Resep Tahu Crispy Bisa Menjadi Ide Cemilan Keluarga Ketika Weekend

Resep Tahu Crispy Bisa Menjadi Ide Cemilan Keluarga Ketika Weekend

Acara kumpul keluarga juga tentu akan makin seru dengan adanya cemilan yang bisa disantap ketika sedang bersama-sama. Ada banyak pilihan cemilan favorit keluarga yang bisa dipilih, salah satu rekomendasinya adalah resep tahu crispy yang belakangan ini sedang hits. Rasanya yang crunchy di setiap gigitan membuat setiap orang akan ketagihan sehingga tahu crispy wajib ada untuk dijadikan cemilan. Di bawah ini akan dijelaskan dengan lengkap mulai dari bahan yang dibutuhkan hingga cara memasaknya.

Baca Juga: Mencicipi Tahu Kuning hingga Tahu Gejrot, Kenali Berbagai Jenis Tahu di Indonesia

Bahan-bahan membuat tahu crispy

– 200 gram jenis tahu putih

Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk pelapis basah

 – 3 sendok makan tepung kering

– 1/2 sendok teh kaldu bubuk

– 1/4 sendok teh baking powder

– 1 siung bawang putih yang dihaluskan

– 1/2 sendok teh garam

– Air secukupnya

Bahan untuk pelapis kering

– 12 sendok makan tepung terigu

– 1 sendok teh lada bubuk

– 1 sendok teh kaldu bubuk

– 4 sendok makan tepung beras

Cara memasak:

  1. Kamu bisa mulai dengan mencuci tahu putih hingga bersih kemudian potong berukuran persegi atau dadu.
  2. Buat adonan basah terlebih dahulu dengan mencampurkan 3 sendok makan tepung kering yang dicampur dengan bahan lainnya (pastikan adonan tidak terlalu cair).
  3. Setelah adonan basah selesai dibuat, selanjutnya memasukkan tahu ke wadah yang terisi adonan basah.
  4. Agar bumbu bisa menyerap ke dalam tahu, maka kamu bisa tunggu sekitar 10 menit atau lebih.
  5. Kemudian ambil tahu yang ada di bahan basah lalu masukkan ke bahan kering sampai merata.
  6. Lalu angkat dan hentakkan beberapa kali agar tidak ada tepung yang menempel berlebihan karena akan berpengaruh terhadap teksturnya.
  7. Setelah itu goreng tahu di minyak yang sudah dipanaskan sampai matang kemudian tiriskan.
  8. Untuk menambah tekstur lebih crispy, kamu bisa goreng untuk kedua kalinya kemudian angkat lalu tiriskan.
  9. Sajian tahu crispy siap dinikmati keluarga.

Baca Juga: Resep Cireng Bumbu Rujak, Camilan yang Bikin Kamu Ketagihan!

Untuk membuat resep tahu crispy biasanya menggunakan tahu putih. Selain tahu putih, ternyata masih ada banyak jenis tahu lainnya di pasaran yang akan dibahas berikut ini.

Tahu Sutera

Salah satu jenis tahu yang harus diketahui adalah tahu sutera yang asalnya dari Asia Timur dengan tekstur lembut dan mudah sekali hancur. Kebanyakan masyarakat menyebutnya dengan tofu yang dikemas plastik kedap udara cocok untuk buat puding maupun sop.

Tahu Cina

Ada juga tahu Cina yang hampir sama dengan tahu putih tetapi bedanya adalah ukuran lebih besar dan terlihat gemuk. Teksturnya bisa lebih padat karena ditambahkan zat kalsium sulfat sehingga membuat perut kamu cepat kenyang setelah dikonsumsi.

Tahu Sumedang / Pong

Bagi kamu yang suka pergi ke Provinsi Jawa Barat tentu sudah tahu yang namanya Tahu Sumedang atau Pong. Dengan kulit yang berwarna coklat dan permukaan kasar, tahu yang satu ini mempunyai kadar air lebih besar dibanding jenis lainnya.

Tahu Kuning

Sesuai dengan namanya, tahu ini berwarna kuning karena terjadi proses perendaman menggunakan rempah kunyit yang ditambahkan garam. Saat kamu coba maka Tahu Kuning ini akan terasa lebih gurih daripada tahu putih.

Baca Juga: Tak Perlu ke Restoran, Ini Cara Mudah Bikin Topokki Sendiri di Rumah

Selain banyak jenisnya seperti yang dijelaskan diatas, tahu juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Mulai dari menurunkan risiko kolesterol, mengoptimalkan pertumbuhan rambut, menurunkan gejala menopause, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan otak, dan masih banyak lagi. Makanya kamu harus menyediakan stok tahu berbagai jenis di rumah dengan belanja secara mudah dan praktis hanya di aplikasi Astro. Selain tahu, aplikasi ini menjual berbagai bahan-bahan masakan lainnya mulai dari daging, beras, minyak, tepung, dan masih banyak lagi. Pesan sekarang lewat aplikasi Astro maka pesanan kamu akan sampai dengan cepat hanya dalam hitungan menit ke rumah.

Hakim Habibie
Hakim Habibie