Bunda Harus Tahu Manfaat Telur Puyuh Untuk Mpasi

Bunda Harus Tahu Manfaat Telur Puyuh Untuk Mpasi

Ada banyak manfaat telur puyuh untuk Mpasi untuk tumbuh kembang si Kecil. Karena telur puyuh sudah terbukti mempunyai nutrisi yang bagus untuk tubuh anakmu. Khususnya menjadi makanan pertama untuk bayi, bentuk telur yang kecil juga sesuai dengan ukuran mulut si Kecil. Oleh sebab itu, risiko bayi tersedak dapat dikurangi. 

Sebelum mengetahui berbagai manfaat telur puyuh untuk Mpasi, kamu lebih baik mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi apa saja yang ada di dalam telur puyuh seperti berikut ini. 

Baca Juga: Ini Daftar Menu 4 Bintang MPASI 6 Bulan

Nutrisi yang Terkandung dalam Telur puyuh 

Pada 1 butir telur puyuh yang belum matang, terdapat 59,7 kkal kalori. Tidak hanya itu, ada beberapa nutrisi lainnya yang dapat kamu peroleh dengan memberikan telur puyuh pada bayi 6 bulan. 

  • 0,142 mg vitamin B12 
  • 5,94 mcg folat 
  • 23,7 mg kolin 
  • 14 mcg vitamin A 
  • 0,312 mg zinc 
  • 2,88 mcg selenium
  • 12,7 mg natrium 
  • 11,9 mg kalium 
  • 20,3 mg fosfor 
  • 1,17 mg magnesium 
  • 0,3 mg zat besi 
  • 5, 67 mg kalsium 
  • 0,037 gram karbohidrat 
  • 0,9 gram lemak
  • 1,18 gram protein 

Tidak hanya itu, telur puyuh pun mengandung vitamin D, vitamin E, vitamin K, beta karoten, dan vitamin B kompleks. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Telur Puyuh dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

Bunda Harus Tahu Manfaat Telur Puyuh Untuk Mpasi

Manfaat Mpasi Telur Puyuh 

Sebab kaya akan berbagai nutrisi yang bagus untuk tumbuh kembang anak, telur puyuh juga memberikan segudang manfaat, diantaranya: 

1. Mendukung perkembangan kognitif

Mpasi telur puyuh mengandung kolin yang cukup tinggi. Terbukti dari penelitian yang dirilis Nutrients mengungkapkan jika kolin berfungsi untuk menjaga fungsi kognitif bayi dan sarah otak.

Tidak hanya itu, penelitian ini juga mendapati kolin di dalam Mpasi telur puyuh sangat berguna untuk meningkatkan daya belajar dan daya ingat si Kecil saat dewasa nantinya.  Kolin pun berguna untuk menjaga koordinasi antara otot dan saraf. 

2. Menjaga kesehatan mata 

Kamu dapat membantu bayi memperoleh kebutuhan vitamin A karena memberikan Mpasi telur puyuh menjadi makanannya. Vitamin A bekerja menjaga jaringan pelindung pada mata supaya tetap lembab sehingga sangat terlindungi dari berbagai risiko infeksi.  

Oleh sebab itu, vitamin A bisa mencegah berbagai penyakit di kornea mata, seperti luka, kekeringan sampai jaringan parut di dalam mata, seperti yang dijelaskan oleh Community Eye Health Journal. 

Vitamin A pun terbukti bisa mencegah masalah penglihatan, seperti rabun senja ketika si Kecil beranjak besar nantinya. WHO juga menyarankan asupan A untuk bayi berumur 5 sampai 59 bulan. 

3. Menurunkan risiko anemia 

Zat besi di dalam Mpasi telur puyuh ini berfungsi untuk memproduksi hemoglobin dalam sel darah merah. Fungsinya yang sama pun diperoleh pada kandungan zinc. Hal ini sempat diungkapkan oleh riset dari Therapeutic Apheresis and Dialysis. 

Manfaat dari telur puyuh untuk bayi pun tidak lepas dari kandungan folat yang ada di dalam telur puyuh. Riset yang dirilis National Center of Biotechnology Information mengungkapkan jika folat berguna supaya sel darah merah bisa lebih cepat untuk matang. 

Jika tubuh kekurangan hemoglobin dan tidak cukup memperoleh kebutuhan zat besi, zinc, dan folat, maka bayi bisa berisiko mengalami anemia. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Telur Puyuh Untuk Bumil

4. Menjadi sumber energi 

Manfaat dari telur puyuh untuk bayi yang tidak diketahui banyak orang yaitu bisa menjadi sumber energi. Karena telur puyuh tinggi akan selenium. Menurut angka kecukupan gizi atau AKG dari Kemenkes, dalam sebutir telur puyuh pada menu Mpasi, ibu dapat memenuhi kebutuhan asupan selenium per hari bayi sekitar 28,8%. 

Penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences mengungkapkan, selenium bermanfaat untuk merubah nutrisi yang ada di makanan menjadi bentuk energi dalam tubuh. 

Tidak hanya itu, selenium pun membantu proses metabolisme tiroid dan juga lindung tubuh bayi dari stres oksidatif karena radikal bebas. Mpasi telur puyuh pun kaya akan kandungan fosfor yang bisa membantu mengatur pengeluaran energi. 

Riset terbitan dari Clinical Methods: The History, Physical, and Laboratory Examinations mendapati fosfor bisa membantu membakar kalori pada tubuh. Tetapi, di sisi lain, fosfor pun membantu tubuh untuk memproduksi molekul ATP atau Adenosin Triphosphate. Molekul ini bisa menjaga sumber energi tubuh agar tetap simbang dan tidak mudah habis digunakan. 

5. Menjaga sistem saraf 

Tidak hanya mempunyai segudang vitamin A, Mpasi dengan telur puyuh pun mempunyai vitamin B12 yang tinggi. Bahkan, mengkonsumsi satu telur puyuh bisa memenuhi 9% dari kebutuhan vitamin B12 harian untuk si Kecil. 

Sudah terbukti, riset terbitan dari The Lancet Neurology mengungkapkan jika vitamin B12 atau folat sangat penting guna menjaga sistem saraf pusat. Jika kekurangan vitamin B12, hal ini bisa berdampak pada si Kecil yang akan mengalami kejang, lesu, otot melemah sampai kepala lebih kecil daripada ukuran normal. Hal ini juga diungkapkan dalam riset dari American Journal of Hematology. 

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Mpasi telur puyuh sudah terbukti bekerja menjadi anti radang dan antioksidan. Sudah dibuktikan dengan temuan dari Food Science & Nutrition mengungkapkan jika telur puyuh bisa menurunkan radikal bebas didalam tubuh. 

Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga berbagai sel dalam tubuh dari kerusakan karena stres oksidatif. Oleh sebab itu, memanfaatkan telur puyuh menjadi Mpasi untuk bayi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh nya. 

Baca Juga: Resep Mpasi Untuk Bayi yang Susah Makan, Bunda Harus Tahu

Setelah mengetahui berbagai manfaat telur puyuh untuk Mpasi si Kecil ini sekarang kamu bisa mencoba memasak Mpasi telur puyuh untuk si Kecil agar memperoleh banyak manfaat seperti di atas. Kamu bisa dapatkan telur puyuh dengan kualitas terbaik hanya di Astro!

Belanja telur puyuh & kebutuhan nutrisi lainnya untuk tumbuh kembang si kecil di Astro sekarang! Tak perlu repot keluar rumah, cukup pesan lewat aplikasi Astro & pesanan kamu akan diantar dalam waktu hitungan menit saja. Yuk! Pesan sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu