11 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Buah kurma adalah makanan yang kerap kamu temukan dengan mudah disaat bulan Ramadhan. Banyak yang menganggap bila buah ini merupakan sumber energi, terkhusus bagi mereka yang dalam proses pemulihan.

Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah, karena memang kurma mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, bila kamu bertanya-tanya lebih baik mengkonsumsi kurma kering atau yang segar? Sebenarnya keduanya sama saja, jadi sesuaikan dengan seleramu saja.

Baca Juga: Mengenal 7 Manfaat Buah Melon

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Buah kurma mempunyai ragam kandungan yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh, seperti misalnya besi, kalium, magnesium, vitamin B6, serat, karbohidrat dan protein. Karena adanya kandungan-kandungan tersebutlah membuat kurma banyak disukai.

1. Melengkapi kebutuhan kalori

Tahukah kamu, karena kurma kerap dikonsumsi dalam keadaan yang telah dikeringkan. Membuat kadar kalori dalam kurma menjadi tinggi bila dibandingkan dengan buah lainnya. Hal ini sama seperti buah ara dan kismis.

Nah, karena tubuh manusia selalu membutuhkan kalori supaya seluruh organ dan anggota tubuh dapat berfungsi dengan baik. Maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma dalam jumlah yang cukup. Sebab, apabila tubuh tidak mempunyai energi yang memadai, sel didalam tubuh tentu akan terganggu.

2. Mencukupi kebutuhan gizi

Manfaat buah kurma yang selanjutnya adalah dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuhmu. Karena di dalam buah yang kecil ini mempunyai vitamin melimpah, yaitu Vitamin A, B komplek, C, E dan K. Kemudian ada pula kalium, kalsium, zat besi dan magnesium. 

3. Menjaga kesehatan kulit dan mata

Apabila kamu ingin mempunyai kondisi kulit dan mata yang baik, maka konsumsilah buah kurma dengan jenis buah lainnya. Karena nutrisi yang terkandung dalam kurma bisa membantu untuk mengurangi resiko masalah pada mata dan membuat kulit menjadi lebih halus serta elastis. Ini disebabkan oleh zat asam yang disebut pantotenat.

4. Mencegah konstipasi

Manfaat buah kurma selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan kurma mempunyai cukup serat, dalam 3,5 ons saja kamu bisa memperoleh serat sebesar 7 gram. Oleh sebab itu, dengan kamu mengkonsumsi kurma akan sangat bermanfaat dalam mencegah gangguan pencernaan atau konstipasi.

5. Mencegah radikal bebas

Selanjutnya, kurma bisa mencegah radikal bebas. Ini karenakan dalam buah kurma terdapat antioksidan yang memang dibutuhkan tubuh. Antioksidan ini nantinya yang akan membantu untuk melawan segala radikal bebas dan mencegah munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya, misalnya penyakit jantung hingga stroke.

6. Memperlancar persalinan

Manfaat selanjutnya adalah dapat memperlancar persalinan bagi ibu hamil. Sangat disarankan untuk ibu hamil mengkonsumsi kurma menjelang persalinan, setidak pada 1 bulan terakhir, apalagi jika kamu ingin persalinan yang normal.

Dengan mengkonsumsi buah kurma di masa menjelang persalinan, akan memberikan efek melebarkan leher rahim. Ini artinya kamu tidak membutuhkan obat induksi. Walau sebenarnya penelitian tentang hal ini masihlah harus dipelajari lebih lanjut oleh para ahli.

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

7. Mencegah terjadinya diabetes

Walau rasa dari kurma manis, tapi pada kenyataannya tidaklah berpengaruh banyak pada gula darah. Karena hal inilah, mengapa buah kurma tetap bisa dinikmati oleh orang-orang yang mempunyai penyakit diabetes.

Namun, harus tetap dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan terlalu banyak, karena bagaimanapun penderita diabetes tetaplah perlu menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh agar kadar gula darah terjaga.

Manfaat Lain dari Buah Kurma

8. Memelihara kesehatan tulang

Manfaat selanjutnya yang ada pada buah kurma adalah berkhasiat menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan kurma mempunyai kandungan mineral yang cukup, sehingga dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin maka kamu bisa mengurangi terjadinya osteoporosis.

9. Terhindar dari radang

Berikutnya buah kurma dianggap mampu melindungi tubuh dari beragam jenis radang. Ini dikarenakan buah kurma mengandung antioksidan cukup tinggi, jenisnya adalah polifenol yang jauh lebih banyak dibandingkan buah lain.

10. Meningkatkan kesuburan

Selanjutnya adalah meningkatkan kesuburan, jadi untuk kamu dan pasangan yang ingin segera memperoleh keturunan. Ada baiknya mengkonsumsi buah kurma, tetapi jangan hanya satu pihak saja yang mengkonsumsinya tapi keduanya.

Hal ini dikarenakan, kurma mengandung seng dan asam amino. Bahkan di negara Timur Tengah, date palm pollen atau serbuk sari dari buah kurma juga dijadikan obat mengatasi infertilitas, khususnya bagi pria. Serbuk dan biji buah kurma mempunyai senyawa untuk meningkatkan hormon di organ reproduksi.

11. Menghalau Anemia

Manfaat terakhir dari buah kurma yang harus tahu adalah bisa menghalau terjadinya anemia. Dipercaya bila seseorang secara rutin mengkonsumsi buah kurma, maka akan membuatnya tidak mudah kelelahan dan anemia. Karena, zat besi yang ada pada kurma bisa membuat produksi dari sel darah merah meningkat.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pir Untuk Wajah 

Itulah tadi manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh. Siapa yang menyangka bila buah sekecil itu mempunyai khasiat yang berlimpah, jadi tidak mengherankan jika banyak orang memilih untuk mengkonsumsi buah kurma. Untuk kamu yang mau mendapatkan manfaat dari mengonsumsi buah kurma, kamu bisa pesan buah kurma melalui aplikasi Astro yang punya pengantaran cepat! Pesan sekarang di aplikasi Astro dan kamu bisa menikmati buah kurma hanya dalam hitungan menit saja!

Referensi:

15 Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu