Ragam Jenis Kopi di Indonesia yang Mendunia

Jika kamu pecinta kopi, tentunya kamu tahu Indonesia adalah salah satu negara yang menghasilkan biji kopi terbaik di dunia. Setiap daerah di Indonesia menghasilkan berbagai kopi khasnya tersendiri yang rasanya tidak perlu kamu ragukan lagi. 

Jenis kopi di Indonesia juga ada banyak macamnya dengan cita rasa yang berbeda-beda. Nah, daripada kamu semakin penasaran. Langsung saja simak berbagai jenis kopi di Indonesia yang mendunia seperti ulasan di bawah ini. 

Baca Juga: Ini Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika, Penggemar Kopi Harus Tahu

Berbagai Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia

Berikut ini ada berbagai jenis kopi asal Indonesia yang sudah mendunia, berbagai jenis kopi tersebut, diantaranya yaitu: 

1. Kopi Lampung 

Kopi asal Lampung, Robusta merupakan jenis kopi dari Indonesia yang populer sampai ke luar negeri. Biji dari kopi ini memiliki karakteristik seperti mudah dirawat dan hanya dapat tumbuh pada daerah yang bersuhu 24 sampai 30 derajat celcius. 

Iklim yang membantu membuat Lampung menjadi daerah penghasil kopi paling besar nomor dua di Indonesia. Di tahun 2018 silam, Lampung bisa memproduksi biji kopi Robusta sampai 106 juta ton. 

2. Kopi Toraja 

Kopi ini asalnya dari wilayah timur Indonesia dan memiliki nama lain Celebes Kalossi. Kopi Toraja mempunyai ciri khas yaitu aroma nya yang sangat harum. Kopi Toraja mempunyai kadar keasaman rendah sehingga aman untuk kamu yang memiliki masalah lambung dan pencernaan. 

Tidak hanya itu, kopi Toraja pun memiliki cita rasa floral dan fruity yang sangat unik di lidah. Aftertaste dari kopi ini sangat kuat dan sedikit asam. 

3. Kopi Flores Bajawa 

Jika dilihat dari namanya, tentu kamu sudah dapat menebak jika kopi ini asalnya dari Flores. Kopi yang satu ini memiliki ciri khas yaitu terdapat rasa kacang-kacangan,  sensasi manis dan aroma herbal yang dikeluarkan. 

Kadar keasaman kopi ini sedang dengan rasa yang cukup ringan. Berbagai keunikan ini cukup sulit ditemukan di jenis kopi yang lainnya, sehingga menjadikan kopi Flores sangat terkenal sampai ke luar negeri. 

4. Kopi Bali Kintamani 

Pulau Dewata tidak hanya menjadi surga destinasi wisata saja, namun penghasil biji kopi terbaik dan berkualitas. Kopi Kintamani merupakan kopi yang berasal dari Provinsi Bali dan menjadi salah satu kopi terbaik dari Indonesia. 

Kopi ini digadang-gadang menjadi kopi eksotis sebab sensasi keasaman citrus yang bercampur nikmat dengan rasa pahit alami dari kopi ini. Keunikan lain yang dimiliki kopi ini yang menjadikannya sangat digemari yaitu aftertaste yang manis, sehingga kamu yang tidak senang dengan kopi tetap dapat menikmatinya. 

5. Kopi Papua Wamena 

Kopi terbaik dari Indonesia selanjutnya yaitu kopi Papua Wamena. Kopi ini digadang-gadang mirip seperti kopi Bali Kintamani. Wangi floral yang sangat menyengat keluar dari kopi ini, ditambah dengan wangi herbal dan coklat yang kental. 

Kopi Papua Wamena meninggalkan aftertaste smokey yang digadang-gadang menjadi keunikannya tersendiri. Tidak hanya itu, kopi ini pun memiliki memiliki tekstur yang lembut dan tidak memiliki ampas. 

6. Kopi Jawa 

Walaupun tidak terlalu terkenal seperti kopi dari Sumatera, kopi Jawa pun sayang untuk dilewatkan begitu saja. Biasanya biji kopi Jawa diolah dengan cara yang berbeda-beda, sehingga cita rasa nya pun tidak sama. 

Biji kopi Jawa memakai wet processing yang membuat rasanya tidak terlalu kuat seperti kopi dari Sumatera atau Sulawesi. Namun, itulah yang membuat kopi jawa cocok untuk berbagai kalangan sebab rasa yang ada lebih pas. 

Artinya, kopi Jawa mempunyai kadar keasaman sedang dan tidak begitu pekat. Tetapi, aroma rempah masih dapat tercium dan khas sekali. 

7. Kopi Gayo 

Dari namanya mungkin kamu sudah dapat menebak jika jenis kopi ini asalnya dari Aceh. Kopi Gayo adalah jenis Arabika yang dibuat di Gayo, Aceh. Ciri khas dari kopi ini yaitu aroma nya yang sangat harum dan rasanya tidak begitu pahit, sehingga dapat dinikmati oleh siapapun. 

Bukan hanya aroma dan rasa yang nikmat, kopi Gayo di Indonesia ini memiliki rasa clean saat memasuki tenggorokan. Tetapi, kopi ini memiliki aftertaste pahit yang bisa jadi kurang dapat ditoleransi untuk kamu yang bukan pecinta kopi. Tak heran jika kopi ini selalu dijadikan opsi sebagai kopi blend.

8. Kopi Riau 

Selama ini, mungkin kopi yang banyak kamu dengar yaitu Robusta dan Arabika saja. Namun tahukah kamu, ada pula kopi jenis Liberika dari Provinsi Riau? Ini adalah jenis kopi yang cukup langka karena hanya bisa didapati di Rangsang, Provinsi Riau. 

Keunikan dari biji kopi Liberika terletak di aromanya yang mirip dengan aroma coklat. Tetapi, ketika kamu menyesapnya, kamu dapat merasakan sensasi buah nangka yang tentunya tidak akan kamu temukan di kopi manapun. Hal ini menjadikan banyak pecinta kopi penasaran dan hendak mencoba kopi khas Riau ini. 

Baca Juga: Daftar Kopi yang Aman untuk Lambung

Demikianlah, berbagai jenis kopi di Indonesia yang sudah terkenal sampai mancanegara. Mana nih yang jadi jenis kopi favoritmu? Buat kamu para pecinta kopi, kamu wajib coba minuman kopi terbaru dari Astro Kitchen. Minuman kopi ini terbuat dari biji kopi pilihan signature house blend yang memiliki 2 varian rasa unggulan yaitu Manuka Honey Latte (Espresso Base) dan Salted Caramel Latte (Espresso Base) Varian minuman kopi terbaru dari Astro Kitchen ini sudah bisa kamu pesan sekarang di aplikasi Astro!

Buat kamu yang mau coba, Astro Kitchen juga mau memberikan promo spesial buat kamu. Kamu bisa nikmati diskon 40% sepuasnya untuk menu-menu Astro Kitchen & Gratis Ongkir selama periode 24 Maret – 7 April 2023. Nggak hanya itu, Astro Kitchen juga tersedia selama 24 jam selama bulan Ramadan, jadi bisa kamu pesan sebagai menu buka puasa maupun sahur. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung pesan menu terbaru Astro Kitchen sekarang juga!

Klik banner di bawah ini untuk belanja menu kopi terbaru dari Astro Kitchen Manuka Honey Latte (Espresso Base) dan Salted Caramel Latte (Espresso Base) di aplikasi Astro!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu