7 Makanan yang Mengandung Omega 3

Salah satu sumber makanan sehat yang harus kamu perhatikan adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak sehat atau omega 3. Tentu saja nutrisi yang dikenal dengan omega 3 ini sangat penting dan memang diperlukan tubuh kamu agar kesehatan tetap terjaga.

Adapun kesehatan yang terjaga adalah pada bagian jantung, otak, dan juga mata, bahkan bisa bantu dukung fungsi lainnya pada tubuh dengan optimal. Misalnya sistem kekebalan pada tubuh yang jadi lebih meningkat, kemudian pencernaan dan juga kesuburan.

Kendati demikian, ada hal yang harus kamu tahu bahwa asam lemak omega 3 sendiri merupakan jenis dari asam lemak yang esensial. Maka bisa dikatakan omega 3 itu memang merupakan nutrisi yang tidak bisa ada diproduksi di dalam tubuh seseorang.

Oleh sebab itu, supaya tubuh kamu bisa tetap terpenuhi kebutuhan omega 3, kamu harus makan makanan yang mengandung omega 3 itu sendiri yang bisa kamu dapatkan pada beberapa makanan sehat dan bergizi dengan mudah serta bisa jadi pilihan menu makanan sehat.

Baca Juga: 9 Merk Minyak Goreng Terbaik dan Berkualitas untuk Masakan Lezat dan Sehat

7 Daftar Makanan yang Mengandung Omega 3 yang Bisa Menjadi Menu Sehat Pilihan

Kamu mungkin sudah tahu bahwa ada jenis utama pada asam lemak omega 3 yang dikenal dengan docosahexaenoic acid atau DHA, dan ada juga eicosapentaenoic acid yang dikenal dengan EPA, dan ada juga alpha-linolenic atau dikenal juga dengan ALA.

Kandungan nutrisi omega 3 banyak ditemukan pada ikan dan makanan laut lain yang lebih banyak kandungan DHA dan juga EPA nya sendiri. Sedangkan ada kandungan ALA yang lebih tinggi pada makanan yang bersumber dari nabati.

Maka agar kamu jadi lebih jelas, berikut ini 7 daftar makanan yang mengandung omega 3 yang bagus untuk tubuh, dan kamu juga bisa menjadikannya pilihan menu sehat, simak yuk!

1. Makarel

Bisa dikatakan makarel ini mempunyai ukuran yang tidak besar namun, kamu jangan meremehkan kandungan omega 3 yang sangat kaya. Nutrisi yang sangat dibutuhkan adalah asam lemak omega 3 yang kaya ada pada makarel.

Bahkan jika dihitung dari 100 gram ikan itu sendiri mempunyai kandungan 4.800 miligram kombinasi dari EPA dan juga DHA yang bagus bagi tubuh yang sehat. Bahkan makarel juga banyak kandungan vitamin B12 dan juga selenium.

2. Sarden

Sarden adalah salah satu jenis menu yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Karena sarden kecil saja sudah banyak dijadikan olahan makanan pembuka dan juga camilan bahan olahan jenis makanan lainya.

Untuk satu porsinya saja yang dalam bentuk sudah dikeringkan maka ada asupan sebanyak 370% dari jumlah harian yang dipentingkan khusus vitamin B12. Ada juga 24% untuk kandungan vitamin D yang baik.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Menu Diet Sehat kamu di ASTRO!

3. Salmon

Salmon adalah makanan yang memiliki banyak kandungan baik dan sehat. Adapun kandungan itu salah vitamin B, vitamin D, dan selenium dan kandungan omega 3 yang kaya. Dengan 100 gram sama dengan 2.150 miligram untuk kandungan EPA dan juga DHA.

4. Tiram

Bisa dikatakan 100 gram dari tiram setara dengan 391 miligram yang sangat kaya akan kandungan nutrisi omega 3 nya. Tidak hanya itu saja, namun juga memiliki kandungan vitamin B12 sebanyak 567%, dan 69% kandungan tembaga.

5. Biji Chia

Tidak hanya makanan dari laut saja namun kamu juga bisa mendapatkan kandungan nutrisi omega 3 dari biji chia yang merupakan sumber nabati. Dikenal juga dengan chia seeds ini dengan biji yang sangat kecil namun kaya akan kandungan kana mangan, magnesium, dan ada selenium juga, serta masih ada yang lain.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Telur Omega 3 untuk Perkembangan dan Kesehatan Anak

6. Kacang Kenari

Sumber nabati lain yang memiliki kandungan nutrisi omega 3 adalah kacang kenari yang memiliki kandungan sebanyak 2.570 miligram ALA dalam setiap 14 biji kacang kenari ini. Kandungan lain yang ada pada kacang kenari juga ada sarat dengan serat yang bagus untuk tubuh.

7. Kacang Kedelai

Jangan heran bahwa kacang kedelai juga mempunyai kandungan omega 3 atau asam lemak baik sebanyak 1400 miligram yang juga bisa menjadi pilihan menu kamu dalam makanan atau camilan juga bisa.

Demikian beberapa makanan yang mengandung omega 3 yang harus kamu ketahui karena penting bagi kesehatan kamu. Apalagi asam lemak omega 3 sendiri merupakan jenis asam lemak yang bahkan tidak bisa dilakukan produksi oleh tubuh sendiri, jadi hanya bisa kamu dapat dengan cara konsumsi dari makanan yang sehat saja. Nutrisi tersebut bisa kamu peroleh dari protein hewani yakni ikan dan makanan khas laut, dan nabati atau biji-bijian dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Kaya Nutrisi dan Lezat, Ini Dia Resep Mudah Membuat Salmon Steak

Jika ingin beli berbagai macam bahan makan sehat dengan harga terbaik bisa langsung saja buka aplikasi Astro kamu untuk dapatkan berbagai kebutuhan harian dalam hitungan menit saja & dijamin kesegarannya! Jika belum punya aplikasinya segera download aplikasi Astro yang tersedia di Google Play Store dan App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu