Cara Membuat Selai Strawberry Praktis Untuk Sarapan

Sarapan dengan roti tawar dan selai merupakan pilihan praktis yang bisa disiapkan di pagi hari. Salah satu varian selai yang populer adalah selai strawberry, dan membuatnya sendiri di rumah dapat menambah kelezatan sarapanmu. Berikut adalah cara praktis membuat selai strawberry untuk sarapan yang lezat:

Baca Juga: Cara Membuat Selai Buah Homemade yang Gampang dan Enak

1. Sediakan Semua Bahan

Pastikan semua bahan yang diperlukan telah disiapkan. Sebelum mulai memasak, pastikan kamu memiliki bahan-bahan di bawah. Jika ada bahan yang tidak ada di dapurmu, jangan lupa kamu bisa pesan semua kebutuhan masak di aplikasi Astro!

2. Cuci Strawberry

Setelah semua bahan tersedia, selanjutnya cuci buah strawberry sampai benar-benar bersih. Jangan lupa juga untuk memisahkan kelopak berwarna hijau yang ada di bagian atasnya. Walaupun sepele tetapi ini termasuk penting karena ada juga orang yang lupa sehingga berpengaruh terhadap rasa selai dan hasilnya menjadi tidak sesuai harapan.

3. Lumuri dengan Gula

Berikutnya yang kamu harus lakukan yaitu lumuri strawberry dengan gula pasir di wadah berukuran besar. Lalu aduk sampai merata hingga semua strawberry tercampur dengan gula. Selanjutnya masukkan wadah ke dalam kulkas dan tunggu semalaman agar rasa manis pada gula bisa menyerap ke dalam strawberry.

Baca Juga: Daftar Resep Pancake Amerika Cocok Untuk Sarapan Anak-anak

4. Rebus Strawberry

Keesokan harinya kamu bisa langsung rebus strawberry dalam wadah ke panci berukuran besar untuk dilakukan proses perebusan. Kamu juga harus memastikan bahwa panci terisi setengahnya saja karena saat nanti direbus maka adonan selainya akan bertambah dan khawatir tumpah. Selanjutnya masukkan gula pasir dan mulai perebusan tanpa tambahan air sampai gulanya meleleh kemudian masukkan air lemon ke panci. Selanjutnya aduk merata sambil menghancurkan semua buah strawberry agar lebih lembut.

5. Masak sampai mengental

Setelah direbus selama kurang lebih setengah jam, pastikan dulu teksturnya sudah mengental seperti selai pada umumnya. Jika tekstur belum mengental maka bisa lanjutkan perebusan dengan menambahkan air lemon lagi sebanyak 1 atau 2 sendok makan sampai teksturnya mengental. Jika sudah mengental maka menandakan bahwa selai sudah matang dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin maka kamu bisa pindahkan ke wadah toples untuk langsung dioleskan ke roti tawar tetapi jika tidak maka sebaiknya simpan dalam kulkas.

6. Dinginkan dan Simpan

Setelah tekstur mengental, biarkan selai dingin. Pindahkan ke toples dan simpan dalam kulkas.

Baca Juga: Ini Resep Menu Sarapan Pagi yang Sehat Untuk Sehari-hari

Tips Anti Gagal:

  1. Pilih buah strawberry yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan rasa selai yang lebih enak.
  2. Manfaatkan aplikasi Astro untuk memperoleh bahan berkualitas dengan pengiriman cepat, memudahkan proses persiapan.
  3. Untuk variasi rasa yang lebih kaya, tambahkan sedikit zest lemon saat merebus selai.
  4. Simpan selai dalam wadah kedap udara di kulkas untuk menjaga kesegaran dan kualitasnya.

Dengan cara membuat selai strawberry ini, sarapan pagi kamu akan lebih spesial dan lezat. Jangan lupa juga kalau kamu bisa membeli kebutuhan sehari-hari kamu seperti bahan-bahan untuk membuat selai strawberry di atas dan lainnya di aplikasi Astro! Yuk, rasakan kemudahan belanja online bersama Astro! Temukan berbagai pilihan buah segar, produk makanan, produk kecantikan, dan lainnya. Download aplikasi Astro sekarang di App Store & Play Store sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie