Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak tahu khasiat jahe, rempah-rempah yang satu ini kerap menjadi incaran setiap orang bahkan sejak jaman penjajahan, kamu pasti tahu bahwa jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang diincar penjajah pada masa lalu, tentu saja dikarenakan memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Karena jahe mengandung banyak khasiat, maka minuman yang mengandung jahe juga akan memberikan banyak khasiat atau manfaat untuk seseorang. Biasanya orang-orang minum jahe ketika malam hari, atau di musim dingin untuk menghangatkan suhu tubuh.

Nah, apakah kamu pernah minum jahe di malam hari? Bukankah itu membuat tubuhmu menjadi lebih nyaman? Kamu harus tahu bahwa meminum jahe pada malam hari terutama sebelum tidur dapat memberikan banyak khasiat atau manfaat untuk tubuhmu, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Cara Membuat Beras Kencur: Resep dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur

Jika kamu membiasakan minum jahe sebelum tidur, maka kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat jangka pendek dan jangka panjang bagi kesehatan tubuh. Apakah kamu ingin membiasakan minum jahe sebelum tidur? 

Membiasakan diri mengonsumsi jahe yang diseduh setiap malam sebelum tidur memang agak sulit untuk pertama kali, karena rasanya yang memang mengharuskan kamu untuk beradaptasi terlebih dahulu, jahe memiliki ketajaman rasa yang dapat membuatmu tidak nyaman saat meminumnya.

Akan tetapi kamu bisa mencampurkannya dengan susu atau pemanis lainnya, namun sebaiknya pilih yang rendah kalori dan lebih alami, misalnya seperti gula stevia dan lain sebagainya. Berikut ini penjelasan tentang manfaat minum jahe untuk kesehatanmu, terutama sebelum tidur.

1. Badanmu akan lebih segar saat bangun tidur

Minum jahe sebelum tidur akan memberikan dampak positif dalam jangka pendek, diantaranya ialah badan akan terasa lebih segar saat kamu bangun tidur. Hal tersebut dikarenakan nutrisi yang dikandung oleh jahe dapat memberikan kenyamanan tubuh melalui sensasi hangatnya, sehingga tubuhmu akan lebih segar ketika bangun dari tidur.

Kamu bisa mencobanya sebelum tidur, sekitar beberapa jam sebelum kamu menyikat gigi dan menarik selimut. Malam pertama kamu meminum jahe akan merasakan langsung khasiatnya, walaupun mungkin akan sedikit lebih sulit karena kamu belum terbiasa.

2. Menjaga berat badan

Kamu juga harus tahu bahwa mengkonsumsi jahe rutin sebelum tidur dapat menurunkan berat badan, terutama bagi kamu yang banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang membuat tumpukan kalori di tubuh setiap harinya, jahe akan membantumu menurunkan berat badan.

Siapa yang tidak mau bentuk tubuh yang ideal? Menjaga berat badan berarti membuat bentuk tubuhmu lebih ideal, selain itu juga berat badan yang tidak berlebihan dapat membuat tubuhmu lebih sehat, terhindar dari berbagai ancaman penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan berat badan.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

3. Menyembuhkan pegal-pegal

Apabila kamu sering merasa pegal-pegal atau nyeri di beberapa bagian sendi tubuh, jahe memiliki khasiat dan manfaat untuk meredakan nyeri yang dirasakan oleh kamu di beberapa bagian tubuhmu. Jadi, setelah kamu rutin minum jahe setiap sebelum tidur, maka di pagi hari badanmu akan lebih baik.

Kamu tidak akan merasakan nyeri sendi atau pegal-pegal di beberapa bagian tubuhmu lagi, maka dari itu sebaiknya kamu membiasakan rutin minum jahe setiap malam sebelum tidur, sehingga kamu akan terhindar dari berbagai macam gejala pegal-pegal di tubuhmu yang kamu rasakan setiap bangun tidur atau setelah melaksanakan aktivitas fisik.

4. Meminimalisir resiko terkena penyakit jantung

Salah satu khasiat yang diberikan jahe untuk tubuhmu adalah menghindari kamu dari resiko terkena penyakit jantung. Dengan membiasakan rutin minum jahe sebelum tidur, kamu akan dibantu terhindar dari serangan atau ancaman penyakit jantung, sungguh bermanfaat bukan?

Jadi, selain jangka pendek, khasiat jahe juga dapat dirasakan untuk jangka panjang. Kamu dapat hidup lebih sehat dengan tidak takut terkena serangan penyakit jantung yang tentunya membahayakan nyawamu, sungguh besar manfaat dan khasiat jahe bagi kamu yang memilih rutin mengkonsumsinya.

Akan tetapi ada faktor lain yang mempengaruhi kesehatanmu, diantaranya adalah pola makan dan asupan tubuh, sebaiknya kamu juga memperhatikan itu, karena akan percuma walau kamu mengonsumsi jahe secara rutin apabila asupan makan yang kamu konsumsi tidak dijaga atau diatur dengan baik.

Baca Juga: 7 Manfaat Kumur Air Garam Untuk Kesehatan 

Demikian penjelasan tentang manfaat jahe bagi kamu yang mengkonsumsinya dengan rutin, terutama sebelum tidur. Sebaiknya kamu membiasakan minum jahe sebelum tidur demi mendapatkan banyak khasiatnya, dari mulai khasiat jangka pendek sampai jangka panjang.

Jika kamu ingin memulai minum jahe, sebaiknya kamu membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat minuman jahe yang kaya akan manfaatnya itu melalui layanan aplikasi belanja online, kamu bisa membuat minuman jahe sendiri atau membeli produk alami atau minuman jahe herbal dalam kemasan.

Belanja online membuatmu nyaman, mudah menemukan ketersediaan barang yang dicari, memudahkan dalam transaksi dan menghemat waktu. Pastikan kamu membelinya melalui aplikasi terpercaya seperti Astro. Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store Sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu