Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula yang Harus Diketahui

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula yang Harus Diketahui

Kopi hitam sudah terkenal menjadi penambah energi dan bisa melawan rasa kantuk. Padahal, terdapat manfaat lain dari kopi yang bagus untuk kesehatan. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari kopi hitam tanpa gula, simak ulasannya berikut ini. 

Kopi adalah minuman yang terbuat dari biji kopi yang sudah dihaluskan. Kopi juga menjadi minuman favorit di kalangan masyarakat. Dibalik rasa pahitnya, ternyata kopi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho! 

Manfaat kopi dihasilkan dari kandungan berbagai mineral yang ada di dalamnya, seperti magnesium, folat, natrium, dan kalium. Selain itu, kopi pun memiliki antioksidan riboflavin. Nah, di bawah ini ulasan lengkap tentang manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan. 

Berbagai Manfaat Kopi Hitam untuk Tubuh 

1. Meminimalisir Resiko Diabetes Tipe 2 

Sejumlah penelitian menunjukkan jika minum kopi sebanyak dua gelas setiap hari bisa mencegah munculnya resistensi insulin dan memperkecil resiko terkena diabetes tipe 2. Manfaat kopi hitam ini sangat bagus untuk tubuh sebab terdapat kandungan kafein. 

Oleh sebab itu, untuk memperoleh manfaat dari kopi tersebut, usahakan untuk mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula maupun krimer. 

2. Menjaga Kesehatan Otak 

Minum kopi hitam tanpa gula diketahui juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otak. Di sejumlah penelitian, kopi bisa mengurangi resiko pikun atau demensia. Demi memelihara fungsi dan kesehatan otak, ada baiknya kamu pun memenuhi asupan yang bergizi seperti dari sayur dan buah serta rajin berolahraga. 

3. Menjaga Kesehatan Liver 

Manfaat kopi hitam tanpa gula selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan liver. Ada banyak penyakit yang bisa menyerang liver atau organ hati, seperti kanker hati, sirosis, perlemakan hati dan hepatitis. Tetapi, dengan minum kopi sebanyak dua cangkir sehari diyakini bermanfaat untuk mencegah semua penyakit tersebut. 

4. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Parkinson

Terdapat penelitian yang menunjukkan jika mengkonsumsi minuman kafein, seperti kopi bisa menurunkan resiko terserang penyakit parkinson. Selain itu, mengkonsumsi kopi pun dianggap berpeluang membantu para penderita parkinson untuk mengontrol tubuh dengan lebih baik lagi. 

5. Memelihara Kesehatan Jantung 

Mengkonsumsi 1-2 cangkir kopi sehari ternyata bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung. Manfaat dari kopi ini dianggap berpeluang guna menurunkan resiko terserang penyakit stroke dan jantung. Walaupun begitu, manfaat kopi untuk melindungi jantung dan memelihara kesehatan tubuh dari penyakit masih dibutuhkan penelitian yang pasti. 

6. Mempertahankan Berat Tubuh Ideal 

Kopi hitam tanpa krimer dan gula menjadi salah satu minuman yang memiliki kandungan kalori yang rendah. Lalu, kandungan kafein yang ada di dalam minuman ini bisa melancarkan metabolisme dan membantu membakar lemak pada tubuh. 

Oleh sebab itulah, manfaat kopi hitam tanpa gula ini diyakini bisa membantu mempertahankan dan menurunkan berat badan agar tetap ideal. Ada banyak sekali manfaat kopi hitam untuk kesehatan. 

Tetapi, kafein di kopi juga dapat menimbulkan dampak negatif untuk tubuh, seperti tekanan darah meningkat, diare, cemas, sulit tidur dan dada berdebar. Oleh sebab itu, kamu perlu membatasi jumlah asupan dan jangan mengkonsumsi kopi sebelum tidur. 

Lalu, untuk ibu hamil, orang dengan penyakit darah tinggi, penderita asam lambung maupun yang memiliki gangguan tidur sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan sebelum tidur. 

Efek Mengkonsumsi Kopi Bebas Gula 

Minuman favorit yang satu ini mempunyai banyak manfaat, seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Mulai dari bisa meningkatkan konsentrasi dan energi sampai membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. 

Kopi menjadi penyumbang tertinggi dari kafein, yaitu zat stimulan yang bisa membantu orang untuk lebih bersemangat. Sehingga, mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula bisa cepat terseram ke darah hanya dalam 20 menit saja dan dapat menetap pada aliran darah sampai lebih dari 12 jam. 

Sesudah meneguk kopi, kafein yang sudah terserap dalam darah ini mengakibatkan lonjakan energi, tekanan darah dan detak jantung. Sesudah itu, kafein langsung mempengaruhi kadar adenosin pada otak. Adenosin merupakan senyawa kimia yang ada di otak dan memiliki tugas untuk memberikan sinyal mengantuk. 

Sehingga, kafein bekerja dengan cara mengikat reseptor adenosin. Oleh sebab itu, kamu menjadi merasa bersemangat dan tidak ngantuk sesudah mengkonsumsi secangkir kopi. Di titik inilah, tubuh kamu akan memproduksi adrenalin, yang akhirnya bisa meningkatkan produksi energi dalam tubuh. 

Kadar adrenalin yang meningkat ini kemudian mengakibatkan melebarnya saluran pernapasan serta aliran darah terus membanjiri otot. Selain itu, kopi hitam pun bisa memperbaiki suasana hati sebab otak akan lebih sensitif untuk serotonin.

Demikianlah, ulasan mengenai manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui. Sesudah membaca ulasan di atas, tentunya kamu menjadi tertarik untuk mengkonsumsi kopi hitam, bukan? Nah, kamu bisa membeli berbagai produk kopi hitam ini hanya di Astro! Belanja kopi di Astro, 15 menit sudah sampai rumah! Yuk, download aplikasinya di Play Store atau App Store.

Referensi:

Efek Minum Kopi Tanpa Gula versus Pakai Gula, Mana yang Lebih Sehat?

Beragam Manfaat Kopi di Dalam Tiap Seruputnya

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu