Tidak Banyak yang Tahu Ini Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak Banyak yang Tahu Ini Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Lada hitam adalah salah satu bumbu dapur yang sangat sering dipakai untuk membuat makanan sehari-hari. Terbuat dari merica yang dikeringkan, lada hitam mempunyai rasa yang tajam dan pedas sehingga menjadikan makanan terasa lebih nikmat. Tidak hanya bermanfaat menjadi penambah citarasa makanan, ada manfaat lada hitam untuk kesehatan berkat senyawa bioaktifnya yakni piperin.

Piperin merupakan alkaloid alami yang bisa memberi rasa pedas dalam lada hitam dan juga yang membuat rempah satu ini mempunyai khasiat kesehatan. Piperin diyakini menjadi jenis antioksidan yang dapat membantu mengurangi resiko sejumlah penyakit kronis, seperti kondisi neurologis, penyakit kardiovaskular dan aterosklerosis.

Untuk itu, mari simak kandungan dan manfaat dari lada hitam untuk kesehatan secara lengkapnya seperti berikut ini.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, Tidak Hanya Dari Warnanya Saja

Nutrisi yang Terkandung pada Lada Hitam 

Pada 1 sendok makan lada hitam ada 17 kalori dan berbagai nutrisi seperti: 

  • Vitamin K 12 mg 
  • Vitamin A 38 IU 
  • Fosfor 11 mg 
  • Kalium 90 mg 
  • Kalsium 30 mg 
  • Protein 0,7 gram 
  • Karbohidrat 4,5 gram 
  • Serat 1,8 gram

Ragam Manfaat Lada Hitam untuk Tubuh

Tahukah kamu jika lada hitam diyakini menjadi raja rempah-rempah dan telah dipakai untuk pengobatan sejak lama. Nah, kandungan senyawa yang ada pada rempah yang satu ini mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Tinggi antioksidan 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika piperin adalah komponen utama pada lada hitam yang bisa memberikan manfaat kesehatan, sebab komponen ini mempunyai sifat antioksidan yang sangat kuat. Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan antioksidan dapat mencegah dampak buruk dari paparan radikal bebas. 

Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak berbagai sel dalam tubuh. Jika masuk ke tubuh mu dengan jumlah yang banyak, radikal bebas dapat mengakibatkan masalah kesehatan, seperti kanker, penyakit jantung, penuaan dini dan peradangan. 

2. Mempunyai sifat antiinflamasi 

Peradangan kronis dapat menjadi penyebab yang mendasari berbagai keadaan seperti kanker, diabetes, penyakit jantung dan radang sendi. Tidak sedikit penelitian laboratorium telah menunjukkan jika piperin dapat melawan peradangan dengan efektif. 

Pada penelitian kepada tikus yang mempunyai masalah peradangan pada sendi, piperin dapat mengurangi pembengkakan yang menjadi pertanda peradangan telah berkurang. Tetapi, dampak antiinflamasi lada hitam dan piperin ini belum dikembangkan secara ekstensif pada manusia. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan kebutuhan sehari-hari kamu seperti Lada dan Garam di Aplikasi ASTRO!

Tidak Banyak yang Tahu Ini Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

3. Bermanfaat untuk otak 

Lada hitam pun diyakini berguna untuk meningkatkan fungsi dalam otak. Salah satu penelitian pada tikus yang mengidap penyakit Alzheimer menemukan jika piperin pada bumbu dapur ini bisa meningkatkan memori.

Hal tersebut bisa terlihat dari tikus yang mengkonsumsi piperin, dapat berulang kali melalui labirin dengan cepat dibandingkan tikus yang tidak mengkonsumsi senyawa tersebut. Walaupun begitu, tidak diketahui apakah manfaat dari lada hitam ini bisa berlaku juga pada manusia. 

Baca Juga: Mengenali Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan 

4. Bagus untuk sistem pencernaan 

Manfaat lainnya dari lada hitam yaitu melancarkan sistem pencernaan. Hal tersebut bisa terjadi sebab rempah-rempah ini bisa memicu asam klorida pada perut, sehingga dapat mencerna dan menyerap makanan yang kamu konsumsi dengan baik. Lada hitam pun mempunyai sifat karminatif yang bisa mengurangi ketidaknyamanan dan penumpukan gas di dalam usus. 

5. Memperkuat imun tubuh 

Sistem kekebalan yang bagus sangat penting guna membantu mencegah dan melawan berbagai penyakit dan lada hitam dapat mendukung hal tersebut. Senyawa aktif pada rempah yang satu ini mempunyai peran untuk meningkatkan sel darah putih yang dipakai tubuh guna melawan virus dan bakteri yang menyerang. 

6. Mengontrol kadar gula darah 

Studi yang lain pun menunjukkan jika piperin yang ada di dalam lada hitam ini dapat membantu meningkatkan metabolisme pada gula darah. Sebanyak 86 orang yang mempunyai berat badan berlebih mengkonsumsi suplemen dengan kandungan piperin didalamnya dan senyawa yang lainnya selama 8 minggu, merasakan peningkatan sensitivitas pada insulin yang sangat signifikan. 

Sensitivitas insulin merupakan ukuran seberapa bagus hormon insulin bisa menghilangkan glukosa pada aliran darah. Walaupun begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih dalam guna memastikan manfaat dari lada hitam ini. 

Sehingga, alih-alih memakai garam, kamu dapat memakai lada hitam menjadi penambah rasa makanan yang sangat aman dan dapat memberikan manfaat kesehatan. Tetapi, tetap waspada dengan lada hitam karena dapat berinteraksi dengan beberapa obat tertentu. 

7. Mencegah tumbuhnya sel kanker 

Penelitian menunjukkan jika piperin pada lada hitam dianggap bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, seperti kanker usus besar, kanker prostat dan kanker payudara. Piperin yang bekerja dengan cara menurunkan dampak dari radikal bebas dan mengurangi peradangan, sehingga tumbuhnya sel kanker bisa dihambat. 

Walaupun begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih dalam guna membuktikan manfaat lada hitam untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Tidak hanya yang sudah disebutkan di atas saja, lada hitam juga ternyata bisa menurunkan resiko terjadinya berbagai penyakit kronis seperti gangguan saraf, penyakit kardiovaskular, dan aterosklerosis. 

Hal tersebut sebab tingginya kandungan dari antiradang dan antioksidan yang ada di dalam lada hitam. Walaupun manfaat dari lada hitam ini sangat banyak untuk kesehatan tubuh, pastikan kamu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan sebab dapat mengakibatkan efek samping seperti sakit perut dan mual. 

Baca Juga: Manfaat Makan Bawang Merah Mentah Untuk Kebugaran

Itu tadi ragam manfaat lada hitam untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi lada hitam. Kamu bisa menambahkan lada hitam pada setiap masakan mu untuk memperoleh khasiatnya yang bisa menyehatkan tubuh.

Pastikan bahan masakan selalu tersedia di rumah dengan Astro. Nggak perlu repot keluar rumah, cukup pesan lewat aplikasi Astro dan pesanan kamu akan sampai dalam waktu singkat. Pesan sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store.

Arie Wahyu
Arie Wahyu