Daftar Kopi yang Aman untuk Lambung

Daftar Kopi yang Aman untuk Lambung

Bersantai sambil minum kopi menjadi cara terbaik untuk mengisi waktu luang. Tetapi, untuk penderita asam lambung mengkonsumsi kopi secara berlebihan sangat tidak dianjurkan. Sebab kandungan kafeinnya tidak bersahabat dengan para penderita lambung. Tetapi, tidak berarti kamu tidak dapat meminum kopi, sebab sekarang ada kopi yang aman untuk lambung. 

Nah, berikut ini ada beberapa kopi yang aman untuk diminum oleh penderita asam lambung. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula yang Harus Diketahui

Memilih Kopi untuk Penderita Asam Lambung 

Menjadi hal yang sangat penting untuk penderita lambung mengetahui kopi yang aman untuk dikonsumsi, sebab kandungan kafein di dalam kopi bisa memicu asam lambung naik. Oleh sebab itu, memilih kopi untuk penderita lambung menjadi perhatian penting. 

Melihat perkembangan mengkonsumsi kopi sekarangnya bukan hanya sekedar hobi namun sudah menjadi gaya hidup. Menurut Adi W. Taroepratjeka sebagai ahli kopi, kegiatan meminum kopi memang tidak selalu berefek negatif di lambung. 

Pada dasarnya memang kopi memiliki sifat asam, kopi jenis espresso biasanya memiliki tingkat keasaman sekitar 5-5,5. Sedangkan, jus jeruk memiliki tingkat pH 4 dan untuk makanan rujak yang memiliki kadar pH 3. Jika kamu mengkonsumsi kadar asam yang umum, mengapa hal ini tidak bisa dilakukan pada kopi? 

Nah, hal tersebut sebab tingkat keasaman kopi memiliki pemicu yang sangat cepat dan bisa berdampak timbulkan asam lambung secara signifikan. Berikut ada kopi yang aman diminum oleh penderita lambung yaitu: 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Kopi kamu di ASTRO!

Daftar Kopi yang Aman untuk Lambung

Kopi Arabika 

Arabika menjadi jenis kopi yang aman untuk dikonsumsi para penderita lambung sebab memiliki kadar kafein yang sangat rendah. Hal tersebut sudah dibuktikan di beberapa orang dengan penyakit lambung, tetapi tetap aman saat mereka meminum kopi ini. 

Kafein yang terlalu tinggi dalam kopi memang bisa menjadi racun dan lambung memiliki batas tertentu guna mentolerir kafein yang diminum. Adapun batasan normal untuk meminum kopi yaitu dua cangkir dalam satu hari, dengan tingkat kafein sebesar tiga shot espresso saja. 

Batasan ini dianggap aman bahkan dapat menyehatkan tubuh. Sekarang tidak sedikit orang yang mengolah pecahan biji kopi. Dengan cara tersebut, maka seseorang akan memerlukan jumlah kopi yang banyak hanya untuk segelas kopi dan nyatanya hal ini pun bisa membuat kandungan kafein lebih tinggi pada segelas kopi, dibandingkan bubuk kopi halus. 

Mengenai banyaknya produk white coffee yang beredar di pasaran, Adi menganjurkan sebaiknya tidak berlebihan saat mengkonsumsinya. Sebab walaupun aman untuk lambung, tetapi gulanya cukup tinggi. 

Lain halnya dengan kopi hitam yang walaupun manis, tetapi terdiri atas komposisi yang lebih banyak daripada dengan gula yang dipakai. Sementara kopi putih instan, memiliki kadar krimer dan gula yang tinggi. 

Kopi dengan Tingkat Keasaman Rendah 

Demi menjaga asam lambung stabil, sebagian orang harus berpuasa dari kegiatan mengkonsumsi kopi. Tetapi, ada salah satu penelitian yang mengungkapkan, ada faktor lain pada kopi yang bisa menurunkan kadar asam lambung sehingga menjadikan kopi diminum. 

Faktor tersebut yaitu N-methylpyridinium (NMP) atau produk degradasi yang bisa timbul ketika proses roasting kopi, jadi meminum kopi dark roast cenderung sangat aman untuk lambung. Lalu, jenis biji kopi yang dipakai juga berpengaruh kepada kadar keasaman kopi. 

Kopi Arabika mempunyai tingkat keasaman yang lebih rendah dibandingkan kopi robusta. Selanjutnya, ada beberapa dampak kopi kepada fisiologi lambung seperti: 

  • Produksi asam lambung meningkat 
  • Pengosongan lambung lebih lambat 
  • Kontraksi sfingter bawah esofagus melemah

Nah, apabila kamu mempunyai penyakit lambung dan masih ingin minum kopi, maka kamu bisa memilih kopi yang dibuat dari kopi arabika dan kopi yang diroasting menggunakan suhu tinggi sampai menghasilkan dark roast kopi. 

Baca Juga: Ini Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika, Penggemar Kopi Harus Tahu

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Sesudah kamu mengetahui kopi yang aman dikonsumsi oleh penderita lambung, kamu juga tetapi berhati-hati saat mengkonsumsi kopi. Walaupun tidak menyebabkan efek samping, tidak berarti kopi aman untuk dikonsumsi kamu yang mempunyai masalah penyakit asam lambung. 

Sejumlah hal yang dapat dilakukan guna mengurangi gejala asam lambung naik, yaitu: 

  • Jangan tidur sesudah makan. 
  • Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok. 
  • Jaga bobot tubuh tetap ideal. 
  • Kontrol stres. 
  • Hindari makanan berlemak, pedas dan asam. 
  • Minum air putih 2 liter per hari. 
  • Hindari minum teh dan kopi secara berlebihan. Bila ingin mengkonsumsinya, ada baiknya konsumsi dalam kondisi perut telah terisi makanan. 

Demikianlah, ulasan mengenai kopi yang aman untuk lambung. Produk kopi tersebut bisa kamu dapatkan di Astro yang merupakan aplikasi belanja online untuk kebutuhan sehari-hari. Disini kamu bisa mendapatkan olahan kopi terbaru dari Astro Kitchen, yaitu Manuka Honey Latte (Espresso Base) dan Salted Caramel Latte (Espresso Base) Minuman kopi ini terbuat dari biji kopi pilihan signature house blend dan dengan berbagai bahan berkualitas lainnya sehingga menghasilkan es kopi yang lezat!

Buat kamu yang mau coba, Astro Kitchen juga mau memberikan promo spesial buat kamu. Kamu bisa nikmati diskon 40% sepuasnya untuk menu-menu Astro Kitchen & Gratis Ongkir selama periode 24 Maret – 7 April 2023. Nggak hanya itu, Astro Kitchen juga tersedia selama 24 jam selama bulan Ramadan, jadi bisa kamu pesan sebagai menu buka puasa maupun sahur. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung pesan menu terbaru Astro Kitchen sekarang juga!

Klik banner di bawah ini untuk belanja menu kopi terbaru dari Astro Kitchen Manuka Honey Latte (Espresso Base) dan Salted Caramel Latte (Espresso Base) di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu