pun berlaku untuk mereka yang mengkonsumsi kafein dengan presentasi yang lebih rendah yaitu hanya 30% saja. Meskipun begitu, para peneliti masih memerlukan penelitian lebih dalam guna melihat bagaimana cara kerja kafein dalam mencegah diabetes. 

4. Membantu performa olahraga 

Bukan hanya untuk mengusir kantuk, kafein juga terkenal bisa membangun performa olahraga ketahanan, seperti bersepeda atau lari maraton. 

Salah satu studi pada jurnal PLos One mencoba melihat dampak perbandingan kafein dengan kopi. Hasilnya adalah kafein yang dikonsumsi pada kopi dan menjadi suplemen 1 jam sebelum melakukan olahraga dan membangun performa olahraga. 

Hal ini bisa terjadi sebab kafein mempengaruhi cara kerja daya tahan tubuh dengan menaikkan produksi adrenalin. Hasilnya, aliran darah dan energi ke jantung dan otot ikut meningkat. 

Baca Juga: 7 Manfaat Kopi Untuk Wajah

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja makanan yang mengandung kafein yang bisa kamu konsumsi sebagai alternatif pengganti kopi. Namun, tetap batasi jumlah konsumsinya agar tidak menimbulkan masalah kesehatan tertentu. Kamu bisa temukan semua makanan dengan kandungan kafein tersebut di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu