Begini Penjelasan Cara Menyimpan Daging Ayam di Kulkas Dicuci Dulu atau Tidak

Begini Penjelasan Cara Menyimpan Daging Ayam di Kulkas Dicuci Dulu atau Tidak

Kebutuhan stok makanan di rumah membuat kamu harus menyimpan daging ayam di freezer. Tetapi, apakah kamu tahu cara menyimpan daging ayam di kulkas dicuci dulu atau tidak? Nah, membekukan daging ayam di freezer memang menjadi pilihan yang tepat, tetapi kamu harus mengetahui caranya yang benar. 

Hal tersebut dilakukan supaya daging ayam yang disimpan dalam freezer masih segar dan kualitasnya tidak menurun sehingga saat kamu ingin mengolah dan mengkonsumsinya masih nikmat. Lalu, bagaimana cara menyimpan daging ayam yang benar? Apakah harus dicuci terlebih dahulu atau tidak? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Baca Juga: Biar Fresh Terus, Ini Cara Menyimpan Daging Tanpa Kulkas

Tips Simpan Daging Ayam yang Benar 

Dikutip dari southernliving.com, kamu dapat menyimpan daging ayam utuh di freezer atau bisa juga menyimpannya dalam keadaan sudah dipotong menjadi beberapa bagian. Namun, untuk memudahkan proses mencairkan dan memasak daging ayam, lebih baik daging ayam dipotong menjadi beberapa bagian terlebih dahulu. 

Namun, terdapat tips lain yang harus kamu ketahui selain memotongnya menjadi beberapa bagian saat ingin disimpan, berikut beberapa tips yang harus kamu ketahui. 

1. Tidak perlu mencuci daging ayam dahulu 

Daging ayam yang baru saja kamu beli, tidak perlu dicuci terlebih dahulu saat ingin memasukkannya ke dalam freezer. Proses pencuciannya dapat dilakukan ketika daging ayam ingin kamu masak atau olah saja. Jika ingin dibekukan, maka daging ayam tidak harus dicuci. Sehingga, daging ayam segar tersebut hanya perlu dipotong saja sesuai dengan kebutuhan kamu. 

2. Simpan dalam kantong plastik 

Hal berikutnya yang harus kamu siapkan adalah kantong plastik. Masukan potongan ayam pada satu plastik, pisahkan sesuai dengan kebutuhan kamu. Atau bisa juga kamu memisahkan sesuai bagian ayam, seperti satu plastik hanya untuk dada saja. Jika memungkinkan, kamu juga bisa memberi catatan pada kantong plastik sehingga bisa memudahkan kamu saat ingin memasaknya. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Ayam kamu di ASTRO!

3. Simpan dalam kotak khusus 

Ada baiknya saat ingin menaruh daging ayam di freezer, meskipun sudah di plastikan tetap berikan wadah atau kotak khusus untuk menyimpan daging ayam. Kamu dapat gunakan wadah besar untuk menyimpan semua stok daging ayam. Tutup rapat supaya bau nya tidak menyebar di dalam freezer dan agar bau ayam tidak mengkontaminasi makanan lain. 

Selain itu, hal ini harus kamu lakukan juga supaya saat ingin mengambil daging ayam tidak tertukar dengan daging yang lainnya dan menjaga kualitas daging agar tetap segar. 

4. Atur suhu kulkas 

Ketika menyimpan daging ayam di dalam freezer pastikan kamu mengatur suhunya sekitar 0 sampai 5 derajat celcius. Mengatur suhu kulkas ini bertujuan untuk menghambat perkembangan bakteri dan supaya daging ayam tetap segar saat disimpan di freezer demi menghindari daging rusak atau busuk karena penyimpanan yang tidak benar. 

Baca Juga: Bikin Bingung, Cara Menyimpan Daging di Kulkas Dicuci Dulu atau Tidak

5. Catat waktu penyimpanan 

Kamu yang ingin segera mengolah daging ayam mentah ini dapat menyimpannya pada rak paling bawah di kulkas. Menyimpan daging ayam di rak kulkas dapat mempertahankan kualitas daging ayam hingga 2 hari kedepan. 

Tetapi, jika kamu belum memiliki rencana untuk memasaknya dalam waktu 2 hari kedepan, maka pastikan kamu menyimpannya di dalam freezer. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, daging ayam yang dimasukan ke dalam freezer tidak perlu dicuci. Sebab, mencuci daging mentah yang ingin disimpan di freezer dapat meningkatkan resiko menyebarnya bakteri. 

6. Masukkan ke dalam freezer 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bila kamu ingin menyimpan daging ayam mentah lebih lama di dalam kulkas, maka kamu harus menyimpannya di dalam freezer. Lalu, daging ayam bisa bertahan berapa lama jika disimpan di freezer? Apabila kamu menyimpan daging ayam dalam freezer, maka daging tersebut dapat bertahan sampai 9 bulan, lho! 

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus, Biar Tetap Lezat

7. Menyimpan daging ayam matang 

Selain daging ayam mentah yang dapat kamu simpan di kulkas, kamu juga dapat menyimpan daging matang. Untuk ketahanan dari daging yang sudah matang bisa sekitar 2 sampai 6 bulan jika kamu menyimpannya di dalam freezer. Namun, bila hanya menyimpannya di dalam kulkas biasa saja, maka daging ayam matang ini hanya bisa bertahan selama 1 minggu saja.  

Nah, sekarang pertanyaan cara menyimpan daging ayam di kulkas dicuci dulu atau tidak sudah terjawab, ya? Menyimpan daging dengan cara yang benar dapat menjaga kualitas dari daging tersebut. Dengan begitu, maka rasa daging ayam tidak akan berubah walaupun tidak langsung diolah sesudah membelinya. 

Sesudah membaca ulasan di atas, apakah kamu menjadi ingin memasak atau menyetok daging ayam di rumah? Yuk, beli ayam dan kebutuhan dapur lainnya hanya di Astro! Astro merupakan aplikasi belanja online untuk kebutuhan sehari-hari yang bisa kamu gunakan hanya melalui smartphone saja, lho! 

Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini di Play Store atau Google App Store, buat akun dan kamu sudah bisa menggunakannya untuk belanja aneka produk  kebutuhan sehari-hari. Tunggu apalagi, download aplikasi Astro sekarang juga!

Arie Wahyu
Arie Wahyu