Resep Kari Kambing yang Enak dan Tidak Bau

Daging kambing memiliki ciri khas bau daging itu sendiri, namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu akan tetap mudah dalam mengaturnya supaya tidak ada bau daging. Apalagi memang dikenal juga dengan daging merah yang punya kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh atau sumber protein hewani dengan kandungan zat besi, ada juga seng, vitamin B6 dan vitamin B12 serta ada niasin dalamnya.

Namun, kamu harus ingat bahwa daging kambing punya kolesterol tinggi, lemak jenuh, dan juga kandungan garam yang bisa bahaya jika kamu mengonsumsi dalam porsi yang tidak sedikit. Maka kamu harus mengolahnya dengan benar agar daging bisa enak dan tidak bau.

Daging kambing juga banyak dimasak dalam berbagai jenis masakan khas Indonesia, salah satunya adalah kari kambing yang jadi makanan kesukaan banyak orang. Adapun resep kari kambing yang bisa kamu ikuti dengan cara praktis dan juga anti ribet, dijamin enak dan tidak bau.

Baca Juga: Cara Memilih Daging Sapi yang Baik dan Berkualitas

Cara Mengolah Daging Kambing Supaya Tidak Bau

Berikut ini cara mengolah daging kambing supaya tidak bau, intip yuk!

  1. Tidak cuci daging, sebab jika kamu mencucinya sebelum mulai memasak atau pengolahan maka akan ada bau prengus dari daging kambing itu sendiri yang jauh lebih bau dari sebelumnya. Lebih baik masukkan langsung pada air rebusan yang sudah diberi bumbu rempah. 
  2. Masak daging pada suhu sekitar 63 derajat celcius, jika ingin dipanaskan kembali bisa masak hingga 70 derajat celcius. 
  3. Memakai pisau dan talenan yang terpisah agar tidak ada kontaminasi silang. Jangan pakai pisau dan dan talenan yang sama dengan sayur atau buah.
  4. Tambahkan jeruk nipis yang sudah diperas agar bisa kurangi bau prengus dan sekaligus hilangkan bau bakteri pada daging.
  5. Bungkus dan remas daging dengan daun pepaya sekitar 60 menit saja. Ini agar daging lebih empuk dan tidak bau.

Bahan Kari Kambing yang Diperlukan

Supaya bisa menghasilkan resep kari kambing yang enak dan tidak bau, maka kamu bisa ikuti di bawah ini, intip yuk bagaimana dan apa saja yang disiapkan!

  1. Siapkan daging kambing dari bagian paha yang sudah dipotong sekitar 600 gram 
  2. Siapkan juga 1 liter santan yang dari 1 butir kelapa, kemudian diencerkan sekitar 500 ml dan juga yang santan kental sekitar 500 ml juga
  3. Batang sereh sekitar 3 dan memarkan
  4. Selanjutnya siapkan 5 lembar daun jeruk
  5. 4 cm lengkuas dan memarkan
  6. Siapkan kayu manis sekitar 3 cm saja
  7. Minyak yang akan digunakan untuk menumis sekitar 5 sdm saja
  8. Sediakan juga kecap manis sekitar 2 sdm
  9. Daun kari

Baca Juga: Resep Rendang Daging Sapi Untuk Lebaran, Gurih dan Nikmat!

Bumbu Halus yang Harus Disiapkan

  1. Bawang merah sebanyak 10 butir
  2. Bawang putih sebanyak 5 siung
  3. Bubuk kari sekitar 1 sdm
  4. Siapkan 2 sdt garam
  5. Gula pasir sekitar ½ sdm
  6. 10 cabai merah keriting

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Kari Kambing kamu di ASTRO!

resep kari kambing

Cara Memasak Kari Kambing yang Enak dan Tidak Bau, Mudah Dilakukan

Sebagaimana yang sudah dijelaskan bahwa mudah saja memasak kari kambing agar rasanya enak dan juga tidak menimbulkan bau. Setelah kamu sudah mempersiapkan semua bahan dan bumbu halusnya, maka bisa lakukan tahapan selanjutnya.

  1. Panaskan kompor dan taruh minyak yang sudah disiapkan, jika sudah panas maka tumis semua bumbu halus yang sudah kamu siapkan. Ada serai, daun jeruk, kemudian lengkuas, kayu manis. Tunggu hingga semua bumbu halus tersebut benar-benar jadi matang dan mulai bau harum.
  2. Selanjutnya tambahkan daging kambing, dan tumis sampai warnanya jadi berubah.
  3. Jika sudah begitu, maka masukkan santan yang encer, aduk dan masak sampai daging kambingnya jadi lebih lunak, dan usahakan masak dengan api sedang. Ketika pada proses ini, jangan sampai dibiarkan begitu saja, aduklah dan jangan sampai santannya pecah.
  4. Langkah selanjutnya adalah tambah dan masukkan santan yang kental dan masaklah dengan api yang masih kecil sampai matang. Kemudian cek apakah dagingnya sudah mulai lunak atau belum. Jika sudah melunak, maka kamu bisa masukkan daun kari dan juga kecap manis dalam wajan.
  5. Aduk hingga merata dan matikan kompor.
  6. Kemudian angkat dan kari kambing siap dihidangkan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memilih Bagian Daging Sapi untuk Steak yang Lezat

Demikian untuk resep kari kambing yang enak dan tidak bau. Ini perlu diperhatikan karena daging kambing sendiri juga punya manfaat yang baik untuk tubuh. Sebab, memiliki kandungan berupa zat besi, kemudian ada vitamin B12, ada juga vitamin B6, seng, dan ada juga niasin.

Untuk mempermudah kamu dalam membeli bahan makanan yang dibutuhkan, kamu bisa menggunakan aplikasi Astro. Dengan aplikasi Astro, kamu bisa berbelanja bahan makanan secara mudah dan cepat. Tidak perlu keluar rumah, semua bisa kamu dapatkan dengan beberapa kali klik saja.

 Yuk, gunakan aplikasi Astro sekarang juga dan nikmati momen Lebaran dengan penuh kebahagiaan!

Referensi:

5 Cara Mengolah Daging Kurban agar Tidak Amis

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu