7 Manfaat Buah Pir Untuk Wajah 

Pyrus communis atau biasa kita kenal dengan buah pir ini sangat terkenal di Indonesia. Bukan hanya rasanya yang sangat manis, buah yang banyak ditemukan di negara tropis ini ternyata berkhasiat untuk merawat kulit karena nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Lalu, apa saja manfaat buah pir untuk wajah? Sebelumnya, kamu harus mengetahui lebih dahulu gizi apa saja yang terkandung di dalam buah pir seperti ulasan di bawah ini. 

Baca Juga: Jangan Sampai Tidak Tahu Bunda, Ini Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Gizi yang Terkandung Dalam Buah Pir 

Pir merupakan buah berbentuk lonceng yang memiliki rasa asam dan manis. Buah ini dari dahulu diyakini menjadi kebutuhan makanan karena mempunyai gizi yang seimbang, karena kandungan gizi didalamnya sangat beragam dan melimpah. 

Seperti buah-buahan biasanya, zat gizi yang sangat banyak ada di dalam buah pir yakni serat, mineral dan vitamin. Namun, itu belum semuanya. Berikut ini terdapat kandungan nutrisi dari satu buah pir dengan ukuran sedang. 

  • 100 kkal energi 
  • 0,6 gram protein 
  • 0,2 gram lemak 
  • 27 gram karbohidrat 
  • 5,5 gram serat 
  • 0,021 mg vitamin B1 
  • 0,05 mg vitamin B2 
  • 0,29 mg vitamin B3 
  • 0,09 mg vitamin B5 
  • 0,05 mg vitamin B6 
  • 12,5 mg folat 
  • 16 mg kalsium 
  • 0,3 mg zat besi 
  • 12,5 mg magnesium 
  • 21,4 mg fosfor 
  • 206 mg kalium 
  • 1,8 mg natrium 

Bukan hanya zat yang sudah disebutkan sebelumnya, ternyata buah pir pun kaya akan senyawa tumbuhan dan antioksidan. Seluruh gizi berkhasiat ini ada pada buah pir yang rendah kolesterol, lemak dan kalori. 

Berbagai Manfaat Buah Pir untuk Wajah 

Seluruh gizi yang ada di atas bisa memberikan khasiat untuk tubuh secara menyeluruh. Bukan hanya itu, khasiat pir pun dapat dirasakan pada kulit wajah mu. Di bawah ini sejumlah manfaat buah pir guna kecantikan kulit. 

1. Mengatasi infeksi kulit dan jerawat 

Untuk kamu acne fighters, ada baiknya mulai pertimbangkan lagi untuk rajin mengkonsumsi buah pir setiap hari untuk asupan harian. Buah pir adalah buah yang bagus untuk kulit yang sedang berjerawat. 

Khasiat ini ada karena tingginya kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalamnya. Kedua kandungan tersebut bisa membantu memperbaiki kekebalan tubuh. Bukan hanya itu, kandungan mineral dan vitamin pada buah pir memungkinkan kulit untuk menangkal infeksi kulit dan jerawat lainnya. 

Yang akhirnya, kulitmu akan terbebas dari berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan yang lainnya. 

2. Merawat keseimbangan pH pada kulit 

Khasiat buah pir untuk muka dapat kamu peroleh dengan cara menjadikan buah yang satu ini menjadi masker muka. Masker buah pir mempunyai manfaat yang bagus untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. 

Cara untuk membuat masker dari buah pir ini yaitu:

  • Campurkan 1 sdt whipped cream dan 1 sdt madu serta 1 buah pir yang telah dihancurkan. 
  • Olesi campuran tersebut menjadi masker pada leher dan wajah. 
  • Biarkan selama 15 menit. 
  • Bilas sampai bersih memakai air. 

Masker buah pir yang satu ini bisa membantu kulitmu agar selalu sehat. Sebab, mineral yang terdapat di dalam kulit nya bisa menetralkan asam kulit dan juga mengendalikan keseimbangan pada pH kulit. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Pir dan buah-buahan segar di Aplikasi ASTRO!

3. Merawat kelembaban kulit 

Pir merupakan buah yang mempunyai kandungan air sangat tinggi. Buah ini bisa merawat kelembaban kulit secara alami dengan cara mengimbangi kandungan air yang ada didalamnya sebab mempunyai kandungan humektan alami. 

Humektan adalah sebuah zat yang bisa merawat kelembaban kulit. Zat ini dapat secara alami kamu peroleh, turunan alami, bahkan sintetis. Khasiat dari buah pir ini bagus untuk kamu yang memiliki kulit kering, bahkan bersisik. 

4. Mengelola minyak yang berlebihan 

Bukan hanya untuk para pemilik kulit kering saja, khasiat pir pun sangat bermanfaat untuk kamu yang mempunyai kulit berminyak. Buah yang satu ini bisa merawat kulit yang berminyak dengan efektif, caranya yaitu mengatur sekresi sebum yang terjadi secara berlebihan. 

Kamu dapat membuat masker berbahan dasar buah pir guna mendapatkan manfaatnya. Haluskan buah pir dan campurkan dengan madu. Pakailah sebanyak 3 kali dalam seminggu guna memperoleh manfaat yang maksimal. 

Baca Juga: 6 Jenis Buah-Buahan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil, Ini Alasannya!

5. Menghindari rusaknya kolagen

Hilangnya elastisitas kulit ini bisa kamu atasi dengan cara banyak mengkonsumsi buah pir. Sebab buah ini mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi. Serat tersebut adalah nutrisi guna menghindari meningkatkan terjadinya peningkatan kadar gula darah pada tubuh. 

Kadar gula darah yang secara tiba-tiba melonjak bisa merusak kolagen, protein yang merawat kulit selalu halus, kenyal dan lembut. Seiring dengan bertambahnya umur, jumlah kolagen akan semakin menurun. Yang akhirnya, kerutan akan timbul dan melemahnya tulang rawan sendi. 

6. Eksfoliasi alami 

Bukan hanya menjadi masker wajah, kamu bisa mendapatkan khasiat buah pir untuk wajah sebagai scrub yang alami. Buah ini dapat membantu eksfoliasi pada kulit sebab mempunyai kandungan enzim alami. 

Cara kerjanya yaitu dengan meluruhkan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Ekstrak dari buah pir pun dapat kamu pakai menjadi gentle peel guna regenerasi sel dengan lebih cepat. 

7. Menghindari tanda penuaan dini 

Khasiat pir bagi wajah yang terakhir yaitu bisa membantu menghindari tanda penuaan dini. Manfaat ini ada karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah pir, tembaga dan vitamin K.

Semua kandungan tersebut bagus menangkal radikal bebas yang bisa melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan. 
Demikianlah, sederet manfaat buah pir untuk wajah yang bisa kamu peroleh jika menggunakan masker pir secara rutin. Tidak ada salahnya pula untuk menambahkan buah pir untuk asupan sehari-hari.

Baca Juga: Daftar Resep Masakan Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Mual & Mudah Dibuat

Dapatkan buah pir segar dan berkualitas hanya di Astro! Belanja buah-buahan dan kebutuhan harian dengan cepat hanya dalam hitungan menit dengan Astro sekarang! Download aplikasinya di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu