Mengenal 7 Manfaat Buah Melon

Melon merupakan jenis buah yang banyak dikonsumsi menjadi makanan penutup atau selingan. Biasanya kebanyakan orang sedang dengan buah ini sebab rasanya yang manis. Tetapi, apakah kamu tahu jika ada banyak manfaat buah melon?

Kebetulan sekali, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang berbagai manfaat buah melon untuk kesehatan. Tidak perlu berlama-lama, langsung saja simak manfaatnya di bawah ini. 

Baca Juga: Inilah 10 Manfaat Buah Timun Suri untuk Tubuhmu yang Harus Kamu Tahu

Sederet Manfaat Buah Melon 

Kamu perlu tahu jika buah melon memiliki gizi yang sangat beragam, buah melon berpotensi menawarkan manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut sangat bervariasi, seperti: 

1. Mencegah dehidrasi 

Dehidrasi terjadi jika tubuhmu kekurangan cairan sehingga tidak dapat melakukan fungsinya. Tidak hanya minum air putih, tetapi ada cara lain guna mencegah dehidrasi yaitu mengkonsumsi makanan kaya akan kandungan air, salah satunya adalah melon. 

Pada dua potong melon mempunyai kandungan air sebanyak 159 gram atau sama seperti setengah gelas air. Berbagai mineral yang ada didalamnya juga bisa memulihkan elektrolit yang ada di dalam tubuh mu. Sehingga, supaya kamu tidak akan kekurangan cairan lagi. Untuk itu, kamu bisa menjadikan nya sebagai camilan. 

2. Mencukupi gizi untuk ibu hamil 

Selama masa kehamilan, ibu membutuhkan asupan mineral dan vitamin yang lebih banyak dari biasanya. Mungkin ibu hamil pun sering tidak berada dalam keadaan terbaiknya sebab sistem imun yang biasanya melemah. 

Buah melon berkhasiat untuk ibu hamil. Kalium yang ada di dalam buah ini bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, vitamin B6 guna mendukung pertumbuhan tulang belakang pada janin dan vitamin C yang berfungsi untuk menguatkan sistem imun. 

3. Berguna untuk pencernaan 

Buah melon bisa menjadi solusi untuk kamu yang sulit BAB. Manfaat ini tentunya berasal dari serat dan air pada melon. Asupan serat dan air bisa menjadikan feses lebih berisi, namun cukup lunak untuk bisa keluar dari tubuh. 

Kandungan serat pada melon memang tidak terlalu tinggi seperti buah-buahan yang lainnya, namun ini justru sangat bagus bagi orang yang belum terbiasa mengkonsumsi makanan kaya akan serat. 

4. Mengurangi tekanan darah 

Pola makan yang mengandung banyak buah dan sayur bisa membantu turunkan tekanan darah dan risiko terkena penyakit jantung. Apalagi jika makanan yang kamu makan tinggi kalium dan rendah natrium, 

Natrium pada tubuh bisa mengikat cairan dan memperbanyak volume darah sehingga tekanan dalam darah menjadi meningkat. Kalium yang ada di dalam melon bisa membantu untuk menstabilkan volume darah. Dengan demikian, tekanan darah bisa turun perlahan-lahan. 

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

5. Mencegah infeksi dan menguatkan sistem imun 

Melon adalah buah dengan kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk imun tubuh. Berdasarkan penelitian pada jurnal Nutrients, vitamin C membantu perpindahan sel-sel imun pada daerah infeksi dan merangsang sel tertentu guna memakan bakteri. 

Vitamin C pun menguatkan sel imun yang bisa menjaga jaringan tubuh dari kerusakan saat melawan kuman. Supaya sistem imun mu lebih kuat dan tubuh menjadi terlindungi dari infeksi, kamu bisa makan setidaknya sepotong melon per harinya. 

6. Merawat kesehatan kulit dan mata 

Apabila kamu ingin memiliki kulit yang lebih cerah secara alami, kamu coba bisa mengkonsumsi buah melon per harinya. Melon mempunyai kandungan vitamin C yang sangat penting guna membentuk kolagen. Kolagen yakni protein yang membentuk, merawat dan memperbaiki jaringan pada kulit mu. 

Tidak hanya itu, vitamin C yang ada di dalam melon pun mempunyai manfaat menjadi antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan bisa melindungi sel kulit mu dari berbagai kerusakan karena cahaya matahari dan juga radikal bebas. Hasilnya, kulitmu tetap cerah, sehat dan kenyal. 

Selain itu, melon pun tidak kalah dari wortel karena bisa membantu menyehatkan mata mu. Manfaat melon ini berasal dari zeaxanthin dan lutein. Kedua zat ini tergolong menjadi karotenoid, yaitu zat yang menjadi bahan baku vitamin A. 

Zeaxanthin dan lutein pun merupakan antioksidan yang bisa melindungi jaringan pada mata. Perlindungan tersebut mungkin bisa menurunkan risiko rusaknya mata karena sinar matahari, lingkungan dan bertambahnya usia. 

7. Mengontrol gula darah 

Meskipun rasanya manis, melon pun menjadi buah yang sangat aman untuk dikonsumsi pada pengidap diabetes. Ini sebab kandungan serat dan air dalam melon menghambat penyerapan gula pada tubuh sehingga dengan cepat menghindari dan menurunkan kadar gula darah.

Salah satu laporan studi di Tiongkok juga mengungkapkan jika rutin mengkonsumsi buah dapat membantu turunkan risiko diabetes sebanyak 12%. Pada pengidap diabetes, kebiasaan sehat yang satu ini pun bisa turunkan risiko komplikasi pada saraf, ginjal dan jantung. 

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Nah, itu dia sederet manfaat buah melon yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Untuk kamu yang ingin membeli buah melon segar dengan kualitas terjamin, kamu bisa membelinya lewat aplikasi Astro! Nggak hanya buah melon, Astro juga menyediakan berbagai buah segar lainnya yang bisa bantu penuhi nutrisi harian kamu! Langsung aja pesan lewat aplikasi Astro sekarang juga!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu