Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam yang Tidak Banyak Diketahui 

Rendam kaki menggunakan air garam merupakan terapi rumahan yang sudah dilakukan sejak lama. Tidak susah untuk menyiapkan home remedy ini kamu cukup menyiapkan ember yang besar guna menampung kedua kaki.

Bagaimana tips merendam kaki menggunakan air garam? Langkah pertama yang harus kamu lakukan itu mengisi ember dengan air hangat sampai agak penuh. Lalu masukan garam dapur dan aduk sampai rata.

Apabila kamu tidak memiliki garam dapur, maka kamu dapat memakai garam laut atau garam Epsom. Sesudah semua persiapan kamu lakukan, kamu bisa merendam kaki pada ember berisi air tersebut selama 20 sampai 30 menit guna merasakan khasiat yang maksimal.

Baca Juga: Cara Mengurangi Nyeri Otot Setelah Olahraga yang Paling Mudah

Khasiat Merendam Kaki Menggunakan Air Garam

Tidak hanya menjadi kegiatan untuk relaksasi saja, ternyata sudah banyak manfaat merendam kaki dengan air garam yaitu seperti berikut ini.

1. Menghilangkan pegal

Merendam kaki menggunakan air garam bisa berhasil guna menghilangkan pegal-pegal. Sebetulnya, manfaat yang satu ini tidak dihasilkan dari racikan garam secara khusus, tetapi hangat.

Fakta nya, air hangat bisa membantu otot, betis dan tumit menjadi rileks sesudah seharian berkontraksi ketika kamu berkegiatan. Tidak hanya itu, air hangat juga bisa melebarkan aliran darah peredaran darah menjadi jauh lebih lancar

2. Meredakan bengkak dan nyeri

Penelitian mengungkapkan jika kandungan magnesium yang tinggi di dalam garam Epsom bisa mencegah rasa nyeri dan bersifat menjadi anti radang. Oleh karena itu, merendam kaki pada air hangat dengan campuran garam Epsom dianggap dapat mengatasi bengkak dan nyeri. Tetapi,  khasiat yang satu ini masih harus diteliti lebih lanjut.

3. Mengatasi lecet

Terlalu lama menggunakan alas kaki atau memakai alas kaki yang sempit bisa menjadikan kaki mu lecet sampai timbul lepuhan. Tapi, keluhan yang satu ini dapat diatasi dengan cara merendam kaki menggunakan air garam.

Cara yang satu ini dianggap sangat bermanfaat guna mengatasi kaki yang sedang lecet. Kandungan mineral yang ada apa ada garam Epsom dianggap bisa melembutkan dan menenangkan kulit. Luka lepuh dan lecet juga dapat sembuh dengan lebih cepat.

4. Membantu atasi infeksi jamur

Garam Epsom dipakai guna mengatasi berbagai jenis infeksi dan luka jika dipakai dengan tepat. Tidak hanya itu, garam Epsom pun katanya bisa membantu menjaga kelembaban kulit sehingga menghindari terjadinya infeksi jamur di bagian kaki.

Manfaat yang satu ini tentu saja berguna untuk kamu kaum wanita ataupun pria yang sering terkena jamur pada kaki. Kamu bisa merendam kaki menggunakan air hangat dengan garam untuk menghindari infeksi jamur.

5. Mengurangi bau pada kaki

Salah satu manfaat dari merendam kaki menggunakan air garam yaitu bisa mengatasi bau kaki. Hal ini karena adanya kandungan natrium klorida atau NaCl yang ada di dalam garam laut atau garam dapur. Harus kamu ketahui bila kandungan tersebut adalah cairan normal yang terdapat pada tubuh serta sifatnya anti bakteri

Oleh sebab itu, sesudah seharian bekerja memakai sepatu, kamu bisa merendam kaki menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Kamu juga dapat memberikan sikatan halus di area permukaan kaki ataupun sela-selanya guna mengurangi bau karena adanya bakteri di area tersebut.  

Baca Juga: Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur Untuk Kesehatan Tubuh

6. Membuat kaki lebih halus

Garam laut yang bentuknya lebih kasar bisa kamu gosokan di permukaan kaki dan juga pada tumit guna menghamparkan sisa kulit mati. Jenis garam ini dianggap bisa mengatasi kulit yang sedang pecah pecah sehingga tampilannya akan kembali halus.

Selain itu, merendam kaki menggunakan air hangat dan garam sudah terbukti berkhasiat guna menjaga kelembaban kulit kaki. Manfaat yang satu ini karena adanya kandungan magnesium yang terpapar di kulit kaki ketika sedang direndam.

Untuk kulit kering karena alergi, air hangat dengan campuran garam pun bisa menjadi sebuah solusi untuk kamu meredakan alergi yang sedang terjadi pada kulit.

7. Meredakan stress

Merendam kaki pada air hangat yang sudah dicampur dengan garam Epsom, dapat menenangkan pikiran mu sesudah melalui hari yang sangat panjang dan juga melelahkan. Dengan demikian, kamu dapat menjadikan kegiatan merendam kaki sebagai cara untuk melepas lelah dan menghindari stress di rumah.

8. Mengatasi kulit kaki pecah-pecah

Kulit kaki yang pecah-pecah dapat diakibatkan dari berbagai hal. Salah satunya yaitu terkena bahan iritan dalam waktu yang lama. Apabila kamu kerap kali mencuci pakaian menggunakan deterjen yang mengakibatkan iritasi di bagian kulit kaki.  

Tidak lupa kamu harus selalu mencuci kaki mu sesudah memakai air deterjen tersebut. Kamu dapat merendam kaki mu memakai air garam guna menjaga kelembabannya.

9. Merawat kuku

Memiliki kuku yang sulit di rapikan dan terasa tebal tentunya sangat mengganggu kamu bukan? Untuk itu kamu dapat mencoba merentang kakimu memakai air yang telah dicampur dengan garam sebelum kamu menggunting kuku kaki mu tersebut.

Bukan hanya menggunting kuku, kamu pun harus rajin memperhatikan kesehatan dari kulit kaki dengan cara melakukan observasi rutin. Hal ini dilakukan agar jika ada kulit kaki atau kuku yang bermasalah, kamu bisa menanganinya dengan cepat sebelum kondisinya semakin parah.

10. Mencegah insomnia

Merendam kaki menggunakan air garam yang memiliki kandungan magnesium Sulfat pun dianggap efektif guna mengatasi masalah tidur seperti insomnia. Hal ini sebab peredaran darah pada kaki menjadi jauh lebih lancar. 

Aliran darah yang sangat lancar bisa membantu kamu merasa lebih nyaman dan menurunkan rasa stress serta menghilangkan pegal di area kaki.

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu , Ini Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Demikianlah, sejumlah manfaat merendam kaki dengan garam yang bisa kamu coba mulai sekarang untuk mengatasi bau kaki, bahkan stres. Tidak perlu melakukannya terlalu sering, lakukan saja 1-2 kali dalam seminggu, ya! 

Jangan lupa juga kalau kamu bisa mendapatkan garam dan juga kebutuhan sehari-hari lainnya di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dari Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu