Resep Ayam Betutu Bali Yang Pedas dan Kaya Rempah

Resep Ayam Betutu Bali Yang Pedas dan Kaya Rempah

Makanan khas Bali ada banyak dan seringkali menjadi incaran orang yang berlibur kesana. Salah satunya adalah ayam betutu yang memang wajib dicoba ketika berada di Bali. Dengan ayam yang empuk ditambah dengan berbagai bumbu rempah dan sambal membuat hidangan ini terasa lengkap. Kamu juga harus tahu bahwa betutu adalah proses memasak unggas termasuk ayam yang ada di Bali. Jadi ayam utuh yang sudah dicampurkan bumbu akan dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang di dalam sekam. Tetapi sekarang sudah banyak orang masak ayam betutu menggunakan wajan atau oven. Bagi kamu yang penasaran dengan cara membuatnya maka di bawah ini akan dijelaskan resep ayam betutu Bali yang rasanya pedas dan juga kaya rempah.

Baca Juga: Bikin Sambal Bali Sendiri dengan Resep Ini – Rasakan Sensasi Pedasnya!

Bahan-Bahan

Sebelum mulai memasak, pastikan kamu memiliki bahan-bahan di bawah. Jika ada bahan yang tidak ada di dapurmu, jangan lupa kamu bisa pesan semua kebutuhan masak di aplikasi Astro!

Bahan Bumbu

Bahan Pelengkap

Langkah-Langkah Memasak

Baca Juga: Rahasia Sukses Memasak Ayam Enak dan Juicy: Cara Membersihkannya dengan Benar

  1. Terlebih dahulu cuci ayam menggunakan air yang mengalir sampai bersih kemudian tiriskan sampai kering.
  2. Buat bumbu halus dengan blender bawang merah, cabai merah, dan juga bawang putih.
  3. Tumbuk sampai halus beberapa bahan seperti kunyit, lengkuas, ketumbar, gula merah, jahe, serai, kencur, kemiri, terasi, merica, dan juga garam.
  4. Selanjutnya tumis bumbu pada wajan sampai matang dan menimbulkan aroma wangi.
  5. Masukkan daun salam dilanjutkan dengan 2 batang serai kemudian aduk sampai terlihat layu.
  6. Kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumbuk kemudian aduk sampai benar-benar matang.
  7. Tambahkan air lalu masukkan ayam utuh ke dalamnya.
  8. Gunakan api yang kecil untuk memasak ayam dengan waktu berkisar 90 menit sampai air rebusan susut dari 1 liter menjadi 200 mililiter dan ayam terasa empuk.
  9. Setelah matang, ayam betutu khas Bali bisa disuguhkan bersama dengan bahan pelengkap.

Tips Memasak Ayam Betutu Bali Anti Gagal

1.Pilih Ayam Berkualitas:
Gunakan ayam kampung atau ayam negeri yang besar agar dagingnya tetap empuk setelah dimasak dalam waktu yang cukup lama. Pastikan memilih ayam yang sesuai untuk membuat hidangan ayam betutu.

2. Rebus dengan Hati-hati:
Jika air rebusan sudah menyusut tetapi ayam belum terasa empuk, tambahkan air panas dan lanjutkan merebus sampai ayam benar-benar empuk. Ini penting untuk memastikan ayam betutu memiliki tekstur yang lembut.

3. Alternatif Kukus dan Panggang:
Untuk memasak ayam betutu secara simpel, kukus ayam hingga empuk, lalu panggang sebentar dalam oven hingga terlihat agak kering. Metode ini tetap menghasilkan cita rasa yang lezat dan memudahkan proses memasak.

4. Manfaatkan Rempah-rempah:
Menggunakan rempah-rempah sebagai bumbu tidak hanya memberikan rasa yang kaya, tetapi juga membawa manfaat kesehatan. Rempah-rempah dapat membantu menghindari peradangan, menurunkan gula darah, mencegah alergi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengatasi masalah pencernaan seperti mual.

5. Belanja Rempah-rempah Lebih Mudah:
Beli berbagai rempah-rempah dengan mudah melalui aplikasi Astro, yang menyediakan lebih dari 3000 produk dari berbagai kategori. Kamu bisa dengan nyaman memilih bahan-bahan untuk memasak hidangan lezat, termasuk ayam betutu pedas kaya rempah ini!

Dengan mengikuti tips ini, proses memasak ayam betutu Bali yang pedas dan kaya rempah akan menjadi lebih mudah dan memberikan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba dan nikmati sajian kuliner khas Bali yang lezat!

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Bawang Putih Cocok Untuk Acara Keluarga di Rumah

Jangan lupa juga kalau kamu bisa membeli kebutuhan sehari-hari kamu seperti bahan-bahan untuk membuat ayam betutu di atas dan lainnya di aplikasi Astro! Yuk, rasakan kemudahan belanja online bersama Astro! Temukan berbagai pilihan buah segar, produk makanan, produk kecantikan, dan lainnya. Download aplikasi Astro sekarang di App Store & Play Store sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie