5 Manfaat Baik dari Kegiatan Melukis Bagi Anak

Kegiatan melukis bukan sekedar hal yang menyenangkan bagi anak. Melukis mempunyai berbagai manfaat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka, yang akan bermanfaat nantinya di kemudian hari. Menurut Jola Sung, penasihat pendidikan di Affinity Education Group yang dikutip dari lll.edu, anak-anak adalah komunikator yang efektif, dan melalui karya seni, anak-anak belajar mengekspresikan ide dan perasaan mereka. 

Melukis bisa dilakukan dengan berbagai macam media, mulai dari kanvas, kaos, buku gambar dan lainnya. Kali ini, Astro akan membagikan beberapa manfaat dari membuat karya lukis bagi anak. Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Bunda Harus Tahu, Ini Daftar Makanan yang Memperbanyak ASI

Dampak Positif dari Kegiatan Melukis Bagi Anak

1. Meningkatkan Kreativitas

Dampak positif pertama dari kegiatan melukis adalah dapat meningkatkan kreativitas anak. Anak akan dituntut mengeksplorasi ide-ide untuk menghasilkan bentuk, kombinasi warna, dan pola gambar yang akan dituangkan kedalam lukisan mereka. Proses pengimplementasian ide inilah yang dapat memicu kreativitas anak menjadi lebih luas.

2. Meningkatkan Imajinasi

Saat melukis anak-anak akan memvisualisasikan hasil dari imajinasi mereka kedalam sebuah hasil karya. Kegiatan inilah yang akan bermanfaat di kemudian hari, tidak hanya untuk menghasilkan karya seni, tetapi untuk menghasilkan karya tulisan yang berasal dari imajinasi mereka.

3. Melatih Otak

Ketika melakukan kegiatan kreatif seperti melukis,  anak akan menggunakan bagian otak kanan yang menjadi tempat kreativitas tersebut berasal. Sehingga, ketika melakukan kegiatan melukis, otak kanan anak akan terlatih dan akan berkembang menjadi lebih kreatif.

4. Membangun kepercayaan diri

Setiap lukisan mempunyai makna masing-masing. Mungkin lukisan anak akan terlihat berantakan, namun itu bukan hal yang harus kita khawatirkan. Sebab, ketika anak sudah berhasil membuat sebuah karya lukis, mereka melakukannya dengan rasa berani dan tidak takut akan kesalahan. Secara tidak langsung, hal ini mempengaruhi sisi kepercayaan diri mereka.

Baca Juga: Ini Penjelasan Kapan Ibu Hamil Perlu Minum Susu

5. Keterampilan Sensorik

Ketika melukis, anak akan menggerakan jari jemarinya untuk memegang kuas, melukis media lukis dan lainnya. Gerakan inilah yang penting untuk keterampilan sensorik, ketika melakukannya, anak akan mengandalkan inderanya untuk merasakan hal-hal baru yang sebelumnya belum mereka pahami.

Itulah beragam manfaat dari kegiatan melukis bagi anak-anak. Yuk, dukung kegiatan kreatif anak dengan membuat aneka karya seni yang bisa menstimulasi kreativitas mereka! Salah satu caranya dengan menggunakan produk Astro Goods DIY Kit. Dengan produk dari Astro Goods ini, anak-anak akan bebas berkreasi dengan media media yang unik, seperti botol minum, pouch, hingga kaos yang nantinya juga bisa mereka gunakan. Tertarik membelinya? Klik foto produk di bawah ini untuk langsung belanja melalui aplikasi Astro!

Klik foto produk di bawah untuk belanja Astro Goods DIY Kit di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu