Kenali Manfaat Telur Puyuh Untuk Bumil

Apabila ingin memiliki tubuh yang sehat, maka kamu harus menjaga asupan makanan, khususnya untuk ibu hamil. Karena ibu hamil bukan hanya mengkonsumsi makanan untuk dirinya, tetapi untuk si jabang bayi yang sedang dikandungnya. 

Ibu hamil bisa mengkonsumsi telur puyuh karena ada banyak manfaat telur puyuh untuk bumil. Sebelum kamu mengetahui manfaat dari telur puyuh untuk ibu hamil, kamu harus mengetahui kandungan nutrisi di dalam telur puyuh yang harus kamu ketahui seperti berikut ini. 

Baca Juga: Bunda Harus Tahu Manfaat Telur Puyuh Untuk Mpasi

Kandungan Nutrisi dalam Telur Puyuh 

Rasa telur puyuh yang benar-benar mirip seperti telur ayam, namun ukurannya saja yang berbeda karena telur puyuh lebih kecil. Pada 1 butir telur puyuh dengan ukuran 9 gram, ada kandungan nutrisi seperti: 

  • 5% selenium 
  • 2% fosfor 
  • 2% zat besi 
  • 6% vitamin B12 
  • 2% vitamin A 
  • 6% riboflavin 
  • 2% folat 
  • 4% kolin 
  • 1 gram lemak 
  • 1 gram protein 
  • 14 gram kalori 

Yang berarti, walaupun ukurannya kecil tetapi kandungan nutrisi yang ada didalamnya sangat melimpah. Terutama kandungan mineral seperti riboflavin dan selenium yang membantu tubuh untuk mencerna makanan dan mengaturnya menjadi energi. Selain itu, selenium pun memastikan fungsi tiroid selalu sehat. 

Sedangkan vitamin B12 dan zat besi sangat bagus untuk fungsi sistem saraf serta mengelola level energi optimal karena perannya membangun sel darah merah. Terakhir, mineral berbentuk kolin pun penting untuk membentuk acetylcholine, fungsinya pada kounikasi antara otot dan sistem saraf. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Telur Puyuh kamu di ASTRO!

Manfaat Telur Puyuh untuk Bumil 

Manfaat dari telur puyuh yang bisa diperoleh ibu hamil ada sangat banyak. Apa sajakah manfaatnya? Berikut ini manfaat telur puyuh untuk ibu hamil:  

1. Kaya akan protein 

Berhubungan dengan keadaan umum telur, jenis telur puyuh inipun tinggi akan protein, yang pastinya mempunyai fungsi penting untuk ibu selama fase kehamilan. Protein bermanfaat guna meregenerasi sel baru dan memberikan energi serta stamina penuh untuk ibu hamil supaya senantiasa bugar dan sehat. 

2. Menjaga kesehatan mata 

Kamu harus tahu jika telur puyuh dapat membantu kesehatan mata. Lalu, ada kandungan vitamin A dalam telur yang bisa menjaga jaringan pada mata supaya tetap sehat. Hal ini tidak terkecuali dalam pembentukan indera mata pada si jabang bayi yang sedang kamu kandung. 

3. Memenuhi nutrisi otak bayi 

Bagi ibu hamil telur puyuh memberikan nutrisi yang bagus untuk otak si calon bayi, karena tinggi akan kandungan mineral, protein, lemak dan vitamin. Tumbuh kembang bayi bisa terbantu dari telur puyuh yang para bumil konsumsi. 

4. Menjaga kesehatan kandungan 

Telur puyuh mempunyai kandungan kolin, jenis vitamin yang berfungsi untuk kebutuhan untuk otak janin. Serta mempunyai fungsi sangat penting dari kolin yang ada di dalam telur puyuh yaitu membangun membran sel pada tubuh. Hal ini pastinya sangat berguna untuk menurunkan risiko keguguran, bayi yang lahir cacat sampai kematian. 

5. Anti penuaan dini dan kanker 

Tidak hanya mengandung protein, ternyata telur puyuh pun mengandung zat anti kanker yang bagus untuk dikonsumsi. Zat ini bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Pada telur pun mengandung zat lutein yang berfungsi untuk memperlambat proses penuaan. 

6. Menetralkan stres 

Keadaan stres yang banyak dialami oleh para ibu hamil, baik disebabkan perubahan hormon dan bentuk tubuh serta emosional yang bisa dikatakan tidak stabil. Selama fase kehamilan, pastinya ibu tidak ingin terganggu sebab keadaan tersebut. Kandungan senyawa menenangkan pada telur puyuh ternyata cocok dipakai menjadi makanan penawar stres. 

7. Tidak bersifat alergi 

Telur puyuh pun mengandung protein globulin atau sejenis protein yang tidak dapat larut di air yang rendah alergi. Sehingga tetap aman dan sangat cocok untuk dimakan ibu hamil yang alergi dengan telur. 

Baca Juga: Jenis Sarapan Pagi Ibu Hamil Trimester Pertama yang Sehat

Aturan Mengkonsumsi Telur Puyuh  

Saat memberikan telur puyuh pada ibu hamil, pastikan telah memasaknya sampai matang sempurna. Karena sebagian besar telur puyuh tidak terpasteurisasi. Tahapan pemanasan bisa membunuh bakteri berbahaya yang bisa jadi tertinggal di dalam cangkangnya. 

Guna mendeteksi apakah telur tersebut telah benar-benar matang atau belum, kamu dapat dilihat lewat kuning telurnya. Idealnya, kuning telur yang sudah matang sempurna telah tidak lagi terlihat cair. Jika kuning telurnya masih terlihat basah atau cair, artinya belum matang dengan sempurna. 

Catatan yang penting untuk para bumil jika ingin mengkonsumsi telur puyuh yaitu jangan mempunyai alergi. Umumnya, orang yang memiliki alergi pada telur ayam bisa merasa hal yang sama yakni alergi dengan telur puyuh. 

Sehingga, ada baiknya hanya mengkonsumsi telur puyuh sesuai anjuran dokter. Langsung periksakan ke dokter jika muncul alergi sesudah mengkonsumsinya. 

Bahaya Telur Puyuh yang Belum Matang 

Untuk ibu hamil dan individu yang bermasalah dengan imun, memakan telur puyuh mentah dapat mengakibatkan keracunan. Ini pun berlaku untuk berbagai jenis makanan mentah yang lainnya karena dapat membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. 

Lalu, jumlah ideal mengkonsumsi telur puyuh ini hanya 3-4 butir saja dalam sehari. Tetapi, tidak berarti dapat dikonsumsi setiap hari sebab lebih baik adar variasi dari sumber protein yang lainnya yang bagus untuk mu dan janin. 

Baca Juga: Ini Tips Hamil Sehat Sampai Melahirkan, Bumil Harus Tahu

Nah, itulah ragam manfaat telur puyuh untuk bumil yang sangat bagus untuk kesehatan janin. Tetap imbangi asupan dengan protein yang lainnya agar kebutuhan nutrisi untuk mu dan janin bisa selalu terpenuhi. Selain itu, kamu bisa dapatkan telur puyuh berkualitas hanya di Astro!

Download aplikasi Astro sekarang di Google Play Store & App Store untuk dapat belanja telur puyuh & makanan sehat lainnya untuk penuhi nutrisi ibu hamil. Belanja kebutuhan harian online, praktis, cepat sampai, dan dengan pelayanan 24jam penuh hanya di Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu