Resep Ayam Goreng Bawang Putih Cocok Untuk Acara Keluarga di Rumah

Resep Ayam Goreng Bawang Putih Cocok Untuk Acara Keluarga di Rumah

Saat mengadakan acara di rumah tentunya tidak lengkap jika tidak tersedia menu makanan untuk disantap bersama. Salah satu pilihannya adalah ayam goreng bawang putih yang memiliki aroma khas tentunya membuat acara keluarga menjadi lengkap. Sesuai dengan namanya, menu ini menggunakan bahan utama bawang putih sehingga akan terasa wangi dan juga gurih. Bagi kamu yang suka masak untuk acara keluarga tentunya bisa pilih menu yang satu ini. Berikut ini akan dijelaskan resep ayam goreng bawang putih mulai dari bahan-bahan hingga cara membuatnya lengkap di bawah ini.

Baca Juga: Rahasia Sukses Memasak Ayam Enak dan Juicy: Cara Membersihkannya dengan Benar

Bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan-bahan bumbu marinasi:

Baca Juga: Resep Membuat Ayam Bakar dengan Teflon yang Enak dan Praktis

Cara membuat resep ayam goreng bawang putih:

  1. Pertama potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah anggota keluarga yang hadir. Kemudian cuci hingga bersih dan lumuri menggunakan jeruk nipis lalu diamkan sekitar 10 menit dan bersihkan.
  2. Kemudian ambil bawang putih kemudian digeprek dan masukkan ke air garam untuk direndam.
  3. Haluskan semua bumbu marinasi lalu campurkan 2 sendok makan tepung maizena.
  4. Masukkan ayam ke dalam bumbu marinasi sekitar 30 menit sampai meresap.
  5. Dilanjutkan dengan memanaskan minyak goreng hingga panas.
  6. Ambil potongan ayam secara satu-persatu kemudian goreng sampai benar-benar matang.
  7. Sambil menunggu ayam matang, masukkan bawang putih yang sudah digeprek ke minyak goreng untuk digoreng.
  8. Setelah matang lalu tiriskan ayam dan juga bawang.
  9. Sajikan ayam goreng bawang putih di meja makan untuk disantap keluarga.

Cara untuk membuat resep yang satu ini bisa dikatakan mudah sekalipun untuk kamu yang baru belajar masak. Selain mudah, resep ini tentunya menggunakan cukup banyak bawang putih yang ternyata memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat pertama yang akan dirasakan oleh tubuh kamu dari bawang putih adalah mampu menurunkan kadar kolesterol karena adanya zat allicin untuk menghambat terbentuknya kolesterol jahat atau LDL dalam hati.

Manfaat selanjutnya dari bawang putih yaitu menurunkan tekanan darah yang juga disebabkan zat allicin sehingga pembuluh darah menjadi rileks. Saat pembuluh darah rileks maka tentu aliran darah akan lancar sehingga menurunkan tekanan darah yang berlebih. Kemudian bawang putih juga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung karena bisa mengendalikan kolesterol sekaligus tekanan darah dengan baik. Sebenarnya masih ada banyak manfaat lainnya dari bawang putih makanya selalu sediakan bahan yang satu ini di dapur kamu.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Serundeng ala Rumahan yang Nggak Kalah Enak dari Restoran

Selain bawang putih, di resep ini juga menggunakan daging ayam yang juga terdapat protein yang lebih banyak di bagian dada yaitu 31 gram protein dari 100 gram. Jadi bagi kamu yang sedang menjalani program diet maka bisa beli ayam bagian dada yang tinggi protein dan rendah lemak. Apalagi sekarang tidak perlu bingung mau belanja bawang putih, ayam, dan berbagai macam bumbu karena sudah ada di aplikasi Astro. Aplikasi satu ini menyediakan ribuan produk pilihan dengan harga bersaing dan dijamin sampai hanya dalam hitungan menit saja, yuk langsung install aplikasi Astro sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie