Resep Sayur Asem Sederhana, Favorit Keluarga Indonesia

Resep Sayur Asem Sederhana, Favorit Keluarga Indonesia

Siapa sih yang nggak suka dengan sayur asem? Cita rasa asam, manis, asin, dan pedas, semua menyatu dengan kesegaran aneka sayuran, apalagi kalau dinikmati dengan nasi hangat, hmm nikmat! Meski punya cita rasa yang kompleks, ternyata untuk membuat hidangan sayur asem ini nggak repot lho, kamu hanya perlu siapkan bahan-bahan sederhana  dan bumbu halus untuk memasak sayur asem yang lezat, proses memasaknya pun cepat jadi cocok banget buat kamu yang punya jadwal padat. 

Nggak cuma enak, sayur asem juga punya segudang manfaat kesehatan lho, menurut situs halodoc, menu sayur asem mengandung zat besi, vitamin B1 , dan fosfor yang punya manfaat untuk meningkatkan fungsi sel darah merah, menambah energi, serta menjaga kekuatan tulang dan gigi. Karena bahan-bahannya, sayur asem juga termasuk kedalam hidangan vegetarian, jadi bisa banget nih kamu coba jika sedang menjalani lifestyle vegetarian. Menarik banget kan, langsung aja yuk coba resep sayur asem berikut!

Bahan

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Sayur Asem kamu di ASTRO!

Resep Sayur Asem Sederhana, Favorit Keluarga Indonesia

Bumbu Dihaluskan

  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung
  • 2 bh cabai merah keriting
  • 2 buah

Cara Membuat

  1. Rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu halus, lengkuas, daun salam, asam segar, kaldu bubuk, garam dan gula pasir.
  2. Setelah mendidih masukkan kacang panjang, labu siam, melinjo, pepaya muda, nangka muda/ terong dan jagung, masak sebentar.
  3. Kemudian tambahkan daun melinjo, masak hingga matang. Angkat dan sajikan.

Yuk coba memasak resep sayur asem sendiri dirumah. Kalau bahan-bahan yang diperlukan masih kurang, nggak perlu khawatir, langsung pesan bahan-bahan sayuran, bumbu masak hingga paket masak sayur asem siap masak yang berkualitas dari Astro. Bahan-bahan cepat sampai dan tetap segar sampai di tangan kamu!

Referensi:

Mengenal Kandungan Nutrisi dalam Sayur Asem

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu