Ini Manfaat Kaldu Jamur Untuk Kesehatan Tubuh

Kaldu jamur merupakan bumbu penyedap masakan yang dibuat dari ekstrak jamur Saccharomyces cerevisiae. Untuk bumbu yang satu ini tersedia berupa bubuk, butiran atau serpihan seperti keju parmesan bubuk dan rasanya juga hampir sama.

Ada berbagai manfaat kaldu jamur untuk kesehatan tubuh sebab kamu harus tahu jika jamur Saccharomyces cerevisiae bisa tumbuh karena media yang dicampurkan beberapa sumber seperti gula bit, air didih dan tebu sehingga mempunyai kandungan yang bisa menyehatkan tubuh. 

Kandungan nutrisi yang ada pada kaldu jamur bermanfaat untuk turunkan kadar kolesterol sampai melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. 

Baca Juga: Perbedaan Kaldu Jamur dan Micin yang Tidak Diketahui

Nutrisi pada Kaldu Jamur 

Kaldu jamur merupakan sumber protein, mineral dan vitamin yang berkualitas tinggi sehingga bagus untuk tubuh. Dalam seperempat cangkir pada kaldu mengandung sejumlah gizi seperti: 

  • Vitamin B1: 11,85 mg 
  • Vitamin B2: 9,70 mg 
  • Vitamin B6: 5,90 mg 
  • Vitamin B12: 17,60 mg 
  • Serat: 3 gram 
  • Protein: 8 gram 
  • Kalori: 60 gram 

Manfaat Kaldu Jamur bagi Kesehatan 

Biasanya kaldu jamur menjadi bumbu tambahan untuk berbagai jenis makanan sehingga membuat makanan menjadi lebih gurih. Tidak hanya menyedapkan masakan, kaldu jamur juga mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat dari kaldu jamur:  

1. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Penelitian sudah menunjukkan jika jamur Saccharomyces cerevisiae yang dipakai pada kaldu jamur bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi terjadinya peradangan karena infeksi bakteri. 

Jenis jamur yang satu ini mempunyai kandungan dua karbohidrat utama yaitu beta glucan dan alpha mannan. Penelitian menunjukkan jika menambah semua karbohidrat tersebut pada pakan ternak bisa menurunkan frekuensi infeksi bakteri seperti Salmonella dan E. coli pada babi, serta menurunkan pembentukan tumor pada tikus. 

Beta glucan dan alpha mannan bisa menghindari terjadinya infeksi dengan cara: 

  • Menghalau bakteri patogen yang ada di lapisan usus 
  • Memicu sel kekebalan tubuh yang menjadikannya lebih maksimal melawan infeksi 
  • Karbohidrat ini menempel di beberapa jenis racun tertentu yang dihasilkan jamur pada tanaman pangan dan menurunkan efek berbahaya 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Kaldu Jamur kamu di ASTRO!

2. Meningkat energi 

Sebagian produsen memperkuat kaldu jamur menggunakan vitamin B12, sehingga pastikan kamu cek labelnya. Vitamin B12 bisa meningkatkan energi, sebab bila kamu kekurangan vitamin ini mengakibatkan tubuh mudah lelah dan lemas. 

Kaldu yang dicampurkan vitamin B12 tentunya sangat membantu para vegan dan vegetarian, sebab vitamin ini kebanyakan ada di produk hewani, salah satunya adalah daging. 

Orang dewasa memerlukan sebanyak 2,4 mg vitamin B12 setiap harinya. Dalam ¼ cangkir kaldu ini mempunyai lebih dari 7 kali lipat jumlah tersebut. 

3. Meningkatkan kesehatan kuku, rambut dan kulit 

Sejumlah penelitian sudah menunjukkan jika kaldu jamur bisa membantu mengatasi masalah penampilan, termasuk dengan mencegah rontoknya rambut dan kuku yang rapuh. Lalu, kaldu jamur juga bisa membantu menurunkan timbulnya jerawat dan memperbaiki berbagai masalah kulit yang lainnya, khususnya di masa remaja. 

4. Membangun sensitivitas glukosa 

Beberapa orang meyakini jika manfaat dari kaldu jamur ini bisa membantu membangun sensitivitas glukosa pada pengidap diabetes tipe 2. Tetapi, sejumlah penelitian mengenai ragi yang diperkaya dengan kromium, sudah menemukan jenis ragi tersebut bisa membantu mengurangi kadar gula darah dan kolesterol pada hewan. Walaupun begitu, manfaat kaldu jamur lainnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut yang akurat. 

5. Membuat kehamilan lebih sehat 

United States Preventive Services Task Force menyarankan supaya seluruh wanita yang sedang merencanakan kehamilan bisa mengkonsumsi sekitar 400-800 mg asam folat per harinya guna mencegah kelainan bawaan dan membantu tumbuh kembang janin. 

Kaldu jamur bisa membantu kehamilan menjadi lebih sehat, sebab produsen kaldu ini umumnya menguatkan dengan asam folat. Inilah alasan dibalik kaldu yang menjadi suplemen bermanfaat untuk wanita hamil. 

Sejumlah merek kaldu jamur mungkin mengandung di atas satu porsi standar asam folat, sehingga ada baiknya Bumil berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum memakainya menjadi suplemen. 

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur 

6. Menghindari kekurangan vitamin B12 pada vegan 

Vitamin B12 guna sistem saraf yang sehat, produksi DNA, pembentukan sel darah merah dan metabolisme energi. Vitamin ini hanya ada secara alami pada produk hewani, sehingga para vegan perlu menambahkan dalam makanannya guna mencegah kekurangan vitamin B12. 

Mengingat kaldu jamur mempunyai vitamin B12, mengkonsumsi kaldu jamur ini bisa menjadi cara efektif guna mencegah kekurangan vitamin B12 ketika menjalani pola makan vegan. 

7. Melawan radikal bebas 

Mungkin tubuh manusia kerap kali menghadapi potensi kerusakan sel karena radikal bebas dari polusi udara, asap rokok, pestisida dan radiasi ultraviolet. Kaldu jamur pun mempunyai kandungan antioksidan glutathione dan selenomethionine yang kuat, sehingga bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas. 

Antioksidan ini bisa melindungi sel dari berbagai kerusakan karena logam berat dan radikal bebas serta membantu tubuh membuang racun dari lingkungan. Dengan mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti kaldu jamur ini bisa membantu menaikan kadar antioksidan dan menghalau penyakit kronis, termasuk degenerasi, kanker, dan jantung. 

8. Menurunkan kolesterol 

Beta glucan yang ada di kaldu ini pun bisa mengurangi kadar kolesterol. Ini sudah terbukti lewat sebuah penelitian. Pria pengidap kolesterol tinggi yang mengkonsumsi beta glucan sebanyak 15 gram yang asalnya dari kaldu jamur ini hasilnya bisa menurunkan kadar kolesterol sebanyak 6%. 

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur 

Nah, itulah sejumlah manfaat kaldu jamur untuk kesehatan yang bisa kamu gunakan untuk menambah cita rasa makanan. Mulai sekarang kamu bisa mengganti penyedap rasa biasa dengan kaldu jamur yang memiliki segudang manfaat.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa andalkan aplikasi Astro yang bisa dipesan selama 24 jam penuh! Selain itu, pesanan kamu juga akan diantar dalam waktu hitungan menit saja. Yuk, download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store untuk dapatkan produk kebutuhan harian berkualitas!

Arie Wahyu
Arie Wahyu