Mengenal Fungsi Retinol yang Harus Kamu Pahami

Sekarang ini sudah ada begitu banyak jenis perawatan untuk kesehatan kulit dari berbagai fungsi dan tujuan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Adapun juga yang paling populer adalah retinol yang juga jadi pilihan dalam mengupayakan penampilan jadi lebih cantik.

Tidak bisa dihindari lagi bahwa siapa saja tentu ingin tetap menjaga penampilan dan ingin tetap cantik dalam berbagai momen. Salah satunya dengan rutin menggunakan produk skincare yang sekarang mudah didapatkan di toko kosmetik.

Bahkan rutin menjalankan perawatan kulit di dokter kecantikan ternama. Tidak ketinggalan juga retinol yang digunakan memiliki peran khusus dan fungsi retinol yang harus kamu pahami.

Baca Juga: Berikut Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat 

Fungsi Retinol yang Harus Kamu Pahami, Bagus Untuk Kecantikan Kulit

Tidak jarang orang yang merasa kulit jadi terasa merah dan bahkan kering setelah mereka menggunakan retinol. Namun diantara hall yang merujuk pada pro dan juga kontra, ada juga yang merupakan fungsi retinol yang juga belum banyak orang paham.

Berikut ini fungsi retinol yang harus kamu pahami, simak yuk!

1. Vitamin A yang Bantu Kecantikan Kulit

Ada juga kandungan vitamin A pada retinol yang juga bisa menyerap dalam kulit. Bahan yang satu ini bisa berhubungan dengan sel kulit secara langsung dan kulit akan jadi sehat dan lebih muda.

Hal ini bisa dikatakan bahwa retinol sendiri bagus untuk kecantikan kulit karena mudah menyerapnya, dan dari komponen yang pecah dan menjadi asam retinoate yang nantinya akan berfungsi sebagai kontrol sel-sel dalam kulit dengan langsung.

2. Kontrol Jerawat

Fungsi pada retinol yang selanjutnya adalah bisa kontrol jerawat. Selain itu juga bisa bantu angkat sel kulit mati yang akan menyumbat pori-pori, dan bisa juga bantu bersihkan adanya jerawat.

Retinol juga bagus supaya jika ada jerawat maka akan lebih mudah kering. Jadi jerawat akan jadi mudah proses penyembuhannya. Adapun fungsi lain yang bisa bantu memudarkan dan cerahkan jerawat yang sudah kering.

3. Kecilkan Pori-pori

Setelah jerawat dan pori-pori bisa hilang, ternyata retinol juga bisa bantu kecilkan pori-pori yang membesar bahkan bisa lebih dalam. Jika sudah begitu maka wajah kamu jadi akan tampak lebih mulus dan lebih halus. 

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui bahwa retinol sendiri bisa meresap ke kulit dengan mudah. Tekstur kulit kamu juga meningkat dan tidak mudah dirasa dalam waktu yang singkat.

4. Kulit Bisa Tampak Awet Muda

Bisa bantu kulit jadi tampak awet muda, karena retinol adalah antioksidan yang bisa bantu kulit jadi terlindungi dari adanya bahaya paparan sinar matahari atau radikal bebas yang akan menyebabkan kulit jadi mudah tampak lebih tua.

Dengan menggunakan retinol maka kamu juga jadi mendapatkan manfaat berupa bantu cegah adanya keriput dan juga mampu memproduksi kandungan kolagen langsung di dalam kulit kamu sendiri. Apalagi, dari molekulnya cukup kecil jadi mudah menyerap dalam kulit.

Tidak hanya itu saja, namun retinol juga akan membuat kulit kamu jadi lebih elastis, bisa menyamarkan garis halus pada wajah, dan juga bisa membuat kulit jadi lebih lembab.

Ada begitu banyak wanita yang sudah coba menggunakan retinol dan retinoid dan banyak juga yang dapat tekstur kulit yang jadi lebih meningkat. Bisa seperti itu setelah menggunakan kandungan retinol dan retinoid dalam jangka waktu 6 bulan sampai dengan masa penggunaan satu tahun lamanya.

Jika kamu sedang menggunakannya, usahakan untuk tetap menggunakan retinol dengan rutin dan bertahap dengan benar dan sabar. Ini supaya kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Sedangkan ada juga sebagian wanita yang memilih untuk tidak menggunakan retinol kembali sebab ada yang melihat kulitnya jadi mengelupas. Tetapi, jangan cemas karena kulit yang mengelupas setelah pemakaian retinol adalah hal yang normal dan itu adalah proses yang tidak bisa dihindari karena itu adalah bukti retinol yang sedang bekerja.

Bisa ditunggu karena kulit jadi mulai mengalami adanya proses perubahan menjadi tekstur jadi lebih membaik dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

Demikian adalah beberapa fungsi retinol yang harus kamu pahami. Retinol adalah turunan sintetik yang berasal dari vitamin yakni ada vitamin A dan vitamin yang larut di lemak. Adapun dalam makanan, dan sudah ada retinol yang bisa dimanfaatkan yakni adapalene, tazarotene, tretinoin, dan ada juga bexarotene supaya bisa bantu masalah-masalah dalam kulit.

Mau belanja aneka skincare yang mengandung retinol? Kamu bisa dapetin produknya di Astro lho! Belanja skincare di Astro nggak perlu nunggu lama dalam hitungan menit pesanan kamu akan sampai dalam hitungan menit saja! Yuk, belanja sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu