Ini Resep Sayur Lodeh Jawa Sedap dan Menyehatkan

Saat ingin makan tentunya merasa tidak lengkap jika di atas meja makan tidak tersedia sayur. Memang banyak sekali sayur yang bisa kamu masak tetapi ada satu sayur yang memiliki rasa dan aroma khas yaitu sayur lodeh. Ciri khas dari sayur yang satu ini terletak dari penggunaan sayuran yang segar dan tentunya dari santan yang digunakan sehingga aromanya bisa menggugah selera kamu. Sayur lodeh paling cocok disantap dengan ayam goreng, ikan goreng, dan juga sambal. Jika kamu tertarik, di bawah ini akan dijelaskan tentang resep sayur lodeh Jawa yang sedap dan tentunya menyehatkan tubuh kamu.

Baca Juga: Resep Sayur Asem Sederhana, Favorit Keluarga Indonesia

Bahan-bahan

Sebelum mulai memasak, pastikan kamu memiliki bahan-bahan di bawah. Jika ada bahan yang tidak ada di dapurmu, jangan lupa kamu bisa pesan semua kebutuhan masak di aplikasi Astro!

Bahan bumbu

Proses Pembuatan

Baca Juga: 3 Resep Sayur Cuciwis Yang Lezat & Cocok untuk Variasi Menu Sehat Harian

  1. Masukkan air ke dalam panci kemudian masak sampai mendidih.
  2. Rebus nangka muda, labu siam, dan juga jagung manis sampai lunak kemudian buang airnya.
  3. Tuang santan ke dalam panci yang sudah terisi sayuran kemudian nyalakan api sedang hingga mendidih.
  4. Siapkan bumbu halus kemudian masukkan bumbu halus, kacang panjang, daun melinjo, cabai, buah melinjo, terong, dan tempat semangit yang dimasak sampai sayur menjadi lunak.
  5. Kemudian masukkan santan kental ke dalam panci kemudian tunggu hingga mendidih.
  6. Setelah mendidih lalu matikan kompor dan sajikan sayur lodeh selagi hangat.

Melihat bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep sayur lodeh Jawa maka ada banyak sekali sayuran yang menyehatkan tubuh kamu. Mulai dari nangka muda yang mengandung kalium yang tinggi sehingga bisa mengurangi risiko hipertensi, kaya vitamin A dan C, serta magnesium yang bagus untuk tulang. Kemudian ada juga kacang panjang yang bisa menjaga kesehatan kulit dan jantung, mengatasi penyakit asam urat, hingga menurunkan kadar gula dalam darah yang tinggi.

Selain itu, sayuran yang ada di sayur lodeh adalah daun melinjo yang banyak mengandung nutrisi dan juga antioksidan. Dengan konsumsi daun melinjo maka bisa menjaga tubuh tetap ideal, meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, hingga menurunkan asam urat. Ada juga labu siam yang cocok untuk menu MPASI si kecil karena bisa melancarkan pencernaan bayi, mengoptimalkan daya tahan tubuh, meminimalisir terjadinya obesitas, dan bisa meningkatkan perkembangan otak si kecil.

Baca Juga: Resep Tradisional Ketupat Sayur Betawi yang Wajib Kamu Coba

Satu lagi sayuran yang ada adalah terong ungu yang juga bermanfaat untuk tubuh kamu mulai dari membantu program diet yang sedang dijalani, menjaga kesehatan hati dan juga otak, mencegah diabetes, dan sangat cocok untuk ibu hamil dan juga janin. Banyaknya sayuran yang ada di sayur lodeh membuat sayur ini bisa dikonsumsi secara rutin yang bahan-bahannya bisa beli di aplikasi Astro. Salah satu aplikasi yang menjamin semua produk termasuk sayuran, buah-buahan, dan daging masih dalam keadaan segar saat sampai di rumah kamu. Yuk, download aplikasi Astro di Play Store & App Store sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie