Perbedaan Kaldu Jamur dan Micin yang Tidak Diketahui

Perbedaan Kaldu Jamur dan Micin yang Tidak Diketahui

Sudah tidak menjadi rahasia lagi jika lidah orang Indonesia sangat peka dengan rasa. Bagaimana tidak, seperti yang kamu tahu bila Indonesia kaya akan bumbu dan rempah-rempah. Walaupun makanan khas setiap wilayah berbeda-beda, tetapi tetap lekat dengan bumbu yang sangat menguatkan cita rasa. 

Tetapi, pada zaman yang serba praktis ini, banyak masyarakat lebih memilih memakai kaldu jamur dan micin. Namun, apakah mereka tahu perbedaan kaldu jamur dan micin? Tentunya banyak yang tidak mengetahuinya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas perbedaan kaldu jamur dan micin yang tidak diketahui. 

Baca Juga: Ini Manfaat Kaldu Jamur Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi pada Kaldu Jamur dan Micin 

Sebelum kamu mengetahui perbedaan manfaat dari kaldu jamur dan micin, kamu harus mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang ada di kaldu jamur dan micin seperti berikut ini. 

Nutrisi kaldu jamur 

Dengan menambahkan kaldu jamur ke dalam masakan untuk dipakai menjadi penyedap ternyata memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Pasalnya, terdapat banyak kandungan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh di dalam kaldu jamur ini. Berikut ada beberapa nutrisi dalam kaldu jamur: 

  • Selenium 
  • Lemak tak jenuh 
  • Kalium 
  • Karbohidrat 
  • Protein 
  • Vitamin A, B6, B12, C, dan D 
  • Kalsium 
  • Magnesium 

Nutrisi micin 

Micin merupakan sejenis penyedap rasa yang dibuat dari bahan alami atau tetes tebu, bukan terbuat dari zat kimia lewat proses fermentasi. 

  • Asam glutamat 
  • Air 
  • Natrium 

Perbedaan Manfaat Kaldu Jamur dan Micin untuk Kesehatan 

Sesudah kamu mengetahui perbedaan nutrisi dari kaldu jamur dan micin, maka berikutnya kamu perlu mengetahui perbedaan manfaat kaldu jamur dan micin untuk kesehatan.  Di bawah ini ada sejumlah bedaannya, diantaranya: 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Micin dan Kaldu Jamur di Aplikasi ASTRO!

Perbedaan Kaldu Jamur dan Micin yang Tidak Diketahui

Manfaat kaldu jamur 

Biasanya kaldu jamur dipakai sebanyak 1-2 sendok makan per harinya. Kaldu jamur ini banyak dipakai menjadi taburan atau penyedap rasa, seperti pada pasta dan popcorn. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat dari kaldu jamur bagi kesehatan yang dapat kamu peroleh. 

1. Membantu pemulihan dan perkembangan otot 

Setelah mengetahui nutrisi yang ada dalam kaldu jamur, ternyata nutrisi tersebut bermanfaat untuk pemulihan dan perkembangan otot, khususnya untuk kamu yang mengimbanginya dengan rajin berolahraga.  

2. Menghindari kekurangan vitamin B12 

Tubuhmu membutuhkan asupan vitamin B12 guna menjaga sistem sarah, pembentukan sel darah merah, metabolisme energi, dan memproduksi DNA. Salah satu studi pada jurnal Nutrition Reviews mengungkapkan kaldu jamur yang kaya akan vitamin B12 bisa memenuhi kebutuhan untuk vegetarian. 

3. Menghalau radikal bebas 

Paparan radikal bebas bisa menyebabkan rusaknya sel tubuh. Antioksidan bisa membantu menghalau kerusakan ini dengan cara mengikat radikal bebas. Antioksidan yang tinggi bisa kamu dapatkan di dalam kaldu jamur yang bisa menghindari kerusakan dan membantu tubuh untuk membuang racun. 

4. Membangun kekebalan tubuh 

Kaldu jamur mempunyai kandungan beta glukan dan alpha mannan yang berdasarkan penelitian bisa membantu membangun kekebalan tubuh. Serat beta glukan yang ada di dalam kaldu jamur bisa membangun pertahanan tubuh akan risiko infeksi bakteri dan virus. 

5. Mengurangi kadar kolesterol 

Beta glukan di dalam kaldu jamur pun bermanfaat untuk turunkan kadar kolesterol yang ada di aliran darahmu. Tentunya kadar kolesterol yang sangat tinggi tidak bagus untuk kesehatan. Sejumlah komplikasi kolesterol tinggi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. 

Baca Juga: Penjelasan Perbedaan Kandungan Gizi Pada Tahu dan Tempe

Manfaat dari micin 

Selama ini micin selalu dituduh menjadi penyebab utama berkurangnya kecerdasan seseorang. Padahal tidak terdapat data yang bisa membuktikan tuduhan tersebut mengenai pengaruh micin pada kecerdasan. Sebaliknya, tidak sedikit peneliti yang sudah membuktikan manfaat micin untuk kesehatan seperti berikut ini. 

1. Memicu air liur 

Menambahkan micin pada makanan bisa memicu produksi air liur. Air liur berguna untuk membasahi makanan supaya kamu bisa mengunyahnya dengan mudah dan makananmu bisa meluncur di tenggorokan tanpa tersedak. 

2. Menurunkan konsumsi garam 

Tidak sedikit orang yang mengira jika menambahkan garam dalam makanan lebih baik dibandingkan menambahkan micin. Padahal micin maupun garam sama-sama memiliki kandungan natrium yang bisa membuat tekanan darah lebih tinggi.

3. Aman untuk tubuh 

Lembaga internasional seperti World Health Organisation (WHO) dan Food and Drug Administration (FDA) sudah memverifikasi keamanan dari micin. Bahkan penelitian mengenai micin sudah dilakukan dari 30 tahun lalu guna mengetahui pengaruh konsumsi micin untuk tubuh. 

Food Standards Australia New Zealand (FSANZ) pun sudah mengungkapkan jika micin aman dikonsumsi untuk tubuh selama masih pada batas wajar. 

4. Menambah cita rasa 

Menambahkan micin ke dalam masakan dapat menjadikan cita rasa masakan mu semakin kuat dan lezat. Micin terbukti menjadikan rasa masakanmu lebih gurih yang mana cita rasa tersebut tidak sama seperti rasa asin pada garam. Bahkan rasa yang dikeluarkan dari micin ini adalah rasa kelima yang akhirnya dikenal dengan julukan umami. 

5. Meningkatkan produksi cairan pada lambung 

Untuk pengidap gastritis atrofik, dengan menambahkan micin ke dalam makanan dapat melancarkan pencernaan. Gastritis atrofik adalah sebuah penyakit radang lambung yang diakibatkan dari rusaknya lendir yang melapisi dinding lambung membuat dinding semakin tipis. 

Micin sudah terbukti dapat meningkatkan produksi cairan lambung yang berarti micin bisa menurunkan resiko gastritis atrofik yang terjadi di dalam tubuh. 

Baca Juga: Penjelasan Perbedaan Kandungan Gizi Pada Tahu dan Tempe

Nah, itu dia beberapa perbedaan kaldu jamur dan micin dari segi kandungan nutrisi sampai manfaatnya untuk kesehatan. Semoga dengan membaca ulasan ini kamu sudah tidak bingung lagi untuk membedakan kaldu jamur dan micin. 

Dapatkan berbagai pilihan bumbu penyedap seperti kaldu jamur , micin dan lainnya hanya di aplikasi Astro. Aplikasi Astro siap bantu penuhi kebutuhan kamu selama 24 jam penuh dengan pengantaran kilat dalam hitungan menit! Untuk kamu yang mau belanja di Astro, langsung aja download aplikasi Astro yang tersedia di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu