Manfaat Cuci Muka Dengan Air Hangat

Bukan hanya bermanfaat untuk tubuh, ternyata ada manfaat cuci muka dengan air hangat yang bagus untuk kulit wajah mu. Mungkin untuk beberapa besar orang lebih terbiasa dan memilih menggunakan air dingin. Tetapi sebetulnya, keduanya mempunyai manfaatnya tersendiri yang sama-sama bagus guna merawat kulit wajah. 

Namun, harus kamu ingat jika tidak seluruh cara berlaku guna kedua suhu air ini, kamu harus menyesuaikan lagi dengan kebutuhan kulit yang tepat. Nah, daripada kamu semakin penasaran, di bawah ini ada manfaat mencuci muka dengan air hangat yang harus kamu ketahui. 

Baca Juga: Berikut Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat 

Berbagai Manfaat Membersihkan Muka dengan Air Hangat

Mencuci muka menjadi rutinitas harian mu untuk merawat kesehatan kulit wajah. Pasaknya, sesudah seharian beraktivitas dapat menjadikan sel kulit mati, minyak dan debu singgah di permukaan kulit mu. Supaya lebih bersih, kamu harus memakai produk perawatan kulit, misalnya sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit mu. 

Pada sebagian produk mencantumkan aturan penggunaan, kamu dianjurkan untuk terlebih dahulu mencuci muka menggunakan air hangat sebelum memakai sabun tersebut, ternyata aturan cuci muka ini ada kaitannya dengan khasiat air hangat yang terkena permukaan kulit, manfaat tersebut, seperti: 

1. Produk sabun cuci muka bisa lebih menyerap 

Ketika kulit terkena air hangat, maka otomatis pori-pori mu akan terbuka. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengeluarkan semua sel-sel kulit mati, minyak atau kotoran yang ada di dalam pori-pori. 

Sesudah kotoran dikeluarkan, keadaan pori-pori yang sudah terbuka memungkinkan bahan aktif yang ada di produk sabun cuci muka lebih masuk ke dalam kulit. Kandungan aktif yang banyak terserap pada kulit, tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

2. Menenangkan kulit 

Ada kunci untuk awet muda dan kulit tetap kencang yaitu menjaga peredaran darah selalu lancar. Mencuci wajah memakai air hangat bisa memicu pembuluh darah melebar sehingga aliran darah bisa semakin lancar. 

Peredaran darah yang lancar bisa membawa nutrisi dan oksigen memicu tahap regenerasi sel kulit sehingga bisa membuat kulitmu menjadi lebih lembab, cerah dan kenyal. 

3. Membantu membersihkan kotoran dan penyerapan produk perawatan kulit 

Berdasarkan para dermatologis, air hangat dianggap lebih manjur membersihkan sisa-sisa kotoran dalam wajah seperti polusi, debu sampai make up daripada air dingin. Hal ini sebab kemampuan air hangat untuk membuka pori-pori kulit menjadi lebih lebar, sehingga bisa mengangkat semua kotoran bahkan yang menyumbat di dalam pori-pori sekalipun. 

Selain itu, memastikan produk skincare yang kamu pakai bisa bekerja secara optimal itu sangat penting. Salah satu caranya yaitu dengan menguapkan wajah atau mencuci muka dengan air hangat guna membuka pori-pori kulit, ini bisa membuat kulit menyerap nutrisi dari skincare yang dipakai dengan baik. 

4. Melembabkan kulit dan menaikkan produksi elastin

Harus kamu tahu jika air hangat bisa melembabkan kulit mu dari dalam. Namun, perlu kamu ingat bila air hangat disini merupakan air hangat yang kamu konsumsi, tidak untuk mencuci wajah. Secara rutin mengkonsumsi air hangat bisa menjadi obat alami guna merawat kulit selalu terhidrasi sehingga tetap kenyal dan lembab. 

Tidak hanya bisa melembabkan kulit, air hangat mempunyai peran lain yang dapat menjadikan kulit kamu terlihat awet muda, yakni menaikkan jumlah elastin dan kolagen. 

Keduanya merupakan protein penting pada tubuh yang berguna untuk merawat elastisitas kulit sehingga selalu lembab, kencang dan terhindar dari berbagai kerutan halus yang merupakan tanda penuaan. 

5. Meredakan jerawat 

Rajin mengkonsumsi air hangat pada pagi dan malam hari pun dapat mengatasi masalah jerawat di wajah. Hal ini sebab air hangat bisa meningkatkan suhu tubuh yang membuat tubuh berkeringat. 

Keringat yang keluar ini bisa membantu mengeluarkan seluruh racun, radikal bebas dan kotoran dari dalam tubuh sehingga bisa mempercepat tahap penyembuhan kulit berjerawat. 

Tidak hanya mengkonsumsinya, mencuci wajah memakai air hangat pun dapat membantu meredakan jerawat yang sedang timbul pada wajah. Pasalnya, air hangat bisa membuka pori-pori di wajah sehingga tahap mencuci muka bisa lebih maksimal. 

Kulit yang terdapat berbagai bakteri, kotoran dan sel kulit mati tentunya bisa menyumbat pori-pori wajah menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. 

Aturan Cuci Muka Menggunakan Air Hangat 

Ingat, air hangat disini buka air panas, tetapi bersuhu suam-suam kuku. Mencuci muka menggunakan air panas bisa menghilangkan keratin yang berguna menahan air. Dampaknya, keratin bisa rusak dan gagal mengikat kelembaban kulit sehingga menjadikan kulit kering. 

Apabila kulit mu sedang meradang, air panas bisa semakin memperparah peradangan tersebut. Untuk itu, cek lebih dulu air untuk membersihkan muka sebelum kamu bilas ke wajah. 
Nah, itu dia sejumlah manfaat cuci muka dengan air hangat yang sudah kamu ketahui. Semoga dengan ulasan di atas, bisa menjadi pengetahuan baru untuk kamu yang hendak mencuci muka dengan air hangat.

Baca Juga:

Dapatkan berbagai produk kecantikan berkualitas dan produk kebutuhan harian lainnya hanya di Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dan rasakan pengalaman belanja kebutuhan harian dengan cepat sampai hanya dalam hitungan menit!

Arie Wahyu
Arie Wahyu