Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Cepat dan Mudah

Munculnya komedo pada hidung bisa mengakibatkan rasa nyeri dan tidak percaya diri pada mu. Tetapi, kamu tidak perlu cemas sebab ada banyak cara menghilangkan komedo di hidung dengan cepat yang dapat kamu lakukan.

Oleh karena itu, kamu harus simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui tips menghilangkan komedo yang ampuh. Tidak perlu berlama-lama lagi, kamu bisa simak semua caranya berikut ini.

Baca Juga: Berikut Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat 

Tips Menghilangkan Komedo

Komedo yang terdapat hidung ini memiliki dua jenis yaitu komedo hitam dan komedo putih penyebab adanya komedo pada hidung, baik yang hitam atau putih yaitu penyumbatan di pori-pori kulit karena menumpuknya sel kulit mati dan jumlah minyak yang berlebihan.

Tersumbatnya pori-pori bisa dipicu dari berbagai hal, seperti stress, perubahan hormon, pemakaian skin care atau make up yang tidak cocok. Demi mengatasi hal tersebut, di bawah ini terdapat sejumlah cara untuk menghilangkan komedo pada hidung bisa kamu coba.

1. Rajin cuci muka

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan komedo pada hidung yaitu rajin cuci muka. Pastikan kamu mencuci muka sebanyak dua kali dalam sehari, tepatnya di pagi dan malam hari, memakai sabun muka yang cocok untuk jenis kulitmu.

Apabila kamu berkeringat sesudah beraktivitas fisik, sangat disarankan untuk membersihkan muka agar semua kotoran yang ada di muka dapat dihilangkan. Walaupun begitu, ada baiknya kamu jangan terlalu banyak mencuci muka sebab lapisan kulit dapat menipis. 

Dampaknya, produksi minyak secara alami yang menjadi sebuah penyebab hadirnya komedo di hidung.

2. Eksfoliasi dengan AHA/BHA

Langkah-langkah menghempaskan komedo pada hidung pun harus di barengi dengan melakukan eksfoliasi pada kulit. Kamu dapat memakai produk perawatan kulit dengan kandungan AHA/BHA yang sekarang ini sudah banyak dijual di pasaran. 

Penghilang komedo pada hidung yang satu ini memiliki kandungan senyawa yang dapat membersihkan pori-pori dan sel kulit mati, menjadikan produk skincare yang kamu pakai dapat memberikan hasil yang sangat maksimal.  

Lactic acid dan glycolic acid adalah golongan AHA yang dibuat dari gula, buah atau susu. Sedangkan asam salisilat menjadi golongan BHA. Meskipun bermanfaat, pemakaian AHA dan BHA bisa menjadikan lapisan kulit semakin menipis sehingga menjadikannya mudah terpapar sinar UV.

Demi menghindari hal tersebut, kamu harus memakai tabir surya atau sunscreen dengan spf minimal 30  ketika kamu keluar rumah.

3. Olesi dengan salep retinoid

Retinoid adalah kandungan bahan aktif dari vitamin A yang umumnya dirasakan oleh dokter menjadi cara untuk mengangkat komedo yang sangat efektif. Retinoid bekerja dengan cara melakukan regenerasi pada sel-sel kulit mati dan mengubah pertumbuhan kulit demi menghindari munculnya jerawat.

Berdasarkan studi yang ada di Dermatology and Therapy, pemakaian retinoid bisa menurunkan jumlah komedo dan mengurangi jumlah minyak berlebih. Dengan demikian, tampilan kulit mu bisa semakin sehat.

Untuk kamu yang sedang dalam keadaan hamil, ada bakarnya tidak menggunakan bahan yang satu ini sebab berisiko membawa efek negatif untuk janin mu. Kamu dapat memakai produk skin care yang memiliki kandungan rosehip oil atau bakuchiol menjadi cara menghempaskan komedo pada hidung. 

Kedua jenis kandungan di atas dianggap mempunyai khasiat yang sama seperti tretinoid.

Baca Juga: Arti Jerawat di Jidat, Mungkin Kamu Sedang Mengalami Masalah Ini

4. Gunakan asam salisilat pada obat jerawat

Apabila kamu mengalami komedo yang sangat parah, maka obat jerawat dengan kandungan asam salisilat bisa menjadi cara untuk menghilangkan komedo pada hidup. Asam salisilat dikatakan lebih ramah pada kulit daripada kandungan lainnya di obat jerawat, seperti benzoil peroksida.

Tidak hanya obat jerawat, asam salisilat merupakan senyawa aktif yang umumnya ada di produk pencuci muka. Senyawa yang kerap kali dipakai menjadi cara untuk mengusir komedo di hidung ini bisa membantu juga untuk membersihkan sumbatan pada pori-pori.

5. Memakai clay mask

Berikutnya, clay mask atau masker clay merupakan salah satu produk untuk menghilangkan komedo yang bisa kamu pertimbangkan untuk menggunakan nya. Jenis makar yang dapat dipakai menjadi cara mengusir komedo di hidung ini bisa juga mengurangi minyak berlebih pada wajah dan menghempaskan kotoran yang menjadi pemicu pori-pori tersumbat.

Sejumlah jenis masker clay yang mempunyai kandungan sulfur, yaitu zat aktif yang banyak ditemui pada produk obat jerawat, guna membersihkan sel kulit mati.

6. Pakai masker arang

Tidak hanya masker clay, masker arang atau biasa dikenal dengan charcoal mask juga bisa dipakai menjadi pembersih komedo yang ada di hidung. Apabila dipakai secara rutin dan konsisten, masker guna menghilangkan komedo pada hidung ini dianggap bisa memberikan hasil yang sangat maksimal.

7. Kompres dengan uap air hangat

Bukan hanya komedo hitam, keluhan seperti komedo putih pun selalu diutarakan oleh banyak orang. Guna mengatasi nya, kamu bisa memakai kompres dengan uap air hangat. 

Tips menghilangkan komedo putih pada hidung ini kerap kali dipakai dokter kecantikan ketika melakukan facial wajah guna membuka pori-pori. Dengan demikian, komedo bisa sangat mudah untuk terangkat.

Cara untuk melakukannya yaitu kamu dapat menyiapkan baskom atau wadah yang diisi dengan air hangat. Lalu, letakkan wajan di atas wadah tersebut sekitar 10 sampai 15 menit. 

Pastikan kamu menutup bagian kepala menggunakan handuk supaya kuat panas hanya terkenal pada bagian wajah, khususnya di hidung. Lakukan cara ini beberapa kali selama seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

Itulah, sejumlah cara menghilangkan komedo di hidung dengan cepat yang dapat kamu coba sekarang. Demi menghindari adanya komedo pada hidung dan wajah, kamu harus sering membersihkan wajah setiap harinya dengan benar, ya!

Jangan lupa juga kamu bisa temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti bahan masak hingga produk kecantikan di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dari Play Store & App Store!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu